Menyiapkan Masa Depan Anak



Pendidikan anak menurut saya merupakan hal yang penting. Hal ini saya belajar dari kedua orangtua saya, mereka meskipun bukan berasal dari keluarga yang high class tapi mereka sangat mengutamakan pendidikan anak. Buat mereka pendidikan lebih penting dari materi. Mereka memilih memberikan pendidikan dengan menyekolahkan anak – anaknya dari pada memberikan materi. Mereka bertekad kalau pendidikan anak – anak harus lebih tinggi dari orangtuanya. Dari situlah saya belajar dan memahami kalau pendidikan anak – anak itu sangat penting. Dari mereka saya banyak belajar. 

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia pendidikan di Indonesia juga mengalami perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik. Pendidikan tidak hanya berbekal intelegensi yang baik tapi juga perlu dana yang cukup, hal ini bisa dipahami karena sarana dan juga media dalam meningkatkan kualitas pendidikan semakin berkembangan. Perlu persiapan dana untuk pendidikan anak – anak. Sekarang banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan biaya pendidikan anak – anak. Menabung adalah cara yang paling aman dan mudah yang bisa kita lakukan. Sekarang banyak jenis tabungan yang bisa dipilih dengan atas nama anak kita sendiri. Antisipasi supaya tidak lupa adalah dengan auto debit dari tabungan kita sendiri. Jadi tabungan pendidikan anak akan rutin terisi setiap bulannya.



Selain tabungan, asuransi pendidikan juga bisa menjadi pilihan untuk persiapan biaya pendidikan anak. Sekarang banyak perusahaan asuransi yang menyediakan program asuransi pendidikan untuk anak. Menyiapkannya sedini mungkin akan lebih baik karena semakin anak besar semakin banyak kebutuhannya jadi biaya juga akan semakin bertambah. 

Selain mempersiapan dana untuk pendidikan, kita juga sebagai orangtua harus berperan aktif terhadap anak dengan memberikan aktivitas stimulasi. Melihat kecerdasan dan kreativitas anak. Termasuk dalam kategori kecerdasan apa anak kita dengan begitu kita bisa mengarahkannya dengan memberikan stimulus berupa aktivitas yang bisa menudukungnya terhadap kecerdasan majemuk anak. Sehingga kelak anak kita bisa menjadi generasi platinum yang multitalenta.

Beberapa waktu yang lalu saya dapat mention di Instagram dari salah satu selebriti yang juga seorang desainer pakaian muslimah Ria Miranda, tentang program Bekal Masa Depan (BMD) dari Morinaga Chil-Go! Wah pastinya seneng dong ya selain dapat informasi yang keren juga saya merupakan fans Ria Miranda juga hehe. Saya bilang juga sama suami "Asik neh dapet mention dari selebriti dan juga public pigure untuk mengikuti progam Bekal MAsa Depan dari Morinaga Chil-Go!" Bahkan seorang teman dekat sampai kirim screenshotnya sama saya karena dia juga melihat kalau saya di mention oleh Ria Miranda. Teman saya juga turut senang karena saya dapat mention dari Ria Miranda untuk turut serta dalam program Bekal Masa Depan Chill-Go! ini. Saking senangnya saya sampai screenshot mention dari Ria Miranda neh. 


Selain itu saya juga senang karena produknya jujur merupakan salah satu produk yang saya gunakan dari anak – anak masih bayi. Ya dari dulu saya menggunakan produk dari Morinaga untuk susu formulanya anak – anak. Kenapa saya memilih Morinaga karena saya tahu banget kandungannya, banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang tentunya sangat berguna dalam pertumbuhan dan juga perkembangan anak – anak. Selain bisa diminum secara langsung Morinaga Chil-Go! juga bisa dikreasikan untuk bekal anak ke sekolah maupun dimakan dirumah. 




