Di Balik Keluarga Hebat Ada Ibu yang Sehat



Di Balik Keluarga Hebat Ada Ibu yang Sehat. Percaya tidak dengan pernyataan tersebut? Percaya ajah deh ya hehe. Apa yang terjadi kalau seorang ibu sakit di rumah? Bukankah semua urusan rumah jadi terbengkalai? Lha kan ada asisten rumah tangga misalnya, saya yakin seorang asisten rumah tangga tidak akan bisa mengganti semua tanggung jawab seorang ibu di rumah. Menjadi seorang ibu, istri yang bekerja dan juga mengurus rumah tangga sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga pastinya bukanlah perkara mudah, ya ga? Ya itulah yang saya jalani sehari – hari, lelah? Pastinya ya saya ga mau munafik. Ya itu hal yang wajar dan manusiawi kalau menurut saya karena pasti tiap orang ada lelahnya. Lha kita kan manusia bukan robot, ya ga? Tapi kalau dijalani dengan santai dan dibawa enjoy ya Alhamdulillah baik – baik saja. Bersyukur selama ini suami berperan banyak mau membantu semua pekerjaan saya, ya karena sudah beberapa tahun ini saya dan suami sengaja tidak ada asisten rumah tangga di rumah. Kami masih merasa trauma karena kejadian sebelumnya dengan adanya sisten rumah tangga. Jadi kami saling bantu semua pekerjaan di rumah. 

Ya menjadi perempuan harus siap multitasking supaya semua bisa selesai dan sesuai harapan. Dan saya yakin semua perempuan bisa berperan seperti itu. Contoh kecilnya coba kita perhatikan disaat bersamaan perempuan bisa mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Di saat yang sama seorang perempuan bisa mencuci piring sambil memasak, belum lagi mesin cuci yang menyala. Dan itu bisa selesai secara bersamaan, hal itu karena perempuan bisa dan mampu. Karena banyaknya tugas itulah saya kadang lupa memenuhi asupan nutrisi buat saya sendiri. Selain itu saya agak bandel juga sama makanan pedas, saya berasa ga enak makan kalau ga pedas. Ditambah lagi saya kadang suka lupa banyak minum air putih. Kalau diingatkan baru saya minum air putih banyak. Ditambah lagi kondisi sekarang yang sedang musim hujan. Dan akhirnya kondisi saya menurun. Tapi ya Alhamdulillah tidak harus menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Ya meskipun saya sehari – hari bekerja di lingkungan pelayanan kesehatan tetap saja kalau harus menjalani rawat inap mah ga mau. Saya hanya diharuskan untuk istirahat, asupan nutrisi yang bagus, minum air putih dan pastinya minum multivitamin. Iya dong harus minum multivitamin supaya kondisi saya kembali sehat lagi. Karena selama sakit banyak cadangan vitamin yang hilang dari dalam tubuh. Selain itu juga saat sakit nafsu makan cenderung menurun dan akhirnya asupan nutrisi jadi kurang makanya tubuh jadi lemas. Dan apa yang  dirasakan? Lemah, letih dan lesu pastinya. Untuk mengganti itu semua selain dari nutrisi juga diperlukan vitamin. 



Banyaknya kegiatan dan tugas sehari – hari pastinya saya ga mau berlama – lama dalam kondisi yang tidak fit.  Pekerjaan rumah yang menumpuk, antar jemput anak sekolah, belum lagi tugas di tempat kerja. Kalau saya lama - lama di tempat tidur kasian kan keluarga saya, gimana mereka bisa sehat kalau saya sendiri tidak sehat. Nah apa yang bisa  dilakukan supaya badan saya sehat kembali setelah sakit? Pastinya banyak cara yang bisa kita lakukan dan ini cara saya supaya sehat dan fit kembali saat kondisi setelah sakit :

Asupan nutrisi yang baik
Makan makanan yang bergizi bukan hanya ada pada lagu atau semboyan, tapi ya harus dilaksanankan. Makanan bergizi tidak harus mahal koq, percaya atau tidak justru makanan bergizilah yang mudah dan bisa kita dapatkan dengan mudah. Coba makanan mengandung protein seperti ikan, telur, tahu dan tempe apakah itu mahal dan susah didapatkan? Menurut saya tidak, justru makanan fast food dan juga makanan yang kita dapatkan di tempat – tempat makanan yang mewah yang harganya mahal itu yang susah kita dapatkan. 

