Saturday, 28 November 2015

Memilih Klinik dan Skin Care



Cantik, perempuan mana yang ga mau tetap cantik. Merawat muka, kulit, kecantikan dan juga kesehatan itu perlu karena untuk kita juga, dan termasuk investasi. Perkembangan jaman dan teknologi memang terus berkembang, termasuk dalam dunia kecantikan dan juga kesehatan kulit. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga dan juga malakukan perawatan kulit. Tapi tentunya kita juga harus hati – hati dalam memilih perawatan atau treatment dan juga tempatnya. Yup tempat perawatan, skin care, klinik termasuk produknya harus hati – hati. Sekarang banyak tempat atau produk yang menawarkan cara menjadi cantik. Berikut adalah yang bisa diperhatikan dalam memilih tampat perawatan kulit.
  •    Klinik atau skin care
Memilih dan juga menentukan klinik yang akan kita kunjungi itu penting. Pastikan bahwa kliniknya sudah ada izin dan juga ada dokternya. Begitu juga dengan skin care. Apa bedanya klinik sama skin care? Kalau klinik tidak hanya menangani perawatan atau skin care saja tapi juga menangani kasus atau masalah kulit lainnya yang memerlukan penanganan dokter. Kalau skin care hanya perawatan kulit, tapi semua tindakan perawatan yang memang harus dilakukan oleh dokter itu dikerjakan oleh dokter. Makanya kalau ada skin care yang menawarkan perawatan dan kita tahu bahwa tindakan itu harus dilakukan oleh tenaga medis, sementara disana tidak ada dokternya, lebih baik jangan. 


  •  Dokter
Dokter adalah poin yang penting, ya karena kita kan perawatan ke klinik atau skin care dan konsultsi ke dokter, jadi harus jelas dokternya. Kalau dirasa ga penting dokternya, buat apa kita ke klinik perwatan kulit, pakai produk yang biasa ajah yang ga usah konsultasi ke dokter betul ga?  Lihat izin praktek dokternya, biasanya ada di depan klinik, dokter siapa dan juga izin prakteknya. Dan faktor yang tidak kalah penting dari dokter adalah keramahannya, tentunya kita akan senang kan kalau saat kita konsultasi itu dokternya ramah dan mau menjelaskan dengan detail. Salah satu dokter dan juga pemilik DF Clinic, dr. David beliau sangat ramah dan enak saat kita konsultasi. Beliau akan senang sekali kalau kita konsultasi tentang kesehatan kita, bahwa kita mau sehat dan mau menjalani gaya hidup sehat. Karena menurutnya yang utama adalah sehat, jaga kesehatan dan menjalani pola hidup sehat sementara cantik adalah bonus dari kita sehat dan juga menjalani pola hidup sehat. 


  •   Produk 
Produk adalah yang akan kita gunakan setelah kita konsultasi dan mendapatkan therapy. Sekarang beanyak sekali produk yang dijual secara bebas yang kadang mengatasnamakan produk dari dokter, dari klinik atau dari skin care tertentu. Dengan iming – iming bakal menjadikan putih dan lain- lainnya. Menurut saya sebaiknya kita menghindarinya. Kalau produk yang memang dijual secara bebas, artinya bahwa produk tersebut memang sudah dijual dipasaran dengan brand – brand tertentu, biasanya itu memang aman untuk digunakan, karena kandungan zat tertentunya masih dalam kadar rendah. Kalaupun mau paling kita hanya perlu konsultasi sama SPG yang memang lebih mengetahui produk tersebut.  


Ketika kita konsultasi ke dokter di klinik perawatan kulit,  tentunya kita nantinya akan mendapatkan therapy. Nah therapy tidak selalu dengan produk berupa cream, jangan sampai merasa itu adalah yang utama kita perlukan kalau kita ke tempat perawatan kulit. Selain berupa cream, therapy bisa berupa obat yang diminum entah itu berupa tablet, kaplet, kapsul, berupa syrup dan lain – lain. Dimana tentunya itu harus atas resep dokter, ada aturan dan juga dosis yang akan diberikan. Kalau tidak sesuai anjuran dari dokter bisa – bisa kita nanti over dosis atau misalnya kita ternyata ada alergi dengan obat tersebut kan kita bisa kembali ke dokter yang megangnya. Apa lagi yang memiliki riwayat alergi harus hati – hati, alergi terhadap suatu obat itu harus mendapat penanganan yang tepat. 

