Sunday, 14 February 2016

Mari Makan Buah



Buah selain bikin seger juga bikin sehat. Berbagai vitamin dan kandungan zat gizi banyak didalamnya. Belakangan buah dan sayuran dibuat dalam bentuk smoothies. Buah juga bisa dibikin aneka olahan atau kreasi seperti sop buah, dimana aneka buah – buahan dipotong – potong kemudian dikasih air putih, gula dan susu. Juice merupakan salah satu olahan buah – buahan yang banyak disukai. Rujak juga salah satu jenis buah tangan dari bahan buah – buahan. Sebagian dari buah – buahan juga sekarang banyak yang digunakan untuk infused water. Dalam acara syukuran, undangan atau hajatan ga lengkap rasanya kalau ga ada buah. Temen saya malah kalau ke undangan hanya makan buah ajah. Ga makan nasi atau yang lainnya. 


Kalau dulu rasanya tabu banget kalau pagi – pagi udah makan buah ya ga?  Khawatirnya akan terjadi sesuatu dengan perut (lambung) karena belum diisi makanan padat atau sarapan. Tapi sepertinya sekarang kekhawatiran itu kalah karena sekrang sarapan dengan buah bukan hal yang aneh lagi. Beberapa kalangan sudah terbiasa sarapan dengan buah. Lebih sehat dan tentunya seger. 
Beberapa jenis buah juga yang kadang jadi mitos yang berhubungan dengan buah – buahan namun sepertinya lambat laun mulai hilang meski mungkin masih ada beberapa yang memepercayainya. 

Beberapa jenis buah ada yang identik dengan salah satu kota atau daerah seperti Apel Malang, Mangga Indramayu, Jeruk Bali, Pisang Ambon, Salak Pondoh bisanya ini dari Yogyakarta (maaf kalau salah) Nanas dari Subang, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Indonesia beberapa buah dijuga suka ada musimnya, saya tahu urutan musimnya saat saya hamil anak pertama. Tahu kan kalau ibu hamil suka ngidam dan tak jarang ngidam buah – buahan terlebih itu buah – buahan yang asam. Padahal justru itulah yang bikin jadi mual ya ga? saya masih inget bahkan sampai sekarang juga musim buah – buahan itu. Pertama musim mangga ini lumayan lama dan panjang musimnya buah mangga ini. Habis mangga kemudian musim buah Rambutan. Dan setelah Rambutan baru Dukuh. Musim dukuh kalau ga salah ga terlalu lama. Ya ga selama musim buah mangga. 

Harga buah – buahan yang ada musimnya ini biasanya awal memasuki musimnya suka masih mahal  ya secara kan masih jarang. Apa lagi kalau saat sedang bukan musimnya mahal banget malah kadang susah ditemukan. Kaya lagi ga musim buah Mangga terus pengen juice mangga nah mahal banget tuh biasanya. Setelah ramai musimnya baru harganya mulai turun tuh bahkan cenderung lebih murah. Kalau buah  - buahan yang ga kena musimnya bisanya harganya relative stabil. Kecuali buah – buahan yang import. 
Makan buah memang sangat dianjurkan karena penting untuk kesehatan tubuh kita. Makan buah hendaknya hati – hati mulai dari cara mencucinya, memotong dan juga makannya. Buanglah bagian yang memang tidak bisa dimakan, misalnya biji, kulitnya, atau bagian yang kurang bagusnya. 

Buah – buahan juga bisa dibuat untuk olahan makanan lain misalnya bolu, ada bolu pisang, jely juga bisa dimasukin buah didalamnya misalnya mangga saat kita bikin jely dengan rasa mangga. Stroberi atau chery juga suka dijadikan hiasan untuk bolu atau kue tertentu diatasnya. Selain lebih cantik juga bolu atau kue jadi ada lebih segernya karena ada buahnya. 
Bayi juga sekarang sudah dibiasakan makan buah saat usianya sudah memasuki tahap MP ASI. Biasanya pepaya, pisang, atau dibikin bubur buah, bisa itu buahnya dikukus dulu atau dimakan secara langsung. Atau juga di juice. Buat yang memiliki bayi boleh tuh mulai dibiasakan bayinya makan buah. Selain sehat juga terbisa nanti sampai besar makan buah – buahan. 

Mari kita biasakan makan buah lebih sehat dan lebih bagus untuk pencernaan dan juga kecantikan. Ada tuh beberapa buah yang bisa dijadikan untuk maskeran dan juga harus dimakan secara langsung karena buah tertetu memang mengandung beberapa zat yang diperlukan untuk kesehatan kulit khususnya. 

post signature

15 comments:

momtraveler said...

Aku suka banget buah mak.hampir smua buah aku suka cuma duren yg aku ga doyan

Kharisma Rosalina said...

aku suka buaahhh semuaaa...eh enggak semua, aku enggak suka kersen..manisnya kemanisaaan

Ade Delina Putri said...

Toss mak, cuma duren yg aku ga suka :v

Hidayah Sulistyowati said...

Sekarang aku dan suami juga sarapan buah, lebih enak ya mbak

yuni zuhri said...

Aku juga mulai mebiasakan diri sarapan buah mak..semangaaat

Randi Gustav said...

saya makan buah minimal seminggu dua kali :)

Nunk Arif said...

aku duren suka maak hehe

Nunk Arif said...

wah kompak neh mak hehe :)

Nunk Arif said...

ga suka yg manis bgt ys mak? :)

Nunk Arif said...

wah hebat mak keren :)

Nunk Arif said...

smangat maak :) kerennn

Nunk Arif said...

bertahap ya mas :) good mas :)

Dewi said...

Buah-buahan adalah salah satu makanan favoritku :D

Asep Setiawan said...

Aku juga suka buah2an.. sekarang lg sambil belajar utk makan buah d awal sebelum makan inih mbk, karna selama ini salah makan buahnya malah di belakang atau seteleh makan hihi

Kholis said...

sebagai orang yang susah BAB, saya paling seneng makan pepaya hehe

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...