Tetap Sehat Saat Menstruasi



PMS PMS PMS sering ga mendengar istilah itu? Terutama ibu – ibu dan juga remaja perempuan. Pastilah ya karena hampir semua perempuan mengalaminya. Kenapa saya bilang hampir semua perempuan, tidak semua perempuan? Karena memang tidak semua perempuan akan mengalami masa yang disebut PMS, karena bisa jadi saat menstruasi dia tidak mengalami gangguan  apapun, atau memang belum mengalami fase menstruasi. Bisa jadi karena adanya gangguan medis, karena sedang masa menyusui, karena biasanya kalau yang aktif menyusui tidak akan mengalami menstruasi atau karena menggunakan alat kontrasepsi yang memungkinkan seseorang tidak akan mengalami menstruasi, misalnya kontrasepsi suntik yang tiga bulan sekali. Dan perempuan dalam kondisi sedang hamil, jelas ini mah ya hehe. 

PMS atau Pre Menstrual Syndrome sering terjadi pada perempuan yang akan mengalami atau saat awal – awal menstruasi. Biasanya perasaannya cenderung sensitif, mudah tersinggung dan emosi kadang tinggi atau sering marah – marah. Pernah ada teman yang tanya “Teh gimana caranya supaya saat mau menstruasi tidak mengalami hal itu” itu sebenarnya pengaruh hormon jadi untuk mengatasinya kembali lagi ke masing – masing apakah bisa mengatasi atau mengelola emosi yang kadang tidak stabil saat mengalami PMS. PMS bisa saja dengan keluhan berasa pada bengkak dan terasa ngilu pada bagian tubuh tertentu misalnya payudara atau pinggul. 

Ada yang pernah tanya juga “Teh kalau yang menggunakan kontrasepsi yang efek sampingnya menyebabkan kita tidak mengalami menstruasi apakah itu normal? Tidak ada efek apa – apa karena darah haid tidak keluar?” sebenarnya kalau tidak mengalami haid atau menstruasi karena menggunakan kontrasepsi tertentu, kontrasepsi tersebut bukannya menghalangi darah menstruasi supaya tidak keluar, itu karena cara kerja dari kontrasepsi itu sendiri yang memang menyebabkan tidak akan mengalami menstruasi. Itu adalah cara kerja dari hormon itu sendiri yang terkandung di dalam kontrasepsi itu. Jadi bukannya darah haid tidak keluar dan mengendap di dalam tubuh. 

Menstruasi itu berhubungan dengan hormon, makanya kalau kita terlalu lelah atau stress pasti berpengaruh juga pada siklus haid hal ini karena kerja hormon juga. Jadi jangan khawatir kalau saat kita lelah atau banyak pikiran skilus haid jadi tidak teratur bisa maju atau mundur. (maju mundur…maju mundur cantik ala – ala syahrini ya hehe). Tambah kita memikirkannya kita tambah berpengaruh pada siklus haid. Kecuali memang kita ada riwayat tidak beraturan haidnya sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan. 

Bagaimana dengan ibu – ibu yang sudah mempunyai anak gadis tentang menstruasinya neh? Sebaiknya perhatikan dan juga ajak diskusi atau tanya karena kadang mereka suka malu. Normalnya mereka usia pubertas, mereka akan mengalami menstruasi, berhati – hatilah kalau setelah usia remaja belum juga mengalami menstruasi sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan dikhawatirkan ada gangguan medis yang memang harus ditangani. 

Melewati menstruasi memang bukan perkara mudah meski itu adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa buat perempuan. Mulai dari masa PMS sampai harus selalu waspada karena takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan apa lagi ketika bepergian. Saat – saat menstruasi tentunya kita ingin selalu sehat dan selalu tampak fresh ya, nah biar saat – saat menstruasi selalu sehat yuk kita sharing. 


Catat tanggal menstrusi
Perempuan bisanya punya kalender meja, atau agenda, kalau sekarang udah ada smartphone boleh pake smartphone sebaiknya ditulis atau dikasih tanda kapan kita ,mulai menstruasi. Hal ini berguna untuk mengetahui bahwa siklus haid kita lancar atau tidak. Kita juga bisa menghitung termasuk siklus panjang atau siklus pendek atau siklus normal. Dengan di catat saat ada kelainan dengan siklus menstruasi kita bisa cepat mengetahuinya. Terlebih bagi yang sedang program kehamilan hal ini sangat berguna karena kita akan mengetehui kapan kita udah telat menstruasi. Selain itu kita juga akan tahu atau bisa memperkirakan kapan kita menstruasi lagi bulan selanjutnya. Dengan mengetahui kapan kita kira – kira menstruasi lagi, kita bisa memperkirakan kapan masa – masa PMS itu datang. Setidaknya kita bisa mempersiapkan dari segi psikis dan emosi yang kadang suka tidak stabil. 

