Sunday, 11 October 2015

Pentingnya ID Card



ID Card, benda satu ini selalu lupa saya bawa dan pake. Kadang suka lupa nyimpan ID Card dimana. Sebenarnya bukan hanya ID Card yang suka lupa. Banyak hal yang sering saya lupa, banyak kejadian lucu juga dari pelupa saya. Termasuk kejadian sama sudara atau teman yang sama – sama pelupa. Kalau saya ada janji atau urusan sama mereka yang pelupa juga, mereka suka minta diingetin sama saya. “Ingetin besok ya soalnya saya suka lupa”  Lha mau diingetin gimana saya juga pelupa. Jadi gimana neh pelupa ketemu pelupa juga, apa jadinya? 

Termasuk kejadian yang satu ini sama kakak saya yang sama – sama pelupa. Kejadian ini udah lama waktu saya masih belum nikah dan tingal di asrama tempat kerja. Kakak ipar saya c Teteh telpon ngasih kabar katanya ada titipan makanan di mobil kakak buat saya yang tinggal di mess. teteh bilang kasian di asrama suka ga ada makanan, tau ajh ah Teteh :). Karena saya sama kakak itu satu tempat kerja, eit bukan KKN yaa. Teteh udah wanti – wanti saya supaya makanan diambil ada di mobil soalnya kakak itu pelupa. Dan taukah apa yang terjadi. Karena saya dan kakak sama – sama pelupa, itu makanan berhari – hari ada di mobil sampai basi hiks sayang banget jadi ga bisa dimakan dan mubazir. Kakak lupa ga ngasiin itu makanan terus saya juga lupa ga ngambil ato nanyain. Inilah efek kalau sama – sama  pelupa. 


Lupakan itu tentang makanan yang jadi basi gara – gara lupa :), balik lagi ke ID Card ya. ID Card selain buat seorang karyawan sebagai identitas, biasanya juga dikasih pada acara tertentu misalnya seminar, workshop, training, kepanitiaan dan lain – lain. ID Card tetunya ga boleh dilepas selama acara berlangsung termasuk baut seorang karyawan selama bertugas, termasuk saya tentunya. Tapi apa yang terjadi sama saya? saya selalu suka lupa sama ID Card. Buat antisipasi biasanya saya suka simpan di locker di tempat kerja. Tapi pelupa saya mungkin bisa dibilang udah kronis :), kalau pulang kerja tetep ajah suka lupa ID Card masih nempel di seragam. Dan besoknya lupa ga dibawa. Kalau pas inget saya suka masukin tas yang besok dibawa kerja biar ga lupa. Tapi kalau lupanya udah kumat tetep ajah lupa dimana nyimpennya. Dan akibatnya esok harinya saya ga bawa ID Card. 


Tempat kerja saya itu pemegangnya sahamnya adalah salah satu BUMN.  Jadi selalu berhubungan dengan induk perusahaan tentunya. Kalau mau masuk kesana tuh ketat banget ya secara itu kan BUMN dan perusahaan besar pastilah ketat. Beberapa pos keamanan buat masuk kesana harus kita lalui, belum lagi metal detector. Kalau kita pakai seragam seh terus petugas atau security tahu bahhwa kita adalah karyawan dari perusahaan yang menjadi bagian dari BUMN itu pemeriksaan ga terlalu ketat. 

Waktu saya ada perlu mau ke salah satu unit perusahaan itu, kebetulan saya kesana tidak memakai seragam dan saya pun lupa ga bawa ID Card. Ya pastinya saya dikira tamu umum , meskipun saya bilang kalau saya karyawan tetep ajah mereka minta bukti. Tentunya security tanya dan minta ID Card saya waktu saya bialng kalau saya adalah karyawan. Karena saya ga bawa jadi saya cuma bisa ngasih tanda pengenal ajah. Buat ditahan disana selama saya masuk ke dalam. Sempat kesel juga seh tapi ya itu kan prosedur. Lagian saya kan ga pake seragam jadi wajar juga mereka seperti itu. Itulah pentingnya bawa ID Card. Bagaimanapun kita bilang bahwa kita merupakan bagian dari salah satu perusahaan orang ga akan percaya kalau ga memperlihatkan ID Card. 