Jadi kenapa harus ragu untuk makan makanan yang bergizi.  Selain murah dan mudah didapatkan makan bergizi itu sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Terutama saat kondisi kita sedang tidak fit seperti setelah sakit. Makanan bergizi bagus untuk membentuk energy supaya kita lebih bertenaga dan lebih kuat lagi saat masa recovery.

Makan buah dan sayur                 
Setelah sakit pastinya badan teras lemas dan mulut juga berasa pahit makanya  nafsu makan jadi turun. Makan sayur saat makan akan memudahkan kita dalam mengunyah dan juga menelan makanan. Begitu juga dengan buah – buahan. Makan buah – buahan akan mengurangi rasa pahit di mulut saat setelah sakit. Hal ini karena buah – buahan terasa manis dan manisnya alami bukan manis karena gula. Makan buah dan sayuran sangat bagus untuk memulihkan kondisi setelah sakit. Karena sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.  Selain dimakan secara langsung buah juga bisa dibuat olahan supaya tidak bosan, misalnya dibuat juice, soup buah dan lain  lain. 


Minum air putih
Meskipun saya suka lupa untuk banyak minum air putih, kalau habis sakit mah harus ya. Air putih menurut saya merupakan air yang bisa dikatakan murah dan juga mudah untuk didapatkan. Air putih mudah sekali kita dapatkan dimana – mana dan juga yang  pasti harganya lebih murah kalau dibandingkan dengan minuman yang berasa seperti minuman manis, minuman bersoda ataupun minuman berasa yang lainnya. Selain murah air putih juga mudah kita dapatkan, dirumah kita bisa temukan air putih, diwarung biasa juga kita bisa temukan. Air putih banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Dengan  minum air putih 8 gelas sehari akan membuat kita lebih sehat. Air putih mudah sekali diserap dan juga dicerna oleh tubuh kita karena tidak mengandung bahan dan zat yang berbahaya buat tubuh kita. 

Berjemur di pagi hari
Berjemur bukan hanya bagus untuk bayi dan juga lansia ya, tapi kita juga perlu untuk berjemur dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi. Ini karena sinar matahari sangat bagus untuk tubuh kita, sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus untuk tubuh kita terutama tulang. Setelah sakit selain badan terasa lemas biasanya badan pada pegel dan ngilu kan? Nah supaya badan terasa hangat dan ngilu hilang saya biasakan berjemur dibawah sinar matahari dan berasa banget enak dan hangatnya. Berjemur akan membuat badan terasa hangat dan rasa ngilu berangsur berkurang. 

Olahraga
Habis sakit bukan jadi alasan untuk bermalas – malasan. Kalau tubuh tidak digerakkan bukannya akan mempercepat proses penyembuhan justru malah memperlambat. Makanya latih dengan olahraga yang ringan dulu. Membiasakan olahraga memang bukan perkara mudah, selain malas ada banyak godaan lainnya. Sebetulnya ada banyak olahraga yang mudah kita lakukan tanpa harus repot – repot dan mengeluarkan budget besar. Jalan kaki merupakan olahraga yang murah dan mudah kita lakukan. Karena saya juga bisa dibilang malas untuk olahraga, jadi jalan kaki selalu jadi pilhan saya olahraga. Saya minimal jalan kaki selama 30 menit dan ini di usahakan setiap hari terlebih setelah sakit. 



Minum  multivitamin
Saat sakit pastinya kita kurang asupan makanan yang mengandung nutrisi yang baik, begitu juga dengan asupan vitamin. Makanya tubuh kekurangan vitamin dan juga nutrisi. Dan saat pemulihan inilah kita harus menggantinya supaya badan kembali fit. Selain dengan makanan yang bergizi, untuk memulihkan kondisi juga diperlukan multivitamin supaya masa pemulihannya bisa maksimal. Setelah sakit saya biasakan untuk minum vitamin supaya kondisi saya cepat pulih.  

Dan bicara soal multivitamin sekarang ini banyak banget multivitamin yang tersedia. Pilihannya itu kembali ke masing – masing dan juga atas anjuran dari dokter. Dari sekian banyak multivitamin yang ada sekarang, ada multivitamin yang recommended untuk digunakan saat masa pemulihan dari sakit dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu Theragran-M. Pastinya saat sakit daya tahan tubuh kita menurun, makanya saat pemulihan kita perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya kembali bugar seperti semula. Theragran-M merupakan Vitamin yang bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan. Kenapa dikatakan demikian karena Theragran-M itu mengandung beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh selama masa penyembuhan. 

