Manfaat Cokelat untuk Kesehatan



Cokelat or chocolate…jujur saya sebenernya kurang suka. Why? Ga tau juga kenapa ya, bukan karena saya takut ngaruh ke berat badan juga. Dari dulu memang saya kurang suka. Kalau beli makanan terus masih ada pilihan rasa lainnya saya selalu pilih selain cokelat. Misalnya saya beli roti saya jarang banget pilih yang isi coklat saya pilihnya isi keju atau lainnya. Berbeda dengan anak – anak dan suami saya yang suka banget sama cokelat. Begitu juga dengan minuman, kalau masih ada pilihan cappucino atau white coffee saya pasti pilih itu. Tapi mungkin ada pengecualian buat minuman dengan rasa cokelat ini, kalau susu saya lebih suka yang rasa cokelat daripada yang putih. Menurut saya susu putih itu kurang enak dan kadang terasa bau amis. Tapi itu juga susu tertentu karena sebenernya saya juga kurang suka susu, dibanding minum susu saya lebih suka minum kopi :) 


Sewaktu kecil saya sudah cukup akrab dengan buah cokelat, meskipun kampung halam saya bukan daerah yang banyak menghasilkan cokelat, tapi ada beberapaorang yang punya pohon cokelat. Saya dan teman – teman sering tuh mencicipinya. Kita makannya kaya makan buah durian diemut  dan biji cokelatnya dibuang. Ah pokonya asik banget rame – rame makannya sama temen. Eh tapi itu bukan hasil nyuri ya buah cokelatnya :D. 

Tapi mungkin ketidaksukaan saya terhadap minuman beraorma cokelat harus terpatahkan setelah saya mencoba dark chocolate dari CNI. Ah masa seh? Beneran, awalnya saya juga ga nyangka bakal suka sama minuman cokelat satu ini. Saya menyeduhnya untuk anak saya karena dia minta susu cokelat dan di rumah persediaan susu habis terus saya punya dark chocolate CNI saya bikinin dia itu. Iseng – iseng saya mencicipinya, dan apa yang saya rasakan? Enak banget dan jadi ketagihan :). Ah nyesel saya nyoba karena jadi ketagihan neh dan kalau udah ketagihan otomatis harus beli yah. Dark chocolate CNI ini memiliki rasa dan sensasi yang berbeda  yang berbeda dengan minuman cokelat pada umumnya. Tidak membuat enek atau pahit. 

Yuk kita mengenal cokelat
Nah menurut data dari UN Food & Agriculture Organization (FAO) tahun 2012, Indonesia ini merupakan negara penghasil kakao terbesar ke-2 di dunia setelah Pantai Gading yang merupakan salah satu negara di Afrika, dengan produksi pertahunnya bisa mencapai 936 ton. Wow keren kan Indonesia.  Kakao ini merupakan bahan baku untuk pembuatan olahan cokelat seperti cokelat bubuk, permen, bar dan lain – lain. Namun di Indonesia sepertinya daya konsumsi masyarakatnya akan cokelat masih bisa dikatakan kurang hanya 0,82 g/orang/hari. Hhmm ternyata sedikit ya dikira banyak soalnya kaya yang banyak yang suka akan cokelat ini. Sedangkan masyarakat Swiss bisa mencapai 41 g/orang/hari jauh banget ya di banding dengan di Indonesia. Padahal sebenarnya cokelat ini banyak manfaatnya untuk kesehatan. Dan sebagai bentuk kepeduliannya, pemerintah mencanangkan Hari Kakao Indonesia yaitu pada tanggal 16 September hal ini supaya meningkatkan konsumsi masyarakat Indonesia akan cokelat. 