Program Bekal Masa Depan dari Morinaga Chil-Go! Ini mengajak orangtua untuk turut serta dalam memberikan stimulasi kecerdasan majemuk untuk anak dan tidak tanggung – tanggung buat yang beruntung akan mendapatkan Dana Asuransi pendidikan senilai 3 milyar rupiah. Wow jumlah yang sangat pantastis bisa memenuhi biaya pendidikan buat anak sampai kuliah tuh. 


Dari situlah saya terus mencari informasi di website resmi Bekal Masa Depan www.BekalMasaDepan.com dan juga social media. Jadi program Morinaga Bekal Masa Depan ini merupakan program yang sangat bagus dari Morinaga Chill-Go! Dimana program ini bertujuan untuk mendukung orangtua dalam mempersiapkan masa depan anak. Mempersiapkan masa depan anak terutama untuk dana pendidikannya dan juga dukungan atau stimulasi terhadap kecerdasan anak dengan berbagai aktivitas.  Berikut video lengkapnya yang bisa kita lihat.


Dan saya mendapat informasi kalau untuk bisa mengikuti program ini ada beberapa tahap yang harus kita ikuti yaitu : 

  1. Kita terlebih dahulu harus membeli Morinaga Chil-Go! Minimal 6 (enam) buat botol dalam satu struk transaksi si supermarket atau minimarket terdekat. 
  2. Kemudian kita mengirimkan struk pembelian tersebut ke PT. Bounche Indonesia dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240 selajutnya kita juga harus mengisi formulir yang bisa kita download di www.BekalMasaDepan.com dimanan formulir ini kita kirimkan bersama dengan struk pembelian Morinaga Chill-Go! 
  3. Bukti pengiriman wajib kita simpan, dan nantinya kita akan mendapatkan kode unik untuk berkas yang telah diterima setelah dilakukan verifikasi 5 x 24 jam. 
  4. Kode unik tersebut akan dikirm melalui SMS dimana ini berlaku selama 30 hari kalender setelah dikirimkan. 
  5. Setelah mendapatkan kode unik, kita dapat melakukan registrasi di www.BekalMasaDepan.com setelah registrasi, kita dapat berbagi ide bagaimana cara menstimulasi kecerdasan majemuk anak. 
  6. Kita juga bisa berbagi foto maupun video supaya lebih lengkap dan lebih menarik.

     


     Dan inilah 8 kecerdasan majemuk yang terdapat dalam anak, pastinya sebagai orangtua kita lebih memahami anka kita sendiri lebih dominan dalam kecerdasan apa sehingga sebagaiorangtua nantinya kita bisa memberikan stimulus untuk lebih meningkatkannya :

  •   Kecerdasan musical

Kecerdasan ini ditunjukkan anak dengan kertertariakannya pada music, anak senang mendengarkan lagu, selain itu juga anak akan cepat menangkap lyric lagu yang didengarnya. Selain itu anak juga akan peka terhadap suara yang didengarnya dilingkungan sekitar. 

  •  Kecerdasan naturalis
Kecerdasana naturalis ini merupakan kecerdasan anak dalam berpikir dan belajar dimana hal ini berkaitan dengan hal – hal yang ada dilingkungan sekitarnya. Seperti tanaman, binatang, air, batu maupun tanda – tanda akan turun hujan.

  • Kecerdasan linguistic
Kecerdasan linguistic ini merupakan kecerdasan yang menekankan pada kemampuan menggunakan kata –kata maupun bahasa ketika anak berbicara, memabca maupun menulis.   
  • Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan interpersonal ini merupakan kecerdasan pada anak dimana sejauh mana anak memahami orang lain, bagaimana anak memahami perasaan orang lain ataupun hal – hal apa yang memotivasi maupun mengganggu anak.

  • Kecerdasan visual spasial
Kecerdasan visual spasial ini merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar, anak akan memahami bentuk, pola, posisi, maupun ruang suatu  objek termasuk juga berpikir secara kreatif.
  • Kecerdasan logical mathematic
Sesuai dengan namanya matematik yang tidak jauh dari deretan angka, kecerdasan matematis logis merupakan kecerdasan dalam memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan perhitungan matematis dan juga melalui penalaran analisa-sintesa.
7.      Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan yang dimiliki anak untuk dapat memahami dan mengenal diri sendiri.

