Tuesday, 11 April 2017

Inspirasi Desain Interior Dapur yang Apik



Buat perempuan dapur adalah ruangan yang paling esensial di dalam rumah, ya ga?  Dapur juga bisa jadi akan mencerminkan seseorang kepribadian pemiliknya. Misalnya apabila suatu dapur memiliki sarang laba-laba di sudut langit – langit, lembab, dinding dekat kompor yang kehitaman, serta memiliki atap yang bocor dimana-mana, bisa dibayangkan seperti apa kira-kira pemiliknya. Ya kira – kira begitulah ya, dan semoga dapur kita ga seperti itu :)

Disisi lain memiliki dapur yang bersih namun tetap cantik bisa jadi hal ini dapat menjadi tantangan yang cukup berat. Terutama untuk yang bekerja seharian dan menghabiskan waktu pekan untuk ‘mengisi’ tenaga dengan cara beristirahat. Namun, tenang saja, kita masih bisa memiliki dapur yang apik dan bersih walaupun kegiatan kita segudang, kok! Yuks kita simak tips yang mudah dan ampuh, berikut ini untuk memiliki dapur yang bersih nan enak dipandang.



Tentukan ‘Identitas’ dapur kita
Menentukan gaya utama dari dapur adalah hal penting. Terdapat beberapa gaya yang bisa kita pilih untuk dapur kita sendiri. Dimulai dari gaya mediterranian yang memberi kesan Eropa Tengah pada dapur kita, gaya minimalis modern yang mengedepankan simplisitas dan warna monokrom pada dapur, gaya klasik yang memberikan dapur kita bernuansa Eropa dan Amerika Utara, serta gaya bebatuan tradisional khas rumah Indonesia Timur yang cukup unik dan jarang ditemukan di dapur – dapur  rumah kota besar. 


Kalau kita memilih gaya bebatuan untuk dapur kita, pilihlah bebatuan yang berkualitas tinggi untuk dijadikan dinding maupun lantai dapur. Dan tentunya penting untuk kita ketahui harga batu agar tidak ditipu penjual batu di toko bangunan.

Cat, cat, dan cat!
Dinding dapur terkenal sebagai dinding yang tidak lama bertahan ‘kecantikannya’. Hal ini didukung oleh penempatan kompor yang terlalu dekat dengan dinding sehingga meghasilkan noda hitam yang membekas dan susah dibersihkan. Belum lagi cipratan makanan berkuah, atau semprotan saus yang merupakan ‘kecelakaan’ bagi dinding dapur kita. Maka dari itu, rutinlah untuk mengecat dinding dapur kita sendiri. Agendakan pengecatan setidaknya dua tahun sekali agar dinding tetap bersih dari noda makanan.



Selalu update dengan Tren Furnitur
Dapur dapat dikatakan sebagai ‘jantung’ dari rumah kita. Betapa tidak? Setelah melewati ruang tamu, ruangan kedua yang dilirik oleh tamu saat berkunjung pastilah dapur. Bukan rahasia umum bahwa furniture dapur sangat cepat mengalami perubahan ke yang lebih modern. Dimulai dari tren menggunakan oven, yang kemudian tergantikan oleh kepopuleran microwave. Dari kompor gas hingga akhirnya kemunculan kompor listrik yang lebih canggih dan ‘wah’. Kita harus selalu up-to-date dengan perubahan dan kemajuan yang ada agar dapur kita tidak terkesan ‘ketinggalan zaman’. Up-to-date dengan perkembangan kecangihan furniture bukan berarti selalu menghamburkan uang untuk membeli apa saja yang baru untuk dapur kita. Kita bisa mengakalinya dengan membuat jadwal, misalnya selama 3 tahun sekali untuk memperbaharui furniture dan alat kelengkapan dapur sesuai dengan anggaran yang kita miliki.

Nah gimana tipsnya cukup membantu ga? Semoga dapat membantu ya, ya setidaknya buat kita kaum perempuan terutama saya bisa menjadi reminder untuk selalau memperhatikan kebersihan dan kerapihan dapur. Tidak harus selalu bagus, harga yang fantastis ataupun barang – barangnya up to date. Dengan selalau menjaga kebersihan dan kerapihan dapur akan membuat dapur kita terlihat indah dan nyaman. Bukan membelinya yang up to date tapi wawasan kitanya yang haru selalu up to date ya ga?

post signature

4 comments:

Tian Lustiana said...

Suka males nge cat dapur, haha kena cipratan minyak mulu

Fanny Fristhika Nila said...

Dinding dapurku dilapisi keramik mbak, jd agak mempermudah utk dibersihkan :D. Dulu sebelumnya aku jg hanya mencat dinding dapur. Tp ya itu, cepet kusam kan yaaa.. Makanya pas ngerenov, aku sengaja lapisin aja ama keramik supaya cerah dan gampang dibersihkan

Riska Ngilan Haryono said...

Dapur rumahku masih sederhana banget mbak, lantainya pun masih terbuat dari semen. Rasanya pengen aku renovasi biar betah di dapur waktu masak, hihihi. Makasi tipsnya ya mbak :)

saat santai said...

desain dapur seperti ini terlihat lebih bagus dan rapih lagi yah mba? Walah-walah rasanya kalo ada rezeki lebih dapur rumah saya harus di renovasi sedikit nih biar kelihatan lebih rapih dan nyaman untuk dipakai masak ibu saya

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...