Kenapa Theragran-M?
Kenapa saya rekomendasikan, karena Theragran-M merupakan multivitamin–mineral dari Taisho yang berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada saat masa penyembuhan setelah sakit. Dan juga kondisi dengan defisiensi atau kekurangan vitamin pada saat sebelum dan sesudah menjalani operasi atau pembedahan. Dimana Theragran-M ini mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin A sebagai asetat, vitamin D (cholekasliferol), vitamin B1 (tiamina mononitrat), vitamin B2 (riboflavina), vitamin B6 (piridoksina hidroklorida), vitamin B12 (sianokobalamina), niasinamide, kalsium pantotenat, vitamin C sebagai natrium askorbat, dan vitamin E sebagai di-alfatokoferil asetat. 

Selain mengandung banyak vitamin, Theragran-M juga mengandung beberapa mineral diantaranya iodium sebagai kalium iodida, besi sebagai fumarat, tembaga II sebagai sulfat, mangan II sebagai sulfat, magnesium sebagai karbonat dan seng sebagai sulfat. 



Berapa dosisnya?
Untuk dosisnya itu sendiri Theragran-M pada dewasa diminum 1 tablet sehari atau sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Bagaimana cara penyimpanannya?
Bagaimana cara penyimpanannya? Theragran-M ini merupakan salut gula dan sebaiknya disimpan pada suhu dibawah 30 derajat celcius. 



Kapan waktu minumnya?
Semua obat pastinya ada aturan dalam minumnya selain dosis juga waktu untuk minumnya harus sesuai dengan ajuran. Apakah sebelum makan, saat makan, sesudah makan atau malam hari. Untuk Theragran-M ini diminum sesudah makan atau bisa juga saat sedang makan.  

Berapa harganya?
Ibu – ibu biasanya sensitive neh masalah yang satu ini, ya ga? :) Vitamin kebanyakan harganya lumayan jika di banding dengan golongan obat – obatan lain. Coba lihat saja vitamin untuk anak harganya lumayan mahal – mahal. Tapi tentunya harga pastinya sebanding dengan kandungan dari obat itu sendiri. Kalau kata pepatah seh harga itu tidak akan bohong, ya kecuali yang tipu – tipu. Nah Thergran-M kemasan strip yang terdiri dari 4 tablet untuk harga eceran tertinggi atau HET Rp. 20.735,- 



Halalkah Theragran-M?
Bicara halal bukan hanya untuk makanan dan minuman ya tapi juga untuk obat, dan jangan khawatir Theragran-M ini Insyaalloh halal, boleh dilihat dikemasannya.

Gimana, ga terlalu mahal kan? Ya sebandinglah ya dengan kandungannya yang komplit. Bagaimanapun memulihkan kondisi setelah sakit itu penting sekali apa lagi buat yang banyak aktivitas termasuk ibu – ibu yang harus multitasking setiap harinya. Siapapun pastinya tidak ingin sakit tapi pintar – pintar kita bagaimana bisa memulihkan kondisi setelah sakit. Jangan sampai orang – orang tersayang dan juga pekerjaan terbengkalai karena kondisi kita setelah sakit yang tidak cepat pulih. Di balik keluarga yang hebat ada ibu yang sehat, ya ga ibu - ibu? :)


"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."






post signature

Comments

  1. kalo udah drop bgt aku biasanya tidur lebih cepat dan lebih lama trus nenggak Uc1000 yg orange. Mommy gak boleh sakit. Rules. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya istirahat memang perlu bgt mom, thanks ya mom udh sharing :)

      Delete
  2. Nah bener banget, kudu sehat terus seorang Ibu mah. Apalagi cuaca ekstrim begini ya butuh multivitamin ekstra.
    Aahh..aku kurang berjemur di pagi hari,padahal gratis ya hihihu

    Makasih infonya ya, jadi tau deh multivitamin ini.
    Sukses ya ngontesnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii kaka yg super duper aktif :) yuk mari kita berjemur bareng xixixi mksh yaa udh mampir, amin...

