Memilih Produk yang Aman untuk Kulit



Cantik, menarik, memiliki kulit sehat dan terawat, perempuan mana yang tidak ingin tampil seperti itu. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi cantik. Mulai dari cara yang sederhana, cara tradisional sampai cara dengan menggunakan teknologi paling mutakhir sekalipun. Banyak tempat konsultasi dan perawatan yang menyediakan alat dan cara perawatan, misalnya facial, peeling, microdermabrasi dan lain - lain. Sebetulnya mungkin itu kodrat seorang perempuan selalu ingin tampil cantik dan menarik. Namun disisi lain kita juga harus hati – hati dalam memilih produk perawatan yang kita gunakan untuk mencegah hal yang  tidak diinginkan. Alih – alih ingin tampil cantik tapi ternyata malah petaka yang didapatkan. Disinilah kehati – hatian dan ketelitian yang perlukan dalam menentukan pilihan produk yang akan kita gunakan. 


Berbagai macam produk dari berbagai brand sudah sangat banyak dari mulai harga yang biasa sampai dengan harga yang selangit. Dari yang dijual biasa di pasaran, secara online, dijual secara langsung, dijual dengan MLM, di mall atau yang didapatkan dari tempat perawatan kulit. Dalam merawat kulit kita sehari – hari berikut saran dari saya untuk memperhatikan beberapa hal berikut :
  • Jenis kulit
Jenis kulit disini mungkin semua orang sudah mengetahui bahwa kita memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada kulit  normal, berjerawat,  berminyak dan kering. Sebaiknya kita lebih mengetahui dan memahami termasuk kedalam kategori apa kulit kita. Dengan demikian kita akan lebih hati – hati dalam memilih produk yang akan kita gunakan yang tentunya sesuai dengan jenis kulit kita.
  • Usia
Sebetulnya sekarang sudah semakin mudah untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan usia kita. Bahkan ada dengan jelas menambahkan keterangan bahwa produk tersebut hanya bisa digunakan oleh usia tertentu. Meskipun tidak semua produk seperti itu, tapi setidaknya kita bisa mengetahui produk tersebut untuk kalangan remaja atau dewasa. Jangan sampai usia masih remaja sudah menggunakan produk yang sebetulnya produk tersebut untuk usia dewasa.
  • Pekerjaan
Pekerjaan yang di maksud adalah apakah kita pekerjaannya sering di luar atau di lapangan, atau berada di dalam ruangan dengan penggunaan AC secara terus menerus. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kulit kita. Untuk yang pekerjaannya sering dilapangan pilihlah produk yang mengandung perlindungan terhadap sinar UV atau yang mengandung SPF tertentu. Dan untuk yang biasa bekerja di dalam ruangan yang menggunakan AC, sebaiknya gunakan produk yang mengandung extra moisturizer atau pelembab. Karena penggunaan AC secara tterus menerus akan membuat kulit kita cenderung kering. Pada beberapa produk sudah ada yang mengkhususkan untuk pemakaian dengan ruangan yang full AC.
  • Jangan jadi korban iklan
Iklan produk kosmetik kian banyak, sebagai perempuan kita harus jeli terhadap iklan. Jangan sampai kita tergiur dengan iklan, gunakanlah produk yang memang cocok dan sesuai dengan kulit kita. Jangan tergiur dengan promosi atau cara – cara yang menawarkan bisa cantik atau putih dengan cara instan. 
  • Perhatikan kadaluarsanya
Memperhatikan tanggal kadaluarsa bukan hanya perlu diperhatikan untuk produk makanan dan minuman tapi juga penting untuk produk perawatan kulit. Produk yang sudah kadaluarsa dikhawatirkan akan berpengaruh pada kulit karena kandungan yang sudah tidak baik untuk digunakan. Kalau produk yang dijual secara bebas itu jelas ada tanggal kadaluarsanya tertera pada produk atau dalam kemasannya. Kalau produk dari tempat perawatan kulit biasanya dikasih tau sama petugasnya harus habis dalam berapa lama dan juga cara penyimpanannya. Misalnya harus disimpan dalam suhu berapa derajat celcius atau sama sekali tidak boleh kena paparan sinar matahari. 
  • Kandungan produk
Meski suka bingung dalam melihat kandungan suatu produk, setidaknya kita tau produk apa yang aman untuk digunakan. Misalnya tidak mengandung mercuri atau zat kimia lainnya yang tidak aman buat kulit. Hati - hati dengan produk yang mengatasnamakan produk itu berasal dari dokter, dokter kulit atau skin care. Cek terlebih dahulu produknya. Sekarang banyak banget yang jualan produk yang abal - abal. Ingin kulit tampak putih sebetulnya sah - sah saja, tapi memperhatikan kandungan serta efeknya jauh lebih penting. Memilih punya kulit sehat itu jauh lebih lebih baik, karena dengan kulit sehat akan terlihat cerah dan berseri.
  • Hati – hati memilih tempat perawatan
Sekarang banyak tempat untuk perawatan kulit terutama di kota – kota besar, berhati – hatilah dalam memilih tempat perawatan. Bila tempat tersebut menawarkan perawatan dengan tindakan medis, sebaiknya cari informasi dulu apakah tempat tersebut ada dokter penanggung jawab atau dokter praktek dengan izin yang jelas. Jangan mau dilakukan tindakan medis tapi bukan oleh dokter atau bukan tenaga kesehatan yang melakukannya.
  • Konsultasi dengan dokter kulit
Perawatan kulit atau skin care dan dokter kulit sekarang banyak menjadi pilihan banyak perempuan. Hal ini tentunya lebih baik daripada kita menggunakan produk yang belum jelas kandungan dan keamanannya. Untuk kondisi kulit tertentu misalnya kulit berjerawat atau ada masalah kulit lainnya sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kulit. Karena dokter kulit lebih mengetahui therapy atau tindakan apa yang sebaiknya diberikan untuk kulit kita. 

