Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas



Kecelakaan di jalan raya kerap terjadi terlebih sekarang banyak sekali yang menggunakan kendaraan roda dua. Menurut data, kecelakaan di jalan raya lebih banyak terjadi pada pengguna roda dua. Kendaraan ini memang banyak menjadi pilihan selain lebih hemat BBM, kendaraan type ini bisa hemat waktu juga. Karena ramping jadi bisa nyelip – nyelip tuh. Menggunakan kendaraan type ini perlu ekstra hati – hati dan juga konsentrasi, meleng sedikit bisa bahaya. 

(sumber foto : www.kompasiana.com)

Diantara banyaknya penyebab kecelakaan di jalan raya, dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, saya sedikit menyimpulkan inilah beberapa penyebab kejadian kecelakaan di jalan raya yang sering terjadi :

  • Tabrakan

Setelah di singgung di atas tadi, kecelakaan karena roda dua ini bisa jadi menempati rangking pertama.  Selain karena kurang hati – hati si pengguna, juga karena kendaraan lawan juga, eit bukan lawan berantem ya, maksudnya lawan dari kecelakaan itu sendiri atau tabrakan. Misalnya pengguna motor dengan motor lagi, atau motor dengan mobil. Kalau kata pa ustad yang saya dengar, kita harus hati – hati ketika di jalan raya, setelah kita hati – hati dan itu terjadi kecelakaan itu adalah takdir.

  • Tabrak lari

Ternyata bukan hanya kawain lari ya yang ada, tabrak lari juga ada, ah udah lama juga dan sering terjadi juga kali ya kejadian ini. Tabrak lari bukan hanya terjadi di scenario sinetron ajah ya kenyataan juga banyak yang tabrak lari. Biasanya ini terjadi pada orangtua yang membawa sendiri ataupun yang diserempet terus ditinggalin dan si penabrak kabur. 

  • Nyalip kendaraan

Nyalip kendaraan memang sah - sah saja selama itu tidak membahayakan si penyalip dan juga yang di salipnya. Saat nyalip sebaiknya hati - hati terlebih bila nyalip di belokan. Begitu juga ketika nyalip dari sebelah kiri ini sangat tidak dianjurkan. Banyak tuh kecelakaan terjadi karena nyalip. 

  • Ketika nyebrang

Kecelakaan bukan hanya pada pengguna kendaraan ya, yang nyebrang juga banyak kejadian kecelakaan. Makanya kalau nyebrang harus ekstra hati – hati ya. Terutama jangan nyebrang pada saat banyak motor biasanya mereka pada ngebut tuh dan juga mereka suka kagok kalau ada yang nyebrang katanya. Jadi kalau nyebrang intinya jangan bikin kagok si pengendara, kalau mau nyebrang jangan ragu – ragu. Kadang yang nyebrang suka ragu – ragu mau nagsih jalan atau dia mau nyebrang, Itulah yang suka bikin kagok pengendara. Selain itu ketika nyebrang pastikan dari sebelah kanan mobil yang kita stop itu tidak ada kendaraan yang menyalip mobil tersebut. Sering lho penyebrang tertabrak karena dari sebelah kanan mobil yang kita stop ada mtor yang nyalip. Ya itu karena si penyebrang kurang hati – hati saat nyebrangnya. 

  • Ngebut

Nah ini juga banyak terjadi terutama pada anak muda atau yang buru – buru kerja atau kuliah. Yang ngebut ini biasanya nyalip atau kena pembatas tengah jalan itu lho pembatas yang kaya besi yang agak tipis itu lho. Saking ngebutnya kadang kepeleset pembatas itu, yang akhirnya kecelakaan tidak bisa dihindarkan lagi. Selain itu ngebut juga bisa kena lubang di jalan, biasanya kalau ngebut susah buah ngehindar kalau ada lubang.

  • Nerobos lampu merah

Lampu merah kadang memang bikin kesel ya apa lagi kalau lagi buru – buru, kezel deh pokoknya. Tapi bagaimanapun buru – burunya tetep harus hati – hati ya jangan smpai nerobos lampu merah juga. Kadang yang nerobos ngerasa yakin ga ada kendaraan dari arah yang berlawanan. Eh tiba – tiba muncul kendaraan yang ngebut dan susah buat ngerem mau gimana lagi coba, kecelakaan lagi yang ga bisa dihindarkan.

  • Mengantuk

Ini juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Selain pada pengguna motor, pengguna mobil juga sering terjadi kecelakaan karena ngantuk. Kalau ngantuk sebaiknya istirahat dulu jangan dipaksakan. Atau bisa juga cuci muka dan minum biar agak segaran. 

Itulah beberapa penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi. Mungkin masih banyak lagi penyebabnya, tapi yang saya ketahui dari banyak kejadian ini penyebab paling banyak. Hati – hati itu sangat penting bagaimanapun kita terburu – burunya, kata orang sunda mah alon – alon asal selamat :). Selalu bawa kelengkapan kendaraan dan juga atribut selalu digunakan seperti sabuk pengaman dan juga helm. Saat nyebrang harus hati – hati juga tengok kiri dan kanan, nyebranglah di area zebra cross. Kalau kata teman saya dulu, kalau kita udah nyebrang di tempat yang  seharusnya, terus misalnya terjadi apa – apa kita tidak ada akan disalahkan karena kita sudah nyebrang di tempat yang seharusnya. Jangan lupa sebelum bepergian selalu berdoa ya.


post signature

Comments

  1. disiplin berlalu lintas oarng indonesia itu kuarng sekali, suka gemes lihatnya

    ReplyDelete
  2. Kalau sendirian naik motor, kadang masih ngebut. Terima kasih sudah mengingatkan, Mbak.

    Salam kenal dari Yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba, sama2, mksh ya udh mampir :)

      Delete
  3. Postingan kita sehati Mak he he. Baru nulis soal peraturan lalu lintas juga. Yang paling sering dilihat itu nerobos lampu merah. Nggak motor nggak angkot, berhentinya sudah lewat lampu. Tengok kanan kiri kosong, langsung labas rame-rame. Mohon maaf yang begitu itu yang kampungan mbanget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa mak? hih sehati ya, iya nerobos itu bikin kesel ga tau aturan banget ^_^

      Delete
  4. Biasanya nyalip itu tuh bikin gregetan zzzz

    ReplyDelete
  5. iya anak sekolah juga banyak mba, betul hati2 dan berdoa itu paling penting :)

    ReplyDelete
  6. anak kecil nyebrang juga jadi susah ke pengendara ,, kaget banget kalau dijalan lg naik motor tibatiba ada yg nyebrang anakanak yg kejar layangan.. rem mendadak kan jadinya :(

    ReplyDelete
  7. Betul, Mbak. Lampu merah sering hanya jadi pajangan. Jalan kosong langsung jadi godaan para pengendara motor untuk melaju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba disinilah perlunya hati2 dijalan raya :)

      Delete

Post a Comment