Sudahkah kita mengenal Up Hot Dark Chocolate?
Up Daark Chocolate merupakan minuman cokelat instan yang dibuat dari perpaduan bubuk cokelat, ekstrak ginseng, gula, susu skim, dan krimer nabati. Susu skim yang digunakan adalah yang rendah lemak dan tentunya rendah kalori, jadi jangan khawatir yaa. Dan jenis cokelat yang digunakan adalah jenis dark chocolate red african cocoa powder yang merupakan jenis cokelat yang diolah dari jenis tanaman kakao red african, makanya menghasilkan aroma yang harum, warna cokelat yang pekat dan rasanya yang  bikin ketagihan :). Dark chocolate ini merupakan cokelat yang mengandung kakao sebesar 70 % dan sisanya adalah lemak cokelat. Kendungan kakao pada dark chocolate ini merupakan yang tertinggi bila dibanding dengan jenis white chocolate dan milk chocolate.


Berdasarkan penelitian cokelat ini banyak manfaatnya untuk kesehatan. Mengkonsumsi cokelat jangan khawatir berpengaruh terhadap kesehatan kita termasuk berat badan, jantung dan kolesterol karena :

  1. Dengan mengkonsumsi cokelat 6,3 g dark chocolate (30 kalori) selama 18 hari, hal ini dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan peningkatan berat badan. Cokelat tidak akan membuat berat badan bermasalah karena lemak pada cokelat adalah jenis asam lemak tak jenuh oleat yang sangat baik untuk kesehatan jantung adan asam lemak stearat. Dimana jenis ini dikenal sebagai asam lemak netral yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah. 
  2. Kandungan utama cokelat juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan meningkatkan HDL dan juga menurunkan LDL. Nah jadi jangan khawatir akan kolesterol meningkat ya kalau mengkonsumsi cokelat. 
  3. Selain itu dark chocolate juga dapat meningkatkan kemampuan mata untuk melihat dalam situasi kontras rendah seperti saat suaca buruk. 
  4. Kandunagn flavanol dalam dark chocolate ini bisa membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif otak dengan cara menjaga sel – sel neuron dari kerusakan dan juga meningkatkan metabolisme struktur molekul otak yang fungsinya bertanggunag jawab terhadap daya ingat. 
  5. Phenylethylamine yang terdapat dalam dark chocolate ini akan melepaskan senyawa Endorfin yang akan mempengaruhi perasaan tertarik antara dua orang yang berbeda jenis kelamin. Makanya baik tuh mengkonsumsi dark chocolate sedikitnya sehari secangkir bisa memberikan kegairahan dan fungsi seksual yang lebih baik dibanding dengan yang tidak mengkonsumsi. Nah kalau ini hati – hati neh jangan sampai terjadi pada yang belum menikah yaa :).

Dan untuk mendapatkan manfaat dari cokelat secara maksimal, sebaiknya mengkonsumsi cokelat jenis dark chocolate atau cokelat hitam dalam bentuk minuman cokelat. Bukan dalam bentuk cokelat bar atau permen, karena dalam bentuk seperti itu lebih banyak kandungan gula dan lemaknya namun sedikit kandunagn kakao-nya. Nah yang masih suka makan cokelat bar ayo berpindah ke bentuk minuman biar lebih menyehatkan. 