Persiapan                                                                           
Begitu juga dengan persiapan lainaya seperti pembalut, jangan sampai pas kita menstruasi datang persediaan pembalut sama sekali habis. Gimana kalau menstruasi datang malam – malam bisa repot kan. Apa lagi kalau kita hendak liburan atau berpergian maupun ada acara keluarga kita bisa mempersiapkan semuanya jauh – jauh hari. 


Selalu jaga emosi
Saat mesnstruasi emosi kadang tidak stabil, untuk mengatasinya kita harus pintar – pintar dalam mengelola emosi. Sebisa mungkin meredam emosi dan membuat emosi tetap stabil. Mengalah bila ada perselisihan bukan berarti kalah. Menyelesaikan masalah dengan kepala dingin akan lebih baik dan menghasilkan hasil yang baik juga.  

Makan makanan bergizi
Tidak dipungkiri saat sedang menstruasi selain emosi tidak stabil, kondisi fisik juga suka kurang fit. Mudah lelah, lemas dan perasan tidak nyaman, untuk antisipasi dan juga mengatasinya sebaiknya mempersiapkan makanan yang kita makan. Ada beberapa nutrisi yang harus kita perhatikan saat sedang menstruasi. 

Kekurangan atau rendah kalium bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur dan juga gangguan saat menstruasi seperti kram. Ada baiknya sebelum dan saat menstruasi makan makanan tinggi kalium seperti pisang, ubi jalar, kacang, yogurt, salmon, dan kismis untuk tetap menjaga kalium tetap stabil.

Selain kalium, makanan tinggi kalsium juga baik saat sedang menstruasi seperti yang terdapat dalam susu kedelai dan tahu. Kalsium yang terdapat dalam kedelai dan tahu lebih sehat di banding dengan kalsium pada susu sapi dan juga tidak membuat jadi gemuk. Nah good news neh buat yang lagi diet tapi pengen tetap konsumsi makanan yang mengandung  kalsium. Kalisum baik untuk menguatkan tulang dan juga tambahan energy saat sedang menstruasi. Tambahan energy juga bisa didapatkan dari protein, sedang menstruasi baik untuk mendapatkan tambahan energy untuk mengatasi lelah dan lemas. Protein bisa didapatkan dari putih telur, daging ayam tanpa lemak. 

Makan makanan tinggi asam lemak sesensial, magnesium, zinc dan juga vitamin B, C, dan E baik untuk dikonsumsi saat sedang menstruasi. Makanan tersebut penting karena untuk menguatkan pembuluh darah. Begitu juga dengan zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah. Karena saat menstruasi banyak mengeluarkan darah. 

Saat sedang menstruasi kadang tubuh berasa bengkak, untuk menguranginya bisa dengan makan makanan yang mengandung magnesium seperti biji – bijian dan juga kacang – kacangan. Buah – buahan dan juga sayuran baik untuk di konsumsi saat sedang haid untuk tetap memepertahankan asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. 

Selain itu asupan air putih juga harus selalu diperhatikan. Terlebih saat sedang menstruasi sering banyak mengeluarkan cairan. Sehari 8 gelas harus tetap dipertahankan. 

Rutin ganti pembalut
Saat sedang menstruasi perasaan ga nyaman sering dirasakan perempuan, kadang was -  was karena khawatir tembus kena pakaian terutama saat sedang kerja. Sering - seringlah ganti pembalut maksimal ganti pembalut tiap 6 jam. Kalau hari - hari pertama biasanya sedang banyak - banyaknya darah haid keluar bisa tiap 4 jam untuk antisipasi. Mengganti pembalut secara rutin selain untuk antisipasi tembus, juga untuk kesehatan bagian kewanitaan kita. Menggunakan pembalut terlalu lama akan menyebabkan iritasi, lecet atau gatal - gatal. Dan yang tak kalah penting adalah hati - hati saat membuang pembalut, jangan di masukan ke dalam closet karena bisa menyebabkan closet tersumbat. Buang ke temapt sampah dan jangan lupa di bungkus dan dirapikan terlebih dahulu.

Merawat muka
Biasanya selain karena hormon yang berpengaruh pada tingkat emosi, juga karena saat sedang menstruasi biasanya kita jadi jarang cuci muka karena tidak sedang sholat. Kalau sholat kan kita sewaktu mau sholat otomatis wudhu dulu tentunya sekalian cuci muka juga ya, sementara kalau sedang haid kita tidak sholat jadi muka juga jarang terkena air ya ga? 

Apa lagi kalau di tempat kerja berasa banget muka kita kucel kalau lagi haid, bisa jadi karena ga cuci muka atau karena ngantuk hehe. Biar tetap fresh dan enak dilihat, saat – saat tertentu coba cuci muka meski lagi ga sholat juga.  

