Saturday, 3 October 2015

Cinta Batik Indonesia



Kebudayaan bangsa Indonesia sangat banyak dan beragam. Tentunya menjadi ciri khas dan juga identitas bagi bangsa Indonesia. Banyak kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Salah satunya adalah batik, batik merupakan salah satu ciri khas dan kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Salah satu cara untuk melestarikan batik adalah dengan mewajibkan memakainya pada hari – hari tertentu terutama untuk yang bekerja di instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. Jujur saya suka batik dan bangga memakai batik. Ada banyak koleksi batik yang saya miliki.  Saat saya masih bekerja part time dan tidak ada aturan khusus untuk memakai seragam ya secara tidak langsung pakaian yang digunakan adalah bebas tapi sopan. Dan batik menjadi pilihan saya. Saya merasa lebih nyaman dan enak menggunakan batik dari pada memakai pakaian lain apa lagi dirasa kurang pas warna dan modelnya. 


Batik juga menjadi pilihan saat ada undangan pernikahan atau acara formal seperti seminar. Ada beberapa brand untuk batik yang saya suka. Sebetulnya saya tidak terlalu fanatik juga, kalau itu dirasa bahannya lembut dan nyaman saya suka. Saya lebih suka membeli yang masih berupa bahan. Karena saya suka membuat model sendiri untuk batik, lebih leluasa dan lebih pas ukurannya. Karena nyari ukuran buat badan saya yang unyu - unyu ini gampang - gampang susah juga. Jadi saya lebih enak bikin sendiri. Ada juga bentuk rok yang saya suka, tentunya atasannya harus polos ya, masa batik mau dipasangkan dengan yang corak belang atau salur. Meski zaman sekarang suka nabrak dalam hal mix and match ya setidaknya batik mah sama yang polos ajah :). 

Anak - anak juga pakai batik

Pada acara tertentu seperti menjadi panitia atau bagian dari keluarga acara pernikahan, kain batik untuk bawahan masih banyak menjadi pilihan, untuk atasannya biasanya menggunakan kebaya dengan bentuk modern. Ataupun atasan dengan model yang lagi banyak digunakan sekarang. Batik memang selalu terlihat indah bila dipadupadankan dengan apapun. Rok batik pun sekarang modelnya tidak kaku lagi seperti zaman dulu. Untuk yang memakai kerudung juga sekarang banyak model rok batik modern namun tetap menutup aurat. Keluarga kecil saya juga punya pakian batik yang sama kalau bahasa kerennya sarimbit :). Ah batik memang ga ada matinya. Banyak perancang ternama yang menjadikan batik sebagai pilihan untuk karyanya. Batik juga tidak hanya untuk dijadikan pakaian, tapi juga bisa dijadikan tas, sepatu, aksesories rumah dan lain – lain. Tetap telihat bagus dan tetap Indonesia banget. 

Bersama rekan kerja pakai batik
Batik merupakan salah satu hasil buah tangan rakyat Indonesia. Sangat perlu bagi kita untuk selalu menjaga dan melestarikannya. Membuat batik memerlukan ketekunan dan keuletan, perlu proses yang lama untuk mengahasilkan yang bagus dan berkualitas. Saya salut pada pembuat batik yang asli menggunakan tangan sendiri. Selain karena kerja kerasnya juga hasil karyanya yang membuat bangga bangsa Indonesia. Menggunakan dan merawat kain batik perlu ketelatenan dan juga hati – hati. Mencuci batik sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian lain. Dan saat menjemurnya juga tidak langsung kena sinar matahari hal ini untuk tetap menjaga kain batik tetap bagus dan tidak cepat pudar warnanya. Penting sekali dalam merawat pakaian supaya tetap bagus dan terawat. Pakaian bukan hanya berfungsi untuk terlihat modis dan rapi. Tidak hanya itu pakaian juga berfungsi untuk menutup aurat kita. 
 
Pakaian bila ditinjau dari kesehatan, mempunyai beberapa fungsi diantaranya untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar ultraviolet, melindungi tubuh dari kotoran dan debu yang dapat merusak kulit juga. Melindungi tubuh dari udara dingin. Menyerap keringat kita dan juga mempertahankan suhu badan tetap stabil. Bayangkan bila kita tidak memakai pakaian saat berada di daerah yang udaranya dingin seperti Puncak, Pangalengan atau Lembang, kalau tidak menggunakan pakaian kita bisa hyoptermi.


Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan bangsa yang satu ini dengan tetap merawat dan melestarikannya. Batik asli buatan Indonesia, batik milik Indonesia dan saya cinta batik Indonesia.
post signature

21 comments:

Rahmi Aziza said...

Aku juga punya batik banyaak, daster batik hehehe

Nunk Arif said...

tosss mba :)

Efi Fitriyyah said...

Mau dong rancangin baju batik buatku. Ya, ya, ya...? #merayu

Zaki Sulistya said...

Wah saya juga suka batik, apalagi kalo batik tulis dengan motif abstrak^^

Maya Siswadi said...

Akuuuu, banyak koleksi batik. Sampai tas juga ada yg motif batik :)

Bai Ruindra said...

Tiap Jumat Sabtu paste deh pakai batik :)

indah Juli said...

Sama seperti mak Maya, aku juga punya tas batik :)
malah beberapa pernak pernih di rumah ada yang terbuat dari batik :D
Kalau bukan orang Indonesia, siapa lagi yang banggain batik.

Inayah said...

Terima kasih untuk apresiasinya terhadap batik. Pastikan batik yang emak pakai bukan batik impor ya...

-salam dari emak2 kota batik

indah nuria Savitri said...

Saya puuun menggunakan batik di banyak kesempatan.. Begitu pula dengan wastra Indonesia lainnya ;)..

Nunk Arif said...

Jiah haha boleh lah kan kita sama2 unyu ga jauh beda modelnya haha

Nunk Arif said...

Iya batik tulis lebih bagus mas :)

Nunk Arif said...

Wah masa mba? Mau dong mba tas batiknya hihi

Nunk Arif said...

Iya mas sy juga jumat pake batik ditempat kerja :)

Nunk Arif said...

Wah hebat makpuh, iya siapa lg kalo bukan kita ya setuju :)

Nunk Arif said...

Iya sama2, mana atuh mak batiknya hihi :)

Naqiyyah Syam said...

sepakat mbk, mari kita jaga warisan budaya indonesia. aku juga cinta batik :)

Nunk Arif said...

Sippp mba, keren keren :)

Nunk Arif said...

Iya kalo bukan qt siapa lagi mba :)

Tanda Pagar said...

aku juga bangga kalo pake batik mbak, serasa mengenalkan ke yang lain, ini lho baju khas Indonesia bagus banget... :)

Nunk Arif said...

siippp deh...setuju banget :)

Tina said...

Emang batik karya nenek moyang yang membanggakan. Diluar negeri aja jadi trend pakaian batik.

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...