Makanan Yang Mendukung Kecerdasan Anak



Anak merupakan amanah dan juga anugerah yang tidak ternilai. Anak juga merupakan sumber kebahagiaan. Rumah terasa sepi tanpa kehadiran anak. Setelah lelah seharian bekerja anak bisa menjadi penghilang lelah ketika sampai di rumah. Canda tawa dan keriangan mereka tak ternilai dengan apapun. Ada banyak diluar sana yang berusaha ingin punya anak. Dan melakukan berbagai cara dan usaha untuk mempunyai anak. Sebagai orangtua tentunya kita selalu ingin memberi yang terbaik untuk anak. Termasuk makanan dan juga zat gizi. Kebutuhan gizi mereka penting untuk diperhatikan untuk kesehatan dan tumbuh kembang mereka. Selain untuk kesehatan, nutrisi dan gizi juga berperan dalam menunjang kecerdasan anak - anak. Tentunya anak – anak yang sehat, aktif dan cerdas merupakan harapan kita sebagai orangtua. 

Ada beberapa makanan dan zat gizi yang mendukung kecerdasan anak diantaranya :

  • Susu

Susu merupakan makanan yang pertama dikenal oleh anak sewaktu bayi berupa ASI. ASI merupakan makanan yang terbaik untuk kesehatan dan juga kebutuhan gizi anak – anak. Selain ASI yang sebaiknya diberikan sampai dengan usia 2 tahun, susu formula juga merupakan minuman yang baik untuk anak – anak. Susu merupakan minuman yang kaya akan sumber nutrisi seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B dan juga vitamin D. Nutrisi tersebut berperan dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.

  • Buah beri

Buah – buahan selain segar juga kaya akan vitamin dan juga nutrisi lainnya. Salah satu jenis buah – buahan yang berperan dalam perkembangan otak adalah jenis beri seperti strowberry, raspberry, blueberry dan sebagainya. Dari beberpaa penelitina menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memerbaiki fungsi daya ingat otak sehingga hal ini dapat meningkatkan daya ingat anak – anak. Dan biji buah beri juga yang mengandung asam lemak omega 3 yang sudah kita kenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam kecerdasan anak.

  • Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan, mudah di olah dan juga harganya relative murah. Telur banyak fungsi dan kegunaanya, selain untuk makan telur juga merupakan salah satu bahan dasar kue dan bolu. Meskipun bentuknya kecil telur merupakan salah satu sumber protein, kuning telur mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak terutama perkembangan memori atau daya ingat, dan juga meningkatkan produksi sel induk memori di otak.  Telur bisa dengan mudah dan praktis divariasikan dalam mengolahnya. Namun kita juga harus hati – hati, memberikan telur pada anak tidak boleh berlebihan, usahakan cukup satu butir untuk satu hari, kuning telur mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan anak jika dikomsumsi secara berlebihan. 




  • Kacang

Ngemil tidak hanya digemari orang dewasa, anak – anak juga kadang suka ngemil. Malah anak – anak lebih sering makan makanan ringan, snack dan sejenisnya. Kacang – kacangan merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari dan mudah didapatkan. Jika anak suka ngemil berilah ia kacang – kacangan. Kacang baik untuk di konsumsi anak – anak karena mengandung vitamin E dan antioksidant yang dapat melindungi sel – sel otak dari radikal bebas. Kacang juga mempunyai fungsi baik untuk kemampuan berpikir, selain itu bisa menajadi sumber energy karena mengadung vitamin E dan thiamin yang dapat mengubah glukosa menjadi energy. Dan menurut penelitian kacang merah mengandung asam lemak dan juga omega 3, khususnya ALA yang penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan fungsi otak.

  • Gandum utuh dan beras merah

Seperti halnya kacang – kacangan yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak – anak, biji – bijian dengan karbohidrat yang komplek seperti beras merah dan gandum utuh atau oat meal, mengandung glukosa dan vitamin B yang baik untuk kecerdasan otak karena berfungsi memelihara system saraf dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh system saraf, dan memberikanya ke seluruh organ tubuh yang aktif salah satunya otak. Gandum utuh juga mengandung vitamin E, potassium dan zinc yang mendukung tubuh dan otak untuk bekerja dengan seimbang dan juga optimal. Kandungan seratnya yang tinggi baik untuk kesehatan anak – anak, terutama pencernaannya.

  • Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan yang banyak mengandung zat gizi yang tinggi, hampir semua ikan terutama salmon baik untuk perkembanagn otak. Menurut penelitian, anak yang mengkonsumsi ikan akan memiliki daya ingat dan kemampuan nalar yang lebih tajam. Ikan salmon mengandung protein yang cukup tinggi, dan juga mangandung EFA dan DHA yang merupakan sumber asam lemak dan juga omega 3.

  • Sayuran berwarna

Sayuran merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dengan harga yang relative murah namun kaya akan vitamin dan nutrisi. Wortel, tomat, bayam merupakan sayuran berwarna yang banyak mengandung antioksidant yang cukup tinggi. Semakin cerah dan segar warna sayuran maka semakin tinggi juga kandungan antioksidantnya. Antioksidant dan nutrisi yang terkandung dalam sayuran berwarna dapat mendorong sel – sel otak untuk berkembang lebih kuat dan sehat sehingga menunjang kecerdasan otak anak. 




  • Daging sapi bebas lemak

Daging sapi selain rasanya yang enak dan banyak menjadi pilihan dalam berbagai acara, daging sapi juga baik untuk anak - anak. Daging sapi yang baik untuk anak adalah yang tanpa lemak, mengandung zat besi yang merupakan mineral esensial dimana dapat membantu anak tetap berenergi dan konsentrasi selama aktifitas dan juga sekolah. Zinc yang terdapat dalam daging sapi juga baik untuk memelihara daya ingat dan juga kecerdasan otak ana – anak. 

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu kecerdasan otak anak – anak. Makanan selain bermanfaat untuk pembentukan energy juga untuk mendukung kecerdasan otak anak. Gizi dan nutrisi akan lebih baik didapatkan dari makanan yang di olah secara natural dibanding dengan yang menggunakan bahan kimia. 

Sumber Referensi :

https://blog.tokopedia.com
 


post signature

Comments

  1. Buah berry klo di sini susah ya mb, kecuali yg dah diawetkan di supermaket

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. iya agak susah juga buah berry mah ya :)

      Delete
  2. Makanan diatas bisa buat mpasi juga ya mbakm.saya lg bgung anak saya 11 bulan lagi GTM :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisamba pinter2 kita ajah gimana buatnya, di blender atau manual, susu juga bisa kita dapatkan dari keju ayo mba smangat yaa biar si kecilnya ga GTM :)

      Delete
  3. Terima kasih sharenya ... hanya buah berry yang jarang ... sangat bermanfaat artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang agak susah ya mba, sama2 mba :)

      Delete
  4. Sayur nih yg susah buat ank2 ku.. tfs mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak2 memang kadang agak susah makan sayuran, bisa divariasikan mba cara menyajikannya, ayoo smangat yaa, sama2 mba :)

      Delete
  5. haduhhh Alfi lagi susah makan sayuran nih mbak, tapi dia suka buah sih, padahal dulu suka sayur malah minta terus, padahal sayuran bewarna sangat bermanfaat untuk kecerdasannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mba smangat yaa, salam buat Alfi ya :)

      Delete
  6. Rayyaan lagi susye makan sayur. Diumpetin dulu di olahan makananlain hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluhan ibu2 hampir sama ya anak2 ga suka makan sayur, ayo smangat yaa bu ibu, salam sayang buat Rayyan ya :)

      Delete
  7. Anakku paling ga suka makan daging, palingan susu sama telur, sayuran yang dimaem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus tuh mas, biasanya anak2 susah makan sayuran, daging bisa di blender ato dihaluskan mas :)

      Delete
  8. ikan dan hati ayam ga masuk, mba? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan kan udh mba, hati iya blm nanti sy cari refferensinya, mksh ya :)

      Delete
  9. Halo mba Nunk
    Makasi banyak ya sharingnya
    Walaupun blm menikah, ini bermanfaat pas udah punya anak ntar, hehe

    Salam kenal saya Razi mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo iya salam kenal juga, mksh ya udh mampir, buat bekel nanti udh berkeluarga ya :)

      Delete
  10. Makanan ini apa bisa juga dionsumsi ketika ibu mengandung mbak? misal jika ibu mengandung banyak makan makanan ini anaknya nanti jadi cerdas gitu.
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba waktu hamil harus makan makanan bergizi dan juga minum vitamin untuk ibu hamil dan juga suplemen yang bisa membantu mencerdaskan anak sejak dalam masih kandungan, beberapa bulan yang lalu juga saya mendapat informasi dari dokter yg care banget sama gizi dan kesehatan beliau mengatakan makanan untuk anak - anak kandungan gizinya yang terpenting adalah saat masih salam kandungan dan juga setahun pertama pertumbuhan

      Delete

Post a Comment