Expired Cosmetics



Kosmetik memang ga bisa lepas dari kaum perempuan meski sebenernya kaum laki – laki juga banyak yang menggunakan jenis kosmetik tertentu. Penggunaan kosmetik memang diperlukan untuk menunjang penampilan dan kecantikan. Terlebih jika akan menghadiri acara tertentu misalnya undangan, wisuda, perpisahan, acara keluarga dan lain – lain. Tapi mungkin ada juga yang harus memakainya setiap hari misalnya yang bekerja di media elektronik dan entertainment dan harus tampil secara live, atau yang sehari – hari ada di dunia seni peran entah itu untuk sinetron, ftv, film, teater dan lain – lain.  Pada beberapa pekerjaan dan instansi juga ada yang mengharuskan pemakaian kosmetik meskipun kadang suka ada pembatasan dalam penggunaannya, misalnya yang berada di posisi front office, receptionist, customer service, bagian pendaftaran, dan lain – lain. 

Penggunaan kosmetik buat yang masih jarang – jarang menggunakannya memang kadang terlupakan kapan beli dan mulai dibuka kemasannya. Hal ini karena jenis kosmetik tertentu suka awet dan tahan lama karena jarang digunakan, misalnya foundation yang jarang digunakan sehari – hari. Kalau yang sering digunakan biasanya suka inget ya misalnya mouisturizers, lipstik dan lain – lain yang sering digunakan sehari – hari Kenapa inget karena cepet habisnya bahkan kadang ga kerasa tau – tau udah abis dan harus beli lagi. Produk kosmetik ini ada masa kadaluarsanya, jadi ga hanya makanan yang ada kadaluarsanya ya. Dan ini mungkin kadang terlupakan termasuk saya, karena saya jarang pakai foundation jadi suka lupa beli dan mulai pakainya kapan. Menurut para ahli kosmetik, kosmetik saat kita buka kemasannya maka saat itulah proses pembusukan dimulai dan hal ini akan mengurangi efektivitas dan membiarkan bakteri yang tentunya dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. 


Masa kadaluarsa kosmetik ini kadang ada yang tercantum kadang ada yang ga tercantum dalam kemasannya. Kalau yang udah ada tanggal kadaluarsanya enak ya bisa kita lihat dengan jelas. Terus yang ga ada gimana neh? Nah mulai sekarang, saat kita membuka kemasannya dan kita gunakan kita kasih tanggal kapan digunakannya jadi kita nantinya tahu kapan produk itu mulai digunakan. Di tempat kerja saya suka kaya gitu produk atau barang apa yang kita gunakan kita tulis tanggal mulai kita gunakan. Selain untuk antisipasi kadaluarsa, kita juga bisa tahu produk tersebut berapa lama habisnya. Selain dalam kemasan bisa juga kita tulis dalam buku kecil atau diary ya kali ada yang masih punya diary :). Berhubung sekarang kan udah jamannya digital tuh bisa juga kita tulis dalam smartphone kita misalnya di notes atau apalah yang smartphone nya lebih canggih saya kurang tahu. Tapi kalau dalam smartphone resikonya kalau dijual dan ganti handphone atau pas rusak dan harus di service kadang – kadang data yang ada suka hilang tuh. 

Pada beberapa kosmetik terutama yang sering kita gunakan masa kadaluarsanya beda – beda tergantung produknya. Tapi kadang ada juga seh produk yang belum lama eh udah keliatan kalau itu udah ga bisa kita pakai lagi misalnya udah kering atau kita alergi sama produk tersebut. Dan yang sama sekali ga bisa kita gunakan lagi dan ini pasti banget ya kalau habis HEHE itu seh lain cerita ya. Produk yang udah kadaluarsa sebaiknya ga kita pakai lagi selain biasanya suka udah rusak kemasan maupun kandungan produknya, hal ini ga baik juga buat tubuh kita. Tentunya kita mau kan selain terlihat cantik dengan kosmetik kita juga tetep sehat ya ga. Dan inilah masa kadaluarsa atau expired dari beberapa kosmetik yang sering kita gunakan:

  • Lipstik

Lipstik ini kayanya salah satu kosmetik yang kemungkinan semua perempuan punya ya, karena mudah didapatkan dan juga paling diperlukan. Lipstik banyak sekali pilihan warnanya. Dari satu brand ajah bisa banyak jenis dan warnanya. Lisptik selain untuk mempercantik bisa juga untuk menyembunyikan atau menutupi bibir kita yang pucat. Lipstik ini masa kadaluarsanya kurang lebih 1 tahun, jadi kalau udah satu tahun sebaiknya hati – hati, mending ganti ajah sama yang baru sekalian cari warna dan brand baru lagi ya ga :). 


