Tuesday, 14 February 2017

JENIS-JENIS VELOCITY ANEMOMETERS



Saat udara panas berasa nyess banget kalau ada semilir angin ya ga? ya angin memang manfaat banget buat kita selama angin itu tidak merusak sekeliling kita. Angin juga tidak hanya bermanfaat secara langsung buat kita tapi juga manfaat buat keperluan kita misalnya mengeringkan pakaian terutama di musim hujan seperti sekarang.  Panas kadang ga muncul jadi angin membantu mnegeringkan jemuran kita. Dan tentunya masih ganyak manfaat angin secara positifnya. Dan tahu kah kita kalau kecepatan angin itu bisa di ukur? ya ada alat  pastinya untuk mengukur kecepatan angin. Nah alatnya dinamakan Anemometer. 



Anemometer ini merupakan alat untuk mengukur kecepatan angin. Metode pengukuran angin dibagi kedalam 2 jenis, pertama diukur berdasarkan kecepatan angin, selanjutnya ada yang diukur berdasarkan tekanan angin. Dan Anemometer ini terbagi beberapa jenis.

Jenis-jenis Anemometers 

Alat ukur berdasarkan kecepatan angin disebut juga Velocity anemometers. Velocity anemometer juga terbagi ke dalam beberapa jenis, berikut penjelasannya :

Cup Anemometers

Sesuai dengan namanya, anemometer jenis ini terdiri dari tiga buah cup berukuran setengah lingkaran yang terletak di setiap ujung gagang horizontal. 
Cara kerja alat ini ialah udara mengalir melewati tiga cup dan memutar tiap gagang berdasarkan aliran angin yang datang, untuk menghasilkan kecepatan angin rata-rata dihitung dengan acuan putaran poros selama periode waktu tertentu. Cup anemometer lazim digunakan sebagai alat standar dalam industry untuk penilaian studi sumber daya angin. Sekedar informasi harga anemometer ini tergolong murah.


Windmill Anemometers

Windmill anemometers merupakan jenis lain dari anemometer yang berbentuk seperti kincir angin, anemometer ini memiliki baling-baling secara vertikal.
Anemometer ini dikhususkan pada pergerakan angin yang selalu sama, hasil yang pengukurannya lebih memuaskan.

Hot-wire Anemometers

Sesuai dengan namanya anemometer ini memiliki kawat panas yang begitu halus, udara yang mengalir melewati kawat tersebut akan memberikan efek dingin bagi kawat. 
Anemometer jenis ini dinilai memiliki respon yang begitu tinggi dibandingkan dengat alat pengukuran lainnya. Pada studi arus turbelen sering menggunakan metode pengukuran kawat panas ini. Jika ingin menggunakan anemometer jenis ini belilah di toko jual anemometer yang terpercaya dengan garansi resmi.

Laser Doppler Anemometers


Anemometer ini menggunakan sinar cahaya dari laser yang terbagi dalam 2 balok, satu balok disebarkan ke anemometer. Partikulat mengalir bersama dengan molekul udara dekat dengan tempat keluar balok mencerminkan, lalu cahaya kembali ke detector. Dimana cahaya tersebut diukur relatif terhadap sinar laser asli. Ketika partikel-partikel cahaya tersebut berada dalam gerakan yang cukup besar,partikel-partikel tersebut menghasilkan pergeseran Doppler untuk mengukur kecepatan angin di sinar laser, pergeseran yang terjadi menjadi acuan menghitung kecepatan udara yang berada di sekitar alat pengukur.


Sonic Anemometers



Sonic anemometer merupakan alat pengukur kecepatan angin menggunakan gelombang suara ultrasonic. Jika tertarik anda dapat menemukan anemometer jenis ini di toko alat ukur yang jual anemometer sekitar anda atau cari distributor anemometer di Indotrading.com .
post signature

0 comments:

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...