Selain itu therapy juga bisa berupa konseling, ya konseling dari dokter adalah hal yang berharga dan harus kita ikuti. Ada kalanya masalah kulit atau maslaah kesehatan lainnya yang kita alami itu tidak memerlukan therapy berupa ceram atau juga obat yang di minum, tapi kita hanya memerlukan konseling dari dokter. Coba kita datang ke DF Clinic dengan masalah yang kita hadapi, bisa jadi kita tidak menadapatkan cream ataupun obat setelah konsultasi. Karena yang kita perlukan bisa jadi hanya berupa konseling.

O ya DF Clinic ini ga hanya menangani masalah kulit lho. Bisa juga yang mempunyai masalah dengan alergi, saluran pencernaan, dan lain – lain. Contoh real yang saya ketahui adalah, ketika saya sedang menunggu produk yang saya dapatkan di bagian farmasi, tanpa sengaja saya ketemu sama teman lama dan itu juga sebenernya saya udah agak – agak lupa. Selain udah lama ga pernah ketemu, dia itu adiknya teman saya waktu kuliah dan kebetulan saya kenal. Makanya awalnya saya agak ragu buat nyapa duluan, tapi ya daripada saya penasaran akhirnya saya beranikan diri buat nyapa duluan, dan setelah saya sapa dan jelasin kalau saya temen kakaknya baru dia ingat. Saya sempat ngobrol sebentar, ternyata dia kerja di salah satu klinik dan juga skin care ternama di Indonesia. Kalau saya sebut namanya yakin deh pasti pada tahu. Awalnya saya ngira kalau dia atau suami ataupun anaknya (karena dia kesana sama suami dan juga anaknya) kesana dengan keluhan ada masalah dengan  kulitnya. Ya kerena DF kan identik dengan perawatan kulit. Dan saya juga udah berpikir lha kenapa kesana kan dia juga kerja di tempat perawatan kulit. Tapi ternyata bukan itu lho masalahnya, suaminya kesana karena ada keluhan di saluran pencernaannya. Dan katanya Alhamdulillah cocok dan merasakan hasilnya. Nah menurut saya ini adalah bukti kalau DF Clinic ga hanya menangani masalah kulit. 
  •       Harga
Harga, Jelas perlu ya, tentunya kita ga mau kan ke tempat perawatan yang memasang harga selangit? Artinya harga yang ditawarkan itu betul – betul jauh berbeda dengan klinik yang lainnya. Meskipun berdasarkan pengalaman saya selama ini tempat dan juga klinik yang pernah saya datangi itu harganya masih relatif sama. Kalau ada perbedaan juga bedanya biasanya tipis. Dan itu juga kembali ke masalah kulit yang kita hadapi.
  • Tempat
Perlu ga seh tempat menjadi bahan pertimbangan? Menurut saya perlu, pertama adalah lokasinya. Gimana coba kalau kita  mau ke tempat perawatan kulit tapi lokasinya susah di akses dengan kendaraan pribadi terlebih dengan kendaraan umum. Memang ada yang ga bisa di akses oleh kendaraan pribadi? Ya bisa mungkin ada misalnya lokasinya terletak di komplek  yang memang benar – benar ketat pengamanan dan aturannya. Kita jadi males kan? Selain lokasi juga kenyamanan tempatnya, bukan hanya rumah yang membuat kita nyaman kan, tempat kosnsultasi dan juga tempat perawatan harus nyaman ya ga. Kalau pertama kali kesana udah merasa ga nyaman jadi males datang lagi kan. Mungkin di sini berlaku slogan “kesan pertama begitu menggoda dan selanjutnya terserah anda” hehe. Dan kalau menurut saya yang tidal kalah penting adalah ada tempat sholatnya. Adanya mushola dan tempat wudhu yang nyaman dan bersih bisa membuat nyaman pengunjung. Di DF Clinic ada mushola yang cukup nyaman dan bersih, letaknya di bagian belakang, karena belakangnya menghadap ke komplek jadi merasa nyaman tidak terletak di basement yang kadang bikin ga nyaman. 