Untungnya ga lama ada kendaraan dari tempat kerja yang mau jemput karyawan yang lagi bertugas disana. Barulah security percaya tapi tetep ajah tanda pengenal mah harus disimpan. Karena dari post security ga bisa pake kendaraan dari luar selain kendaraan dinas, dan jaraknya lumayan jauh jadinya saya ke dalam ikut kendaraan dinas lumayan kan kalau jalan  mah menguras tenaga apa lagi sendiri. Ah rezeki emak sholeh… eh sholehah :)

ID Card memang perlu dan harus selalu digunakan, karena sebagai identitas kita saat bertugas atau untuk pengenal. Selain ID Card yang selalu diminta untuk dijadikan pengenal kita, tanda pengenal lain yang penting diantaranya KTP atau SIM. Saat mendaftar kemanapun selalu diminta tanda pengenal untuk melengkapi data. Kadang diminta untuk di copy sebagai lampiran. Termasuk saat kita daftar ke pelayanan kesehatan. Pasti diperlukan dadta - data tersebut. Terus adakah dari tanda pengenal kita yang berhubungan dengan status kesehatan kita atau gaya hidup sehat kita. Tentunya ada misalnya jenis kelamian, tanggal lahir, status pernikahan dan golongan darah. Tangal lahir tentunya lengkap dengan tahun lahirnya ya, ga mungkin kan cuma tanggal ajah. Data ini akan menentukan status kesehatan kita ketika kita berada di tempat pelayanan kesehatan. Dari tanda pengenal kita akan mendapatkan identitas tersendiri nantinya. Dan juga tentunya dalam pelayanan kesehatan akan berbeda termasuk dalam konseling misalnya, pastinya berbeda berdasarkan jenis kelamin, status pernikahan dan usia.  Dan itu semua didapat dari data yang ada di identitas awalnya. Jadi kemanapun bawalah selalu tanda pengenal karena itu penting. Selain untuk kelengkapan administratif sebagai warga negara yang baik, tentunya untuk keperluan kita juga.
post signature

14 comments:

Maya Siswadi said...

ID card terutama KTP emang wajib banget dibawa yaa. Mendadak ada aja perlunya

Ila Rizky said...

iya, mak. id card itu penting banget biar ga dianggap penyusup hehe. sekarang di kampus2 juga pakai itu buat masuk ke kantor kalo pas butuh ketemu petinggi. :D

turiscantik.com said...

saya juga males bawa id card padahal penting ya hehe

Nunk Arif said...

Bener banget mba :)

Nunk Arif said...

Iya mak sekarang tiap kantor ketat ya tapi emang bener harus ketat, jaman sekarang harus lebih hati - hati, mksh yaa mak :)

Nunk Arif said...

Iya penting banget mba :)

Gustyanita Pratiwi said...

Klo lipa ga dicopot dr seragam takutnya ikut kecuci y

Ramuan Tradisional said...

ternyata penting banget

Nunk Arif said...

Iya kl ke cuci bisa lebih ribet mba :)

Nunk Arif said...

Iya penting :)

noniq said...

Ih, saya juga sering menyepelekan ID Card #hix, apalagi kalo di acara-acara penting, cuma numpang foto ID Cardnya doank (buat pamer) terus ntah kemana itu si ID Card hahaha...

Nunk Arif said...

jiah ada2 ajh neh biuty blogger mah :))

sofyan hadi said...

alhamdulillah, kalau saay sih selalu bawa id card kemana-kemana, kalau nggak bawa tuh gymana gt rasanya, hehe

Nunk Arif said...

Bagus atuh mas, jadi pas saat urgent diperlukan ga berabe lg :)

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...