Selain itu pada beberapa perempuan juga kadang muncul jerawat, hal ini bisa jadi normal karena menstruasi hubungannya dengan hormon. Untuk mengatasinya bisa menggunakan therapy untuk jerawatnya, misalnya menggunakan produk atau therapy yang udah biasa digunakan atau juga bisa ke dokter atau klinik perawatan kulit jika itu diperlukan. 

Olahraga
Siapa bilang saat sedang haid kita tidak perlu olahraga, meskipun sedang haid olahraga bisa tetap dilakukan. Pilihlah olahraga yang ringan dan juga tidak mengeluarkan banyak energy. Misalnya jalan pagi, jogging atau melakukan pekerjaan rumah juga termsuk olahraga. Lakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit. Olahraga selain membuat badan menjadi ideal juga menyehatkan badan kita. Olahraga juga bisa membakar lemak, lemak yang berlebih dalam tubuh dapat mengganggu siklus menstruasi dan menyebabkan gangguan menstruasi lainnya. 

Segera periksa bila ada keluhan menstruasi
Pada beberapa perempuan kadang terjadi keluhan menstruasi seperti rasa nyeri yang sangat saat mau menstruasi atau awal – awal menstruasi, menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar atau belum mendapat menstruasi setelah masuk usia. Sebaiknya segera konsultasi dan periksa ke dokter ke kandungan. Jangan pernah takut atau merasa malu konsultasi ke dokter kandungan meski belum menikah. Dokter kandungan tidak selalu identic dengan periksa hamil atau keluhan pada perempuan yang udah menikah. Kalau memang di rasa perlu untuk konsultasi ke dokter kandungan meski belum menikah kenapa ga. Keluhan dan masalah kesehatan sebaiknya segera di periksakan jangan pernah menunggu lama atau di nanti – nanti. Lebih baik segera ketahuan dari pada terlambat supaya bisa ditangai segera. 

Itulah yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat dan juga cantik selama haid. Bagaimanapun haid atau menstrusi adalah hal yang normal biasa terjadi pada perempuan. Meskipun pada beberapa kondisi sebagian perempuan tidak akan mendapatkan menstruasi. Selalu menghadapi dan juga menjalaninya dengan persiapan dan dibawa happy.

post signature

Comments

  1. Pas banget nih dibaca pas lagi period.. :)

    ReplyDelete
  2. ughhh... aku setiap kali datang tamu bulanan yang satu ini udah nggak bisa ngapa-ngapain deh di hari pertama dan keduanya. Pusing dan sakit perut terus menerus.. bisa seharian semalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah periksa belum mba? Periksa ajh mba ke dr.kandungan, sehat selalu ya mba, amin

      Delete
  3. Kalau lagi haid aku harus bisa jaga emosi bawaannya sensitif, bener mba olah raga jg pnting saat haid meskipun hari pertama haid tepar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba hari pertama emang bikin ga nyaman ya, selain ga nyaman fisik juga psikis ya terutama emosi, iya mba olahraga ringan ajh mba :)

      Delete
  4. sampai 3 hari Mbak. Setiap bulan pasti izin sehari untuk cuti haid. Obat yang paling ampuh, minum kopi hitam hangat, biar lancar dan banyak keluar. Jadi efek perut kembungnya cepet hilang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mba? Baru tau neh pake kopi item, mksh ya infonya :)

      Delete
  5. Jaman masih gadis suka sakit perut menjelang haid, tapi begitu married kok lancar jaya ya, nggak pakai nyeri sampai galau dan guling-guling di kasur, entah kenapa, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya faktor hormon itu mba, banyak yg suka gitu mba. Sehat slalu ya mba amin

      Delete
  6. Jangan deket2 Umi saat PMS kalau mau selamat. Wkwkkk... suamiku tuh kalau lagi ngeledek sambil ngajak anak jalan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mba? Hihi lucu juga mereka ya :)

      Delete
  7. Aku termasuk yang jarang sakit kalau lagi mens, tapi pernah juga sih ngalaminnya. Daaan soal olahraga,aku tuh paling males hehehe. Gimana, dong?

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya termasuk yang jarang sakit ketika mens, tapi yaitu tadi PMS, duh setelah menikah emosi jadi lebih mudah meletup. TFS Mbak,

    ReplyDelete
  9. Nyeri haid emang seringkali menggangu banget ya. Aku pernah juga dulu langganan. Pas diperiksa, eh ternyata ada kista. PMS juga enggak banged deh. Rasanya nggak nyaman dan uring-uringan. Tapi ternyata baru-baru aja aku sadar bahwa semua ada kaitan dg pola hidup terutama makan. Pas aku makannya bener banget, enggak ada itu PMS... enggak ada nyeri haid. Mens, ya mens aja gitu. Biasaaaa banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba pola hidup sehat mepengaruhi semuanya ya :)

      Delete

Post a Comment