      Delete
  3. Iyaa...saya juga konsumsi Theragran, dan emang badan terasa enteng. Apalagi pas banget baru aja keluar masuk ruang dokter gara2 sakit - sembuh - eh sakit lagi. Tapi, emang bener sih, kalo udah sakit nih, ga bisa ngapa2in, cucian numpuk, setrikaan apalagi belum cucian piring dan kemudian tepar karena belom apa2 udah shock liat tumpukannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ya mba kalo sakit PR rumah numpuk, ok sehat slalu yaa mba

      Delete
  4. Bener banget teh... ibu2 mah lagi sakit juga kepikiran cucian. Saya kurang banget olahraga nih. Badan rasanya beraaat banget. Jadi gampang banget sakit. Apalagi sekarang, baru operasi rasanya remek banget. Mudah2an bisa dibantu ah sama multivitamin ini. Makasih infonya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Alloh operasi apa teh? Cepet sehat lagi yaa teh dan slalu jaga kesehatan

      Delete
  5. Memang butuh banget multivitamin apalagi sebagai ibu bekerja yang ga boleh sakit, semangat dan sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  6. Penting banget...nyimpen muktivitamin utk menjaga daya tahan tubuh di segala suasana.

    ReplyDelete
  7. Iya banget. Ibu-ibu mah gak boleh sakit. Terlantar nanti keluarganya. So, ibu-ibu mah kudu jaga kesehatan selalu. Salah satunya ya ini, dibantu doping multivitamin. Sehat-sehat selalu, ibu-ibu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya teh ibu sakit mah terlantar urusan rumah, amin... Mksh yaa teh

      Delete
  8. Di balik keluarga yang hebat, ada ibu yang sehat. Kalau ibu kurang sehat, apakah keluarga juga kurang hebat mba ? Multivitamin memang sangat baik untuk para ibu :-) Love My Mom pokoknya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat disini arti kiasan mas, tapi menurut saya semua keluarga hebat karena tangan dingin seorang ibu

      Delete
  9. Jangan lupa untuk mendengarkan alarm tubuh. Kalau sudah berbunyi alarm tubuh kita, itu tandanya tubuh minta istirahat. Dan dalam masa pemulihan, Theragran-M bs jd multivitamin pilihan. Thanks for sharing ya Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba ,mksh juga udh mampir ya :)

      Delete
  10. Olahraga jarang, minum air kurang. Makan buah sama sayur juga. Huaaaa banyak yang kelewatnya nih aku. Jangankan anak-anak, orang dewasa aja suka miss yang beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha toss kaka samaan kurangnya, kalo lg sehat memang berasa ga butuh hal2 penting itu ya, pas sakit baru inget :( ayo semangat kaka :)

      Delete
  11. Bener Mbak, kalau ibu sakit waduh kasian ayah dan anak2, ngrasain sendiri soalnya. APalagi jauh dari support family... #curcol :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba, kl seorang ibu sakit bisa berabe urusan rumah yaa :)

      Delete
  12. Saya juga baru coba Theragran-M. Masih belum ada efek Karena baru minum satu trip.
    Sehat terus ya, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba efek vitamin memang ga tokcer kaya obat panas ato obat nyeri, smoga kita salalu sehat terus ya mba, amin

      Delete
  13. Inspiratif banget teh, emang ya kalau jadi ibu harus selalu mempersiapkan yang terbaik untuk keluarganya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh nnq, ayo siap2 jadi ibu :) mksh yaa apresiasinya :)

      Delete
    2. Iya teh nnq, ayo siap2 jadi ibu :) mksh yaa apresiasinya :)

      Delete
  14. Jadi ibu emang harus super duper ya teh. Vitamin harus selalu ada biar jadi ibu fit terus.
    Semangat buat seluruh ibu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mami io :) ayo tetap semangat dan mudah2an sehat slalu ya kita, amin

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. minum multivitamin dan mineral bikin badan jadi stay fit terus, mineralnya juga membantu penyembuhan

    ReplyDelete
  16. Olah raga berasa banget sehatnya. Keringetan, tapi badan jadi ringan. Multivitamin juga membantu pempercepat pemulihan yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba membantu banget berasa ke badan lebih segar :)

      Delete
  17. Jalan itu olah raga murah dan mudah tapi kadang males nya minta ampun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal di Kota besar memang susah ya mba hehe apa lagi sekarang jaman segala di tuntut serba cepat, ayo smangat mba :) mksh ya mba :)

      Delete
  18. biasanya kalau udah drop selalu ada ibu yang rawatin giliran merantau rasanya ada yang kurang, jd ingin nangis dan kangen ibu

    ReplyDelete
  19. semangat seorang ibu dalam merawat anak-anaknya, memang sangat membutuhkan tenaga yang ekstra dan tubuh harus senantiasa dalam keadaan vit, agar bisa ini dan itu :D semangat buat ibu

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah Ibu saya masih sehat, walaupun banyak kerjaan. Anak-anaknya juga sering diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan

    ReplyDelete

Post a Comment