Minum cokelat sebetulnya bisa kapan ajah ya sesuka hati toh bukan kaya minum obat kan:). Tapi biar lebih terasa sensai dan manfaatnya baiknya minum cokelat pada daat – saat ini :
Pagi hari
Pagi hari memang enaknya minum yang hangat – hangat dan manis ya untuk mengawali hari dan aktivitas. Dan untuk mengawali hari indah kita biar lebih bersemangat yuk minun cokelat, karena kandungan Theobromine dalam cokelat akan menghasilkan hormon serotonin dimana hormon ini akan membuat perasaan menjadi senang.
Mencari ide
Nah kabar baik neh buat blogger dan penulis yang kadang susah mencari ide, minum cokelat bisa menjadi solusi neh, karena kandungan Polifenol dalam cokelat akan membantu meningkatkan fungsi kognitif sehingga dapat memudahkan kerja otak untuk menghasilkan ide – ide baru yang lebih kreatif.
Saat sedih
Ahhh jadi melo neh, siapapun pasti pernah mengalami masa – masa yang menyedihkan, berbagai cara kadang dilakukan untuk mengusir rasa sedih. Makan, belanja, shooping, jalan – jalan, kalau masih dalam hal positif seh boleh – boleh saja ya, asal jangan lari ke hal yang negative. Nah minum cokelat ini bisa menjadi solusi neh karena kandungan Phenylethylamine dalam cokelat ini dapat meningkatkan kadar endorfin pada otak yang akan menghasilkan Dophamine yang merupakan zat yang memberikan perasaan senang dan perbaikan suasana hati.
Saat ingin rileks
Setelah seharian beraktivitas atau saat tugas menumpuk ada saatnya kita perlu suasana yang bisa membuat kita lebih rileks, lebih santai untuk menikmati sejenak istirahat dari semua rutinitas. Dengan minum cokalat akan membuat perasaan menjadi lebih rileks dan tenang karena kandungan Phenylethelamine dalam cokelat yang juga mempunyai khasiat Aphrodisiac yang akan membuat peraaan menjadi rileks. 

Ok itulah seputar cokelat, dark chocolate dan manfaatnya untuk kesehatan, buat yang belum suka silahkan bisa mencobanya, barangkali seperti saya jadi ketagihan :). Buat yang sudah sering minum, kalau itu dirasakan manfaatnya silahkan diteruskan. Cokelat merupakan salah satu pilihan dari banyaknya jenis minuman yang sekarang bermunculan dipasaran. Bagaimanapun memilih dan menentukan apa yang kita minum dan makan dengan mengutamakan kesehatan kita itu merupakan suatu usaha yang baik dalam menjaga dan mejalankan gaya hidup sehat. Menjalani gaya hidup sehat bisa diawali dari hal kecil dan dari kebiasaan kita sehari – hari. Healthy living isa easy and happy :).

Sumber Refferensi :
Leaflet Up hot Dark Chocolate CNI
post signature

Comments

  1. Cokelat oh cokelat, saya suka kalau dalam bentuk minuman....

    ReplyDelete
  2. klo sudah ditambah gula, manfaatnya berkurang ga mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udh manis mak ga pake gula juga :)

      Delete
  3. wah seger banget nih coklatnya. kalo saya dulu dapetnya lemon tea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mas? Mau dong nyoba lemon tea nya :)

      Delete
  4. Kalau makan coklat saya suka tapi kalau minum coklat belum pernah mba. Bagus juga kalau ada manfaatnya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Aku sejak kecil sangat suka coklat mba, oklat minuman, coklat sele, coklat permen.
    Hanya, sesuai pertambahan umur, sekarang hanya kadang-kadang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mba? Sy justru baru suka neh minuman coklat :)

      Delete
  6. UP Dark Choccolate ini favoritku bangeeeeeeet! Aku pernah order sebox dan abis sendirian dong wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow...aku mau dong mba dikirim sebox haha

      Delete
  7. Kalo coklat sih emang favorit banget, chocolate bar atau coklat panas, semua suka :)

    ReplyDelete
  8. Maksimal seminggu sekali aja ah, Mba. Itu juga bareng sama anak-anak.

    Hihihii
    Takut ndut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg ini ga bkin ndut mba, enak lg mba :)

      Delete
  9. haduhhh jadi ngeces, lagi pilek gini kepingin banget cokelat hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo diminum mba coklatnya biar enak ke badan tuh :)

      Delete
  10. Aku juga suka banget sama coklat, mak.. Tapi coklat putih. Kalau susu coklat ndak begitu suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coklat putih ya, aku jarang kl coklat putih soalnya ga begitu suka juga :)

      Delete

Post a Comment