Itulah beberapa factor yang harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kuli, untuk tetap menjaga kulit agar selalu sehat dan terawat. Bagaimanapun merawat kulit adalah investasi kita untuk masa depan. Perawatan yang baik bukan berati harus mahal. Dan tidak kalah pentingnya adalah minum air putih dan rajin olah raga serta rajin mengkonsumsi buah dan sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin.
post signature

Comments

  1. Duh, jangan sampai deh jadi korban iklan apalagi kalau produknya tidak cocok sama muka / kulit kita ya Mbak

    ReplyDelete
  2. Klo aku sering kepapar ac kulit mengering hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering dalam ruangan AC iya mba suka kering kulit makanya harus yg extra moisturizer mba :)

      Delete
  3. Oke bgt artikelnya, makasih infonya ya mak :)

    ReplyDelete
  4. kadang masih suka korban iklan, apalagi kalau modelnya putih bersih gitu :)))

    ReplyDelete
  5. Aku trmsk yg sangat hati2 dlm memilih produk....korban iklan gak bgt deh...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip deh mba keren, lanjutkan :))

      Delete
  6. dulu aku pernah pake kosmetik, eh pas selesai mukaku merah-merah :(
    milih produk yang cocok dan ama buat kulit kita emang penting banget mak, kalo ga mau muka bentol-bentol

    ReplyDelete
  7. Banyak hal yang harus diperhatikan ya. Jangan sampai niat tampil cantik malah jadi bencana gara-gara salah pilih kosmetik

    ReplyDelete
  8. Zaman sekarang wanita memang dituntut untuk cerdas dan selektif dalam menggunakan kosmetik. Banyak banget produk-produk kosmetik abal-abal yang membahayakan kesehatan. Bukannya cantik yang didapat malah penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas harus teliti dan hati2 ya :)

      Delete
  9. Hai teh Nung.
    Aku kadang tergoda iklan perawatan kulit untuk usia 30 tahun ke atas. Habis, di iklan kulitnya nampak kinclong gitu. Tapi tetep gak berani beli dan nyoba, takut kulit wajahku malah kenapa-napa.
    TFS yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii juga teh, iya harus hati2 karna belum tentu cocok sm kulit kita, mksh ya udh mampir :)

      Delete
  10. Alhamdulillah, istri saya sangat hati-hati dalam memilih produk kecantikan. Sebelum memutuskan membeli, pasti nyari2 testimoni dari yg pernah pakai.

    ReplyDelete

Post a Comment