Wednesday, 2 September 2015

Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit



Perilaku kita sehari – hari yang terkadang tanpa kita sadari jika dilakukan terus menerus akan jadi satu kebiasaan. Kalau jadi kebiasaan bagus seh oke oke ajah ya, lha kalau jadi kebiasaan yang buruk gimana? Bisa merugikan kita juga kan ya. Kebiasaan buruk akan jadi penyebab dari rusaknya salah satu atau seluruh bagian tubuh kita. Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan rusaknya kulit kita sendiri antara lain :

  • Kebiasaan Berlebihan

Hmmm kebiasaan ini memang kurang baik untuk segala hal, termasuk efeknya pada kulit, berlebihan minum yang manis – manis, kafein ataupun alcohol. Menurut Fedric Brandt seoarang dermatology asal New York, alkoho; dapat membuat kulit jadi dehidrasi sehingga mengakibatkan mudah kusam dan juga berjerawat. Makanan bergula juga dapat memecah kolagen dan elastin di kulit sehingga menyebabkan kulit kusam dan juga keriput.

  • Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah memang perlu selain untuk kebersihan, juga untuk merawat kulit kita, namun jika dilakukan secara berlebihan akan berakibat tidak baik juga pada kulit. Terlalu sering membersihkan wajah akan membuat kulit jadi kering. Membersihkan wajah menggunakan facial wash hanya di malam hari, sedangkan pagi atau siang cukup memakai air saja. Hal ini akan membantu kulit kita tetap lembab. Begitu juga dengan penggunaan scrub, scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Mengangkat sel kulit mati memang perlu dilakukan salah satunya dengan scrub, namun jika terlalu sering menggunakan scrub juga akan berakibat kurang baik pada kulit. Terlebih jika kulit jadi tampak merah dan berjerawat karena itu pertanda minyak alami pada  kulit kita ikut terangkat. Terkadang scrub yang mengandung exfoliator alami kasar bisa menyebabkan iritasi dan peradangan. Pengguanan scrub sebaiknya cukup sekali atau dua kali dalam seminggu.

  • Korak-korek Jerawat

Jerawat? Memang selalu bikin gemesss pengennya dijitak, eh dipecahin :) bawaannya pengen megang terus dambil di tekan – tekan, ya ga? Tapi itu ga baik lho apa lagi jika terlalu sering, baiknya cukup gunakan asam salisilat denagn bahan – bahan pelembab seperti kedelai saat malam hari.  Atau kit abisa mencoba pemberasih yang mengandung 2,5 % benzoil peroksida.

  • Kurang tidur

Bukan rahsaia lagi kalau kurang tidur berefek ga bagus, selain buat kulit jug abuat badan. Kurang tidur bisa membuat kulit  kusam dan juga mengeluarkan garis – garis halus, kantung mata dan juga lingkaran gelap di sekitar mata. Baiknya hinadari begadang ya biar pas bangun segar dan kulit juga tampak segar ga kusam. Tidur juga tidak hanya cukup dengan memejamkan mata saja lho, tapi tidur juga harus cerdas dan berkualitas. Yang harus diperhatikan saat tidur adalah sarung bantal. pada sarung bantal terdapat banyak minyak, sel kulit mati, bakteri, dan krim malam yang berasal dari wajah kita. Baiknya ganti secara rutin sarung bantal. Selain itu jika kita tidur dalam ruangan yang menggunakan AC sebaiknya sering minum air putih biar kulit kita tidak kering dan juga keriput.

  • Penggunaan Tabir Surya yang Tidak Tepat

Mengguanakan tabir surya memang baik untuk melindungi kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet. Namun hal itu harus dibarengi juga pemakaian yang tepat juga. Oleskan tabir surya dengan spectrum luas (SPF 30 atau lebih) pada seluruh bagian wajah yang mudah terkena sinar matahari dari atas hingga ke bagian leher.

  • Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Selain pengguanaan scrub yang tidak baik jika berlebihan, mencuci wajah sebelum tidur dengan tisu basahjuga  dapat menyebabkan kulit wajah kita sakit atau perih. Tidak hanya itu, ternyata prosedur ini jugadapat  membuat wajah tidak bersih sempurna. Sisa kotoran justru membuat kulit menjadi mudah berjerawat dan rusak. Sebaiknya bersihkan wajah dengan sabun pembersih seperti biasa. 



  • Merokok

Kebiasaan ini selain sangat tidak baik untuk kesehatan, juga membuat kulit tidak sehat juga. Merokok dapat memecah serat elastis kulit. Yang membuat kulit perokok tamapk kuning, selain itu juga dapat menyebabkan kulit jadi keriput dan kusam. Ga ada baik – baiknya kan merokok? Ayolah berhenti untuk kesehatan kita juga kan. 

Itulah beberapa kebiasaan yang buruk yang akan membaut kulit kita jadi tidak sehat.  belajar dan terus belajar hidup sehat lambat laun akan terbiasa. Menerapkan pola hidup sehat kukan hanya untuk kita tapi untuk generasi kita juga. Healthy living is easy and happy :) 

Sumber Referensi : 
www.msn.com  

post signature

2 comments:

Indah Primadona said...

Kalau pembersih mukanya ada scrubnya gimana mbak?

Nunk Arif said...

yg ada scrubnya sebaiknya jgn terlalu sering mba :)

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...