  • Kecerdasan kinestetik
Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri. 

Dari sekian kategori kecerdasan majemuk, ada beberapa yang bisa lakukan untuk memberikan stimulus pada anak saya terutama yang kecil Zaki yang saat ini usianya 6 tahun. Seperti halnya anak laki – laki lainnya Zaki suka dengan karakter kartun dan juga superhero. Selain itu Zaki juga suka dengan mainan yang bisa dibuatnya sendiri seperti membuat kapal – kapalan dari kertas, membuat bangunan kecil dari dus bekas. Zaki termasuk type anak yang cukup rapi dalam menyusun mainannya. Zaki kalau menyimpan dan menyusun mainannya itu bisa berupa robot, patung plastic selalu disusun dan disimpannya dengan rapi. Zaki juga suka dengan mainan yang sekarang lagi trend itu adalah lego. Ya Zaki suka sekali dengan lego, dia sering sekali minta dibelikan lego.  Selain lego mainan yang Zaki suka berupa mainan dari plastic yang sebenarnya hampir sama dengan lego tapi ini lebih sederhana berupa kapal ataupun robot. Dimana ketika dibeli mainan tersebut masih berupa potongan – potongan dari bagian  bagian suatu benda misalnya kapal. Anak akan menyusunnya sendiri sehingga menjadi sebuah kapal. 


Untuk permainan ini saya mendukungnya meskipun ini permainan sederhana dan murah meriah, menurut saya mainan ini menuntut anak untuk berpikir bagaimana menyusunnya menjadi sebuah benda. Saya maupun suami tidak pernah membantu dalam menyusunnya saya membiarkannya supaya bisa sendiri mengerjakannya. Menurut saya ini bisa dikategorikan dalam stimulasi kecerdasan visual spasial karena menuntut anak untuk berpikir dan belajar menjadi kreatif, memahami bentuk, pola, ruang dan juga posisi.  



Dari informasi yang saya dapatkan, bermain lego ini ada beberapa manfaat untuk anak itu sendiri diantaranya :
  1. Lego merupakan mainan yang warna - warni yang cukup terang jadi selain bermain anak juga bisa belajar warna. 
  2. Bentuk dan juga ukurannya yang beragam jadi ini bisa menjadi media untuk anak belajar mengenal bentuk benda misalnya persegi panjang, balok, bulat ataupun segitiga.
  3. Lego adalah mainan berupa pecahan dari suatu benda misalnya kapal, robot dan lain   - lain, dimana anak harus menyusunnya untuk menjadi benda yang sesuai dengan petunjuknya. Disinilah koordinasi antara mata dan juga tangan anak akan terlatih.
  4. Saat memasang atau menyusunnya tangan anak otomati akan memegang dan juga membuka pasang lego, disinilah motorik halus anak akan terlatih. 
  5. Lego merupakan mainan yang akan membentuk suatu  benda seperti halnya nyata, ada pemilihan warna dan bentuk dalam menyusunnya, saat pemilihan warna dan bentuk inilah jiwa seni anak akan terlatih.
  6. Pada lego ada terdapat bagian - bagian yang timbul misalnya berupa bulatan atau kotak kecil dengan jumlah tertentu, bagian ini akan melatih anak untuk berhitung.
  7. Setelah anak berhasil menyusunnya ada rasa bahagia dalam dirinya kadang anak teriak '" berhasil jadi kapal" misalnya, inilah yang dinamakan kreativitas dan juga imajinasi anak. Kita bisa memberikannya pujian dan juga penghargaa atas kerja keras dan juga kreativitas anak, agar anak terus mau berusaha mengembangkan kreativitas dan juga imajinasinya. 
  8. Lego merukapan mainan bangun ruang juga, disinlah anak bisa mengenal panjang, lebar maupun tinggi dari suatu bangun. Dengan begitu anak akan terlatih dan juga berkembang dalam kecerdasan parsial atau kecerdasan ruangnya, termasuk kecerdasan dimensional melalui konsep bangun ruang. 
  9. Selain tentang bangun ruang dan bentuk, anak juga akan terlatih komuniaksi dan juga menuangkan idenyanya saat dimainkan bersama teman atau saudaranya.
  10. Bemain lego memerluakn kesabaran dan juga ketelitian, terkadang anak tidak sabar dalam menyusunnya, disinilah perlunya peran dan bimbingan dari orangtua dalam memotivasi dan menuntunnya untuk lebih sabar.
Itulah beberapa manfaat dari bermain lego yang bisa siambil manfaatnya untu anak, Zaki juga selalu saya arahkan ketika bermain dengan teman – teman maupun saudaranya. Sebetulnya yang saya lihat selama ini dia tidak pernah ada kendala dalam berteman dengan teman baru maupun teman yang saudah dia kenal. Begitu juga ketika bermain dia jarang ada masalah maupun rebutan mainan sama teman sepermainannya. Saya memberinya stimulus interpersonal  dengan mengingatkannya kalau tidak boleh merebut ataupun mengambil milik orang lain. Dan juga tidak boleh bertengkar saat bermain. Selalu menghargai orang yang lebih tua dan juga teman – temannya. 