  • Mascara

Mascara ini biasanya warnanya netral ada black, blue, brown. Kalau fungsi dan jenisnya macam – macam tergantung kita yang pakainya, suka dan cocok sama jenis dan warna apa. Mascara masa kadaluarsanya paling cepet dibandang dengan produk kosmetik lainnya, mascara hanya 3 atau 4 bulan saja. Jadi yang masih jarang – jarang menggunakan mascara hati – hati tuh karena masa kadaluarsanya cepet. Kalau beli yang harganya lumayan terus jarang dipakai kan sayang.

  • Liquid Foundation dan Concealer

Foundation dan concealer untuk menghadiri beberapa cara tertentu memang perlu untuk menyempurnakan tata rias dan bisa menutup kekurangan yang ada di wajah kita. Menurut dokter ahli anti aging dan aestetic di DF Clinic pengguanaan foundation sebaiknya ga tiap hari karena bisa membuat kulit kita jadi kering. Nah foundation dan concealer ini masa kadaluarsanya sekitar 6 – 12 bulan. Duh ini alert buat saya juga neh karena suka lupa dan jarang pakai foundation jadi ga inget kapan mulai pakainya. Kadang suka masih banyak neh meski udah lama. 



  • Cream Blush

Penggunaan blush perlu untuk menambah penampilan lebih menarik dan membuat kita tampak lebih merona dan segar. Termasuk untuk sehari – hari misalnya kerja atau jalan – jalan.  Blush ini ada yang bentuk cream ada juga yang powder, nah yang bentuk cream ini masa kadaluarsanya sekitar 6 -12 bulan.

  • Powder Blush dan Eyeshadow

Eyeshadow seperti halnya blush kadang diperlukan juga untuk kegiatan sehari – hari. Eyeshadow ini warnanya banyak banget dan bisa di mix and match dengan pakaian yang kita gunakan. Dengan warna yang senada bisa menambah kesan elegan, menarik dan enak dilihat. Masa kadaluarsa powder blush dan eyeshadow ini sekitar 1 tahun. Jadi lumayan lebih lama ya dibanding dengan cream blush. Ayo mulai dipikirkan pilih yang mana yang bisa tahan lama. 



  • Pensil Eyeliner dan Lipliner

Pensil eyeliner dan lipliner ini merupakan kosmetik yang mudah dibawa dan simple. Bentuknya ada yang diputar jadi ga usah diserut ada juga yang bentuk pensil seperti halnya pensil biasa dan ini harus diserut. Serutannya khusus ada buat kosmetik, pada brand tertentu biasanya menyediakan serutan khusus buat kosmetik. Eyeliner biasanya digunakan dengan eyeshadow tapi bisa juga eyeliner ajah, kalau saya dalam kondisi buru – buru mau kerja ga sempet pake eyeshadow saya pakai eyeliner ajah biar ga terlalu polos matanya. Lipliner ini merupakan penyempurna lipstik yang kita gunakan. Tergantung personalnya ada yang suka ada juga yang ga suka pakai. Masa kadaluarsa eyeliner dan lipliner ini kurang lebih 2 tahun. Ahaaa ini good news buat saya karena barang ini suka awet apa lagi lipliner paling saya pakai kalau ada undangan ajah HEHEHE. 

  • Liquid Eyeliner

Eyeliner bentuknya ga hanya berupa pensil tapi ada juga yang bentuk liquid. Bentuk ini biasanya banyak digunakan karena hasilnya lebih oke dari pada eyeliner bentuk pensil. Penggunaannya memang lebih memerlukan kehati – hatian apa lagi buat pemula karena bentuknya liquid jadi kadang suka susah, suka blepotan kalau yang jarang atau baru pakai. Beda dengan yang bentuk pensil lebih mudah pemakaiannya. Ayeliner liquid ini masa kadaluarsanya sekitar 6 bulan jadi lebih sebentar dari yang bentuk pensil. Hal ini karena dari bentuknya sendiri kan liquid otomatis beda sama yang bentuk pensil. Liquid eyeliner juga biasanya cepet kering terlebih sering ditutup buka.

