Friday, 5 August 2016

Jalan Kaki, Olahraga Mudah dan Murah



Jalan kaki memang kadang bikin malas ya ga? Terlebih sekarang zaman udah serba cepat dan modern. Selain itu juga karena kebutuhan dan juga aktivitas yang dituntut serba cepat terkadang jalan kaki dilupakan dan memilih memakai kendaraan. Tapi tahukah kita kalau di negara – negara yang sudah maju justru meminimalkan penggunaan kendaraan terutama sepeda motor dan menganjurkan masyarakatnya untuk banyak jalan kaki. Kalau tidak jalan kaki ya menggunakan sepeda. Selain membuat badan jadi sehat, bersepeda juga mengurangi polusi.
Jalan kaki itu adalah olahraga yang paling mudah dan juga murah. Coba bandingkan dengan olahraga lain yang memerlukan sarana, tempat yang khusus ataupun kostum pastinya perlu biaya yang tidak murah. Jalan kakilah olahraga yang paling sederhana, bisa dilakukan kapan dan dimana saja dan yang pasti murah lagi :) Beuh gejala emak - emak kalau nemu yang murah langsung seneng hehe.

Coba kita tengok ke zaman dulu terlebih orangtua yang tinggal di daerah dimana mereka jarang sekali menggunakan kendaraan mereka sehat – sehat ya ga? Ditambah udara pedesaan yang masih segar dan alami. Jalan pagi sambil menikmati udara segar sangat bagus untuk kesehatan.
Tapi syukur banget sekarang terutama di kota – kota besar kalau weekend suka diadakan car free day, selain kita bisa berjalan kaki di area tertentu juga area tersebut bebas dari polusi kendaraan. Car free day bisa jadi ajang rekreasi sehat juga buat anak – anak dan keluarga. Membiasakan anak – anak mengenal lingkungan yang sehat. 



Jalan kaki selain merupakan salah satu olahraga yang mudah dan murah meriah, juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya untuk kesehatan, yuk kita intip :

  • Jalan kaki baik untuk kesehatan jantung

Pastinya pada tahu kan jantung, jantung seperti halnya paru – paru merupakan organ utama tubuh yang berperan dalam kehidupan dan berfungsinya semua organ. Jantung seperti halnya mesin dalam kendaraan yang sangat berperan untuk berfungsinya kendaraan. Mesin dalam kendaraan pastinya selalu diperhatikan dan juga dirawat biar tetap baik dan kendaraan bisa berjalan dengan baik. Nah apa lagi jantung yang ada dalam  tubuh kita. Organ yang sangat penting pastinya harus kita rawat dan juga kita jaga kesehatannya ya ga. Banyak yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan jantung bias dengan senam jantung sehat, periksa rutin jantung kita, menjaga makanan, pola hidup sehat dan lain – lain. Dan jalan kaki juga merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan jantung kita 

Jalan kaki selama 30 menit bisa menurunkan perempuan kemungkinan mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini karena dengan kita berjalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan juga memperkuat jantung. 

Ada sedikit catatan disini, bagi yang telah terdiagnosa dan mempunyai riwayat jantung sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter hal ini untuk mengetahui batas kegiatan yang boleh dilakukan untuk yang mempunyai riwayat jantung. Seberapa lama dan juga seberapa berat olah raga yang boleh dilakukan. 

  • Menurunkan kolesterol

Kolesterol kadang disebut juga penyakit orang kaya, kenapa? Meskipun pada kenyataannya tidak sedikit masyarakat yang mengalami gangguan pada kolesterol berasal dari masyarakat yang menengah. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena kolesterol identic dengan penyebabnya adalah makanan yang enak – enak yang mengandung banyak lemak. Menghindarinya itu akan lebih baik, selain itu ada cara lain juga yang bisa kita lakukan untuk mencegah kolesterol dengan cara lain yuk, ya dengan jalan kaki. Jalan kaki dapat menurunkan kadar kolesterol, selain itu juga dapat menurunkan gula darah dalam tubuh dan juga tekanan darah.

  • Mencegah diabaetes type 2

Banyak yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit diabetes type 2, selain dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, diabetes juga bisa dicegah dengan berjalan kaki. Berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes type 2 kurang lebih 30 persen. Dengan berjalan otot akan terpicu untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat.

  • Mencegah Stress

Stress… bukan hanya sekedar judul dan lagu yang dibawakan oleh Rhoma Irama hehe, tapi juga pada kenyataannya stress memang kerap terjadi dan dirasakan oleh masyarakat. Kenapa? Banyak factor yang bisa menjadi penyebab dan juga pencetus untuk terjadinya stress terlebih di kota – kota besar. Zaman yang semakin berkembang, tuntutan ekonomi, tuntutan gaya hidup dan masih banyak lagi penyebab stress. Dan alangkah baiknya kalau kita mencegahnya, salah satunya dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki kita bisa mencegah dan juga mengurangi stress. Berjalan kaki dapat memicu endorphin yang membuat mood kita menjadi lebih baik. Dengan begitu maka stress akan bisa dikurangi atau dihambat.

