Manfaat Tomat Untuk Kesehatan



Tomat, si merah yang mungil ini akrab sekali dengan para ibu, karena sering nongol di dapur, di kulkas atau di keranjang sayuran. Meskipun kecil, buah yang satu ini kaya akan manfaat. Bayangkan saja coba kalau ga ada tomat gimana ibu – ibu masak, ya mungkin ga terlalu berpengaruh juga tidak seperti halnya garam, tapi masakan tanpa tomat itu akan terasa hambar. Coba gimana rasanya kalau sambal ga pake tomat, ga maknyus kan :)

 
Tomat merupakan satu – satunya buah yang termasuk sayuran juga. Hal ini karena tomat merupakam buah yang sering digunakan untuk sayuran.  Namun berdasarkan sejarah dan informasi tomat ini termasuk ke dalam keluarga buah. Karena tomat mempunyai daging dan biji, yang aman apa bila dikonsumsi. Tomat ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan karena mengandung beberapa kandungan yang diperlukan tubuh dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Adapun fungsi tomat untuk kesehatan diantaranya : 
 



  • Mengurangi kadar lemak dalam tubuh 
Nah good news neh buat yang sedang program menurunkan berat badan, tomat merupakan buah yang tidak mengandung lemak justru tomat tinggi akan kalori, protein dan juga karbohidrat. Bagi yang susah menurunkan berat badan bisa di coba neh dengan mengkonsumsi tomat neh.


  • Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh semua orang, berbagai cara dan usaha bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit ini. Salah satu kanker yang sangat ditakuti perempuan adalah kanker serviks. Dan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker ini adalah dengan pola hidup sehat, diantaranya dengan menkonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin dan juga antioksidant. Tomat mengandung banyak antioksidant, terutama flavonoid dan  zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidant, dimana antiokasidant ini merupakan kandungan yang bisa mencegah kanker. Mengkonsumsi tomat dapat mencegah beberapa jenis kanker diantaranya kanker pancreas, kanker payudara, kanker usus besar dan juga kanker leher rahim atau kanker serviks. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian atau studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute yang menyatakan bahwa terdapat hubungan konsumsi tomat dengan penurunan resiko kanker.


  • Membentuk otot

Otot merupakan bagian penting dalam tubuh, pembentukan otot yang bagus dapat membantu menjaga kesehatan. Makanan penunjang otot sanagt diperlukan dan salah satunya adalah tomat, tomat merupakan penunjang pembentuk otot karena mengandung banyak protein yang diperlukan untuk pembentukan otot.


  • Untuk kesehatan gigi dan tulang

Kesehatan gigi dan tulang sangat penting dan harus diperhatikan, kecukupan kalsium untuk gigi dan tulang sangat diperlukan. Kalsium pada pembentukan tulang diperlukan untuk pembentukan tulang yang baik dan juga mencegah terjadinya keropos. Begitu juga untuk gigi, nyeri gigi itu adalah sesuatu yang ga banget ya, ayo mau sakit gigi apa sakit hati :)
 

  • Untuk mengontrol kolesterol

Di dalam tubuh kita terdapat dau macam kolesterol baik yang dikenal dengan HDL dan juga kolesterol jahat atau LDL. Diamana jika kolesterol jahat lebih tinggi maka berbgai gangguan karena kolesterol akan terjadi seperti darah tinggi, untuk mencegahnya kolesterol yang baik atau HDL harus lebih banyak dari pada LDL dengan mengkonsumsi tomat akan membantu mengatur jumlah kolesterol dalam darah, hal ini karena kandungan  mineral yang ada dalam tomat. 


  • Untuk kesehatan mata

Sekarang anak – anak sudah banyak yang memakai kaca mata karena matanya sudah minus bisa disebabkan oleh beberapa factor diantaranya selain karena factor keturunan, karena kurang vitamin A, vitamin A ini sangat penting dan diperlukan untuk kesehatan mata. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A salah satunya dengan mengkonsumsi tomat, tomat mengandung vitamin A dan juga nutrisi lainnya seperti niacin, thiamine dan asam folat. Selain itu tomat juga bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin untuk tubuh kita, tomat memberikan 20 % kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita.


  • Untuk mengontrol gula darah

Jika dulu penyakit diabetes identic dengan penyakit orang tua, sekarang banyak usia masih relative mudah sudah terkena diabetes. Banyak factor yang menjadi penyebabnya, selain karena factor keturunan salah satunya bisa jadi karena life style yang kurang bagus dan kurang sehat, sekarang banyak sekali makanan yang bisa menjadi pemicu jika kita tidak pintar – pintar memilihnya. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, akan membantu mengontrol gura darah. Tomat mengandung kromium yang dibutuhkan tubuh agar gula dalam darah tidak mengalami peningkatan.


  • Untuk kesehatan jantung

Seperti halnya diabetes, penyakit jantung juga dulu identic dengan orang tua tapi sekarang sudah banyak usia muda sudah terkena penyakit jantung. Menjaga kesehatan jantung sangat dianjurkan, karena jantunglah yang memompa darah kita. Suka melihat orang tua kita melakukan senam jantung, atau berbagai makanan yang ditawarkan untuk kesehatan jantung? Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengkonsumsi tomat, dalam sepotong tomat dengan ukuran sedang, terdapat sekitar 235 mg kalium yang berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja dengan stabil.

Selalu menjaga pola hidup sehat merupakan cara untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Mengkonsumsi buah – buahan merupakan salah satu cara yang baik untuk selalu menjaga kesehatan. Healthy living is easy and happy :)

Sumber referensi : www.cakrawalasehat.blogspot.com


post signature

Comments

  1. baru tahu kalo tomat juga utk mengontrol kolesterol

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali manfaatnya y mbak...buah yg murah meriah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murmer tp banyak manfaatnya ya mba :)

      Delete
  3. saya paling suka tomat dijus/dibuat wedang..kalau masih baru metik suka langsung dimakan gitu aja hehehe
    salam kenal mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mba enak ya kl di wedang :) salam kenal juga mksh ya udh mampir :)

      Delete

Post a Comment