  • Moisturizers dan skin care

Ternyata berbanding terbalik ya justru moisturizers yang lebih lama masa kadaluarsanya. Moisturizers dan skin care ini bisa 1 sampai 2 tahun. Padahal moisturizer yang suka sering cepet habis atau kalau kita pakai yang dari tempat perawatan kulit kita pasti inget karena di kasih tau kalau penggunaannya harus berapa lama dan harus kontrol kapan. 


Itulah beberapa masa kadaluarsa dari produk kosmetik yang sering kita gunakan. Bagaimanapun keamanan produk yang kita gunakan lebih penting hal ini untuk kesehatan kulit kita juga sebagai penggunanya. Hati – hati dan teliti saat membeli dan menggunakannya.  Kalau yang ada tertera tanggal kadaluarsanya dan itu waktunya sebentar lagi sebaiknya kita hindari. Selain agar kita bisa lebih lama menggunakannya, juga keamanan produknya. Produk yang mendekati masa kadaluarsa sebaiknya jangan kita beli. 


 Sumber Refferensi : Ummi edisi Smart seri 2 tahun 2013
post signature

Comments

  1. Hehe...ini mah bunda banget, yang gak pernah perhatiin tanggal kadaluarsa. Pokoknya udah lama gak dipake, sekalinya inget mau bersihin muka baru dipake, soalnya kadang-kadang malas juga. Tapi untuk night cream atau day cream protections kalau bunda pencet udah keluar cairan bening lebih dlu, yah, ini mah udah kadaluarsa, tapi baunya harum. Gak tsnggalnya padahal dari merk terkenal lho (BSh). Gimana tuh, Nunk, masih boleh dipake gak ya. Kalau udah keluar dulu yang cair bening baru nyusul yang liquidnya warna cream/warna kulit. Nice posting, lengkap lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mksh bunda udh mampir seneng iih, iya sama sy juga kadang suka lupa beberapa produk kapan mulai pakenya, setau sy kalo msh cairan bening ga apa2 apa lg kalo blm kadaluarsa, kec kalo udh rubah warna, tapi biar yakin bisa tanya sama SPG nya bunda kan suka ada di mall tuh :) mksh ya bunda :)

      Delete
  2. Aku ga sadar pernah pake mascara yang kayanya udah kadaluarsa deh, habisan buru2 makenya. Abis iti berasa ganjel di mata dan kayak mau bintitan rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mascara kadang memang suka cepet kering ya mba, aku dulu waktu msh muda suka rutin pake skg mah ga, ga sempet kec ada acara2 tertentu :)

      Delete
  3. Wah, bener tuh mba, bahaya juga pakai kosmetik kadaluwarsa. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, yg ga kadaluarsa ajh kadang ga cocok apa lagi yg udh kadaluarsa :)

      Delete
  4. Klo sampe yg kedaluarsa nyampe di kulit apa yg bakal terjadi ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa timbul iritasi mba ato kemungkinan keluhan pada kulit lainnya mba

      Delete
  5. Make up itu rata2 expirednya 1 tahun. Kadang gak kita perhatiin expirednya ya. Kalo aku tipsnya di labelin satu2 tanggal belinya. Supaya tahu kapan harus expirednya. 1 tahun dari tgl tersebut. Sama kayak melabeli sayuran atau ayam dan daging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba oline memang udh protect banget sama kosmetiknya ya keren mba :) mksh ya mba :)

      Delete
  6. wah, kayaknya harus periksa satu persatu kosmetik yang saya pakai nih, terutama blush on karena kosmetik yang paling jarang saya pakai yah si blush on ini..
    thanks for sharing mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya ayo mba buat kita juga, sama2 mba :)

      Delete
  7. Dulu sering banget pasang stiker di makeup, tanggal pembelian dan tanggal perkiraan expired, belakangan agak malas, karena udah jarang beli. Kalopun beli pasti bener-bener yang dipake sehari-hari dan dijamin abis dalam kurun waktu 6 bulan hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok fix habis dalam 6 bulan HAHAHA

      Delete
  8. duhhh ini mah sy bgt,secara blush on,eyeshadow skrg msh trlihat utuh pdhl belinya entah berapa abad yg lalu ^_^,berasa diingetin,makasih mba... *siap2 buang kosmetik kadaluarsa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba ceki - ceki :) ya sama2 mba :)

      Delete

Post a Comment