  • Mencegah osteoporosis

Di zaman sekarang penyakit yang dulunya identic dengan orangtua, sekarang banyak diderita oleh usia yang masih relative produktif. Banyak penyebabnya dan gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebabnya. Salah satu penyakit yang sekarang banyak di derita oleh usia yang masih produktif adalah Osteporosis. Osteoporosis ini merupakan gangguan pada tulang berupa adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos dan rentan patah karena rapuh. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mencegahnya adalah dengan melakukan olahraga jalan kaki. Jalan kaki dapat menjaga dan juga mempertahankan kesehatan tulang kita. Dengan begitu osteoporosis bisa dicegah sedini mungkin. 

Itulah beberapa manfaat dari jalan kaki, selain yang disebutkan diatas masih banyak manfaat dari kita jalan kaki. Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang bisa kita lakukan ditengah kesibukan yang sangat padat. Bagaimanapun mencegah penyakit itu lebih baik daripada mengobati. 

Sumber Refferensi :
www.alodokter.com 


post signature

26 comments:

Chandra said...

Thanks banget mba untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya.
Semoga kita bisa membudayakan gerakan jalan kaki supaya sehat dan segar.

Filaika said...

Buat orang-orang yang bilangnya gak ada waktu buat jalan kaki entar pasti bakalan nyesel deh *tunjuk hidung
Makasih infonya, bermanfaat sekali ^-^

Zata said...

Wah makin cinta deh aku sama jalan kaki.. makasih artijelnya ya mbaaa...

Cerita Travel said...

Kalau aku backpacker... Kadang2 kebanyakan langkah gak sehat juga ya makkk...heeee

riawani elyta said...

betul mbak, jaman saya sekolah dulu banyak anak sekolah jalan kaki. Saya juga sering jalan kaki ke sekolah yang jaraknya kira2 500 km. Sekarang udah jarang lihat orang kemana2 jalan kaki selain yang memang niat jogging / marathon

Tira Soekardi said...

nah aku sekarang mah tiap hari jalan pagi muterin stadion

Agung Han said...

Saya sedang giat-giatnya jalan kaki (cepat)
manfaatnya bena saya rasakan
badan lebih fit dan berat badan saya turun (lagi diet sih hehe)

fanny fristhika nila said...

skr ini aku palingan seminggu sekali olahraga jalan kakinya, di taman jogging deket rumah -__-. masih kurang bgt sih memang... apalagi inget umur udh kepala 3 gini, memang hrs lbh rutin ya mbak...

berbagigagasan said...

aseek sepatu yang pas buat jalan sekeluarga

Cumilebay MazToro said...

Aku lho sering jalan kaki tapi jalan kaki nya di mall sambil cuci mata hehehe

Lisna Ardhini said...

Akupun suka jalan kakiiii.. Benar sekali mudah dan murah. Tapi jadi agak lari karena anakku kalo diajak lari2 maunya, hahaha.

Nunk Arif said...

Siiip sama2 mas :)

Nunk Arif said...

hehe, sama2 mba :)

Nunk Arif said...

sama2 mba :)

Nunk Arif said...

Disesuaikan ajh sama kondisi tubuh kita ,mksh yaa :)

Nunk Arif said...

wah sama mba saya juga zaman SD sm SMP jalan kaki tuh mana jauh lg, tapi asik juga karna banyakan rame2 sama temen :D

Nunk Arif said...

wah keren mba, top deh mba :)

Nunk Arif said...

siiipp mas, smoga dietnya berhasil yaa :)

Nunk Arif said...

Gpp mba dari pada ga sama sekali hehe,kepala 3 asal sehat terus mba, amin

Nunk Arif said...

-_-

Nunk Arif said...

jiahhh ada2 ajh c kaka hehe, ajak2 donk kaka ke mallnya haha

Nunk Arif said...

haha ngejar2 anak ya mba :)

kornelius ginting said...

Padahal terbilang ngga lama ya cukup 30 menit. Manfaatnya diatas rata rata.

Tapi saya sendiri sering melupakan olahraga yang satu ini.

Padahal terbilang murah meriah dan mudah dilakukan

Nunk Arif said...

Ayo mas semangat lagi hehe

noniq said...

wah, cukup bangga sama diri sendiri nih soalnya suka jalan kaki........
di mall, hahahahaha....

fajar said...

udah dapet kringat sehat lagi, emang jalan kaki bisa digunakan sebagai sarana kmenjaga kesehatan agar otot-otot kaki tidak kaku.

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...