  •   Service
Pelayanan yang baik akan memberikan kesan yang baik juga. Tentunya kita ga mau kan ke tempat pelayanan tapi petugasnya tidak atau kurang ramah. Meskipun tempatnya terlihat biasa, tapi kalau pelayanan bagus itu akan lebih berkesan dan disukai oleh pelanggan. Dan kita juga pastinya mau kembali lagi kesana karena terkesan dengan pelayanan yang diberikan.



Itulah beberapa hal yang mungkin bisa jadi pertimbangan saat kita mau memilih tempat perwatan kulit. Bagaimanapun menjaga kesehatan kita, kesehatan kulit kita itu penting dan merupakan investasi. Selalu hati – hati dalam penggunaan produk perawatan, selalu konsultasi atau tanya sama ahli itu lebih baik dari pada kita coba – coba.

post signature

15 comments:

Efi Fitriyyah said...

Dokter yang ramah emang bikin kita nyaman dan ga segen curhat masalah kita, masalah kesehatan lah pastinya hihihi... Jangan curhat soal bokek atau patah :D Karena ga nyambung dan salah sasaran.
Aku juga suka sama pelayanannya DF, dokternya ramah, nursenya juga. Profesional pula.

Nunk Arif said...

Kalo curhat pengen liburan boleh ga kaka? :D

Wina Azam said...

pernah berkunjung ke dokter karena mengalami masalah kulit yang lumayan. tp setelah sembuh saya balik lagi ke skin care karena mbak-mbaknya enak mijitnya hahhahah

Nunk Arif said...

iya mba kalo kulitnya bermasalah mending ke dokter ajh, kalo aman2 ajh skin caare ajh ya hehe

Alaika said...

Bener banget, Teh Nunk. Dr yg ramah, nurse dan therapistnya yang sopan dan juga ramah, bikin kita betah, happy dan tanpa sadar kita promosikan ke teman2 dan kerabat agar berkunjung ke sana jk butuh konsul or treatment yaa? Jadi Teh Nunk disarankan utk perawatan apa nih?

Nchie Hanie said...

aahhh...aku ngeceng dokter yang mirip Delon,
Unyu2 bingits..

Ophi Ziadah said...

Dokternya ketemu pas pertama datau klo ada masalah selnajutnya biasanya lbh sm teraphits dan bagian front counter gt..service dr mereka juga penting niih bikin kita ngerasa nyaman atau enggak :)

Nunk Arif said...

Iya mba, kemaren sy udah di laser itu yg kaya mba al harus pake penutup muka jdnya kaya pemain ayat2 cinta ya haha sm MD juga mba :)

Nunk Arif said...

Wajahnya mulus banget ya maak, eyke ajh kalah haha

Nunk Arif said...

Betul mba kalo kurang ramah bikin males ya hehe

Nia Haryanto said...

Aku belom pernah deh ke klinik2 gitu. Wajahku masih pake produk2 yg ada di pasaran. Padahal harusnya sesekali ke sana, ya, biar kinclooong :D

Nunk Arif said...

kalo ga ada masalah sama kulitnya ga apa2 teh pake produk biasa juga, kalo mau kesana hayu atuh bareng2 hehe

Anggarani Ahliah Citra said...

Aku biasanya pilih dokter perempuan sih... Enak ngobrolnya... Lebih nyaman aja sih di akunya...

Nunk Arif said...

iya itu kembali lagi ke masing2 ya mba, sebelumnya sku juga ke dokter perempuan mba :)

clara inge said...

DF Clinic memang is the best !

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...