Itulah yang bisa saya share pengalaman saya dalam menyiapkan Bekal Masa Depan dan juga melakukan stimulasi untuk kecerdasan pada anak bersama Morinaga Chill-Go!  Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi para orangtua, terimakasih. 

Sumber Refferensi : 
www.BekalMasaDepan.com
www.ummi-online.com
post signature

Comments

  1. Mantap tuh dpt 3M. Untuk kuliah ato dibagi lagi per masuk sekolah? Semoga menang ya mak. Jangan lupa kalo menang 3M-nya dijaga sama asuransi orangtuanya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, iya mantap banget ya bisa sampe mereka nikah hihi

      Delete
  2. Anakku juga suka banget main lego tuh. Ada aja kreasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kayanya lego emang kesukaan banyak anak ya mba :)

      Delete
  3. waahh info yang sangat bagus dan bermanfaat..
    semoga anak mbak nung selalu diberi kesehatan dan menjadi anak yg berbakti kepada kedua orangnya :)

    ReplyDelete
  4. MEnggiurkan banget yah hadiahnya, ide permainannya juga pada keren - keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget... yaa :) bisa beli rumah juga buat emaknya :)

      Delete
  5. Aku juga ikutan lah Teh, kan ngincer asuransi pendidikannya hehehe...

    Zaki ternyata sama kayak Fathir yah, sukanya main lego :)
    Kapan-kapan main lego bareng yah sambil minum susu chil-go hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu - hayu teh kita ngasuh bareng :)

      Delete
  6. Wah...kegemaran Zaki, sama dengan anak saya, Mbak. Senang main lego. Permainan yang baik untuk menstimulasi motorik halus dan melatih kesabaran anak. Yang paling gak enakin itu, kalo ada bagian lego yang tercecer trus keinjek sama kita ya...hadooh, sakit juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mba bikin gondok ya kalo kaki nginjek lego, wah toss mba nanati anak2 kita maen lego barengan tapi beda tempat ya :))

      Delete
  7. kirana & zaki... pinter bergaya.... he2, fotogenik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aslinya ribut mulu mba kaya tom and jerry :))

      Delete
  8. bermain bagi anak merupakan ajang dia utk belajar juga ya mba...

    ReplyDelete
  9. Masa depan anak ada di tangan kedua orang tuanya. Tinggal pintar-pintarnya orang tua dalam membimbing mereka bukan mengekang.

    ReplyDelete
  10. Masa depan anak berharga banget ... jangan lupa anak juga mesti punya BPJS hahaha #Iklan

    ReplyDelete

Post a Comment