Thursday, 13 August 2015

Cantik Dan Sehat Dengan Buah



Cantik...
Ingin rasa hati berbisik
Untuk melepas keresahan
Dirimu

Cantik...
Bukan ku ingin mengganggumu
Tapi apa arti merindu
Selalu...Ooo...


Ada yang masih ingat dengan lirik lagu itu?  Yang masa remajanya ada di tahun 90an pasti ingat dengan lagu itu, yup Cantik, lagu dari Kahitna yang sangat ngehits waktu itu dan sampai sekarang juga msih enak untuk didengar apa lagi buat yang mau bernostalgiaan :)

Cantik...dan menjadi cantik serta adalah dambaan semua perempuan, meskipun cantik itu sebenarnya relative. Persepsi cantik tiap orang pasti beda. Sepertinya sah - sah saja dan manusiawi jika ingin terlihat cantik. Dan tidak ada salahnya untuk berusaha tampil cantuk dan juga merawat kecantikan. Ada banyak cara yang bisa dilakukam untuk terlihat cantik dan sehat.  Salah satunya dengan sering makan buah - buahan. Makanan segar ini memang banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan. Saya sendiri suka hampir semua buah - buahan meskipun saya kadang tidak setiap mengkonsumsi secara rutin :) Ada banyak buah - buahan segar yang bisa kita konsumsi, dari sekian banyak buah - buahan ada beberapa yang bisa membantu memancarkan kecantikan diantaranya : 
  • Pepaya
Buah ini bisa dikatakan buah yang merakyat, semua kalangan bisa memakannya karena harganya      yang relative terjangkau dan juga mudah untuk didapatkan. Di daerah - daerah juga bisa dengan mudah mendapatkan buah ini. Meskipun ada beberapa jenis buah pepaya yang harganya lumayan. Manfaat dari buah pepaya ini sudah diketahui sejak lama, bahkan dipasaran ada sabun cuci muka dari pepaya yang dipercaya bisa mencerahkan kulit wajah. Pepaya ini banyak mengandung vitamin A, C, E dan lycopene dimana zat ini berfungsi sebagai antioksidan. Pepaya juga memiliki enzim yang disebut papain yang dapat memebantu regenerasi kulit.


  • Pisang 
Pisang hampir sama dengan pepaya mudah didapatkan dan harganya yang relative terjangkau. Buah ini banyak nama dan jenisnya. Dan juga bisa dijadikan beberapa olahan, teramsuk ketika saat sahum ramadhan buah ini terkenal untuk dijadikan kolak dan selalu menjadi buruan ibu - ibu. Begitu juga saat pagi hari suka dijadikan pisang goreng. Pisang ini mengandung potasium yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit, dan juga dapat membuat kulit menjadi bercahaya. Selain itu pisang juga mengandung serotonin yang bisa membuat mood kita segar. Selama ini kita selalu membuang kulit pisang setelah kita makan habis pisangnya. Nah sekarang jangan dulu langsung dibuang karena kulit pisang ini mengandung banyak nutrisi untuk kulit. Usapkan kulit pisang pada wajah, hal ini akan mengangkat sel kulit yang mati dan bisa mencerahkan juga mencerahkan kulit.
  • Delima 
Selama ini kita sering banget mendengar dan mengetahui manfaat dari antioksidant, nah buah delima ini mengandung tiga kali lebih banyak antioksidant dibanding dengan anggur merah. Selain itu buah yang satu ini banyak mengandung vitamin dan juga zat aktif lainnya yang bisa melindungi kulit dari sengatan sinar ultra violet.

  • Jambu biji
Jambu biji ini salah satu buah kesukaan saya karena selain enak juga rasanya yang ada asem - asemnya. Buah ini bermanfaat juga untuk yang sedang menderita demam berdarah. Selain manfaat tersebut jambu biji ini juga banyak mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A dan juga B1.  Jambu biji ini juga terkenal dengan buah yang kaya vitamin C yang tinggi bahkan  lebih tinggi jika dibanding dengan jeruk. Jambu biji juga bisa langsung digosokkan ke muka seperti halnya kulit pisang. Hal ini akan memngangkat sel kulit mati juga.



  • Sirsak 
Sirsak ini sama halnya jambu biji, sirsak kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi sirsak setiap hari, kebutuhan vitamin C kita sudah terpenuhi. Selain vitamin C, sirsak juga kaya akan antioksidant yang tinggi, yang berkhasiat untuk membuang racun - racun yang ada di dalam tubuh, berfungsi untuk memperlambat proses penuaan juga, dan untuk mencegah kanker.

Itulah beberapa buah - buahan yang membantu memancarkan kecantikan kulit kita. Untuk menjadi cantik tidak selalu identik dengan perawatan mahal,  dengan menjaga pola makan, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, olah raga, banyak minumm air putih dan makan sayuran akan membantu menjadi cantik dan juga sehat.

Sumber Referensi : Ummi edisi Smart Seri 2 tahun 2013
 post signature

8 comments:

Gustyanita Pratiwi said...

saya suka banget pepaya...
selain bisa ngatasi dehidrasi
manisnyaaaa juga bikin nagih

irma susanti said...

Itu Lagu kenangan jaman SMA mak hi hi hi
Sehat memang ya buah 2 itu ya mak

Heni Puspita said...

buah delima ini mengandung tiga kali lebih banyak antioksidant dibanding dengan anggur merah > kayaknya lebih murah juga ya

By the way saya sudah follow blog nya #35 (ngarep di follow balik he he), baru manjat thread follow-follow an di KEB. Terima kasih :)

By the way saya sudah follow blog nya #35 (ngarep di follow balik he he), baru manjat thread follow-follow an di KEB. Terima kasih :)

Nunk Arif said...

siiaap maaak :)

Nunk Arif said...

Masa mak hihi, iya buah selain segar jugabikin sehat :)

Nunk Arif said...

iya pepaya selalu rasanya manis ya semanis warnanya :)

Ahliah Citra said...

Buah memang banyak manfaatnya.

Anak-anak agak susah tapi nih kalau disuruh makan buah

Nunk Arif said...

iya banyak mba, anak2 biasanya pilihan sukanya kalo buahnya warna cerah biasanya suka mba :)

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...