Saturday, 15 August 2015

Ayam Plecing Kangkung

Ketika kerja dan saatnya makan siang kadang bingung juga harus makan apa, nasi padang, mie baso, mie ayam, lotek?  ahhh apa yaa? Iseng tanya - tanya temen katnya ada tempat makan baru sekitaran tempat kerja dengan menu andalannya ayam plecing kangkung. Wow apa itu? Kalau ayamnya seh ga asing ya, dan itu salah satu lauk kesukaan saya juga, nah kalau plecing kangkungnya apa tuh? Kalau kata temen seh enak dan maknyus, penasaran juga jadinya neh dan yang pasti seh neh perut udah keruyuk - keruyuk :) 

Tempatnya ga begitu jauh dari tempat kerja malah cuma berjarak beberapa meter, saya sama temen langsung kesana buat pesan dan di antar ke tempat kerja.Sebetulnya di tempat makan ini ada banyak menu lainnya tidak jauh beda dengan tempat makan biasa. Cuma yang terkenal dan mungkin menu andalannya ya  ayam plecing kangkung.



Jadi plecing kangkung itu ayam goreng, ditambah rebusan kangkung kemudian di atas kangkung dikasih sambal tomat. Bisa di tambah perkedel perkedel sama tahu goreng, mau ayamnya ajah sama kankung juga boleh. Tentunya harganya berbeda yang kumplit ditambah tahu goreng sama perkedel sama yang cuma ayam goreng ajah. Itu kembali ke selera dan kantong juga ya :) 

Kalau untuk plecing kangkungnya itu sendiri, berdasarkan informasi, plecing kangkung ini merupakan masakan khas Bali dan juga Lombok. kita juga bisa membuat di rumah sendiri. Kangkung cukup direbus, nah lebih sehat kan karena tidak di goreng atau di tumis. Kemudian kita buat sambal tomat untuk kangkung tersebut. Sambal tomatnya tidak jauh berbeda dengan kita bikin di rumah seperti biasa. Hanya tomat, bawang merah, bawang putih, rawit, kemiri, terasi dan juga bumbu, kemudian di ulek, yang kurang atau tidak suka terasi ga pakai terasi juga tidak apa - apa, saya juga kurang suka terasi. Untuk sambalnya sendiri sepertinya tergantung selera bisa di rebus atau di goreng ya :)




Bebicara kangkung, kangkung ini merupakan salah satu sayuran yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Malah kangkung ini terkenal dengan sayuran yang bisa meningkatkan zat besi, jadi jika ada yang kekurangan zat besi, pertama yang terlintas dalam benak kita salah satu sayuran yang bisa membantu meningkatkan zat besi adalah kangkung. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, manfaat kangkung untuk kesehatan diantaranya :
  1. Meningkatkan kesehatan tubuh 
  2. Mengatasi insomnia
  3. Kaya akan mineral, salah satunya adalah zat besi
  4. Menghilangkan bau mulut 
  5. Mengontrol jumlah trombosit 
  6. Mengurangi stres
  7. Menurunkan gula darah
  8. Mengobati sakit gigi 
  9. Meningkatkan nafsu makan
  10. Menyehatkan penglihatan
  11. Untuk kesehatan hati 
  12. Anti toksin dan mencegah sembelit
Nah makankangkung sehat kan? buat yang ga punya masalah sama asam urat aman ya, tapi kalau yang punya riwayat asam urat harus hati - hati, makan sedikit saja bisa langsung kerasa tuh asam uratnya. Masih banyak sayuran yang lain yang tidak kalah bagus dan sehat ya :)
post signature

10 comments:

Ummi Nadliroh said...

Ayam plecing kangkungnya bikin ngiler, Mak... :)

Tian Lustiana said...

Kangkung emang enak tapi suka ngantuk yah :D, kenapa itu?

Efi Fitriyyah said...

Makan kankung emang obat tidur yang mujarab hehehe... Sukses ngeces. Duh jadi pengen bikin deh.

turiscantik.com said...

saya pernah makan plecing kangkung yang enak banget dilombok sejak itu kalau lagi kangen suka cari di jakarta sayang rasanya ngak ada yang sama enaknya hehe

Gustyanita Pratiwi said...

meski sayur sederhana, kasiatnya banyak juga ya mb kangkung tu

kangkung plecing...aku suka banget apalagi ada cocolan sambel dan kacang gorengnya wuiihhh maknyus

Rahmi Aziza said...

Banyak ya manfaat kangkung, tapi sekarang udah jarang masak soale di rumah yg suka aku tok. Ynag lain plg sukanya sop, bayem

Nunk Arif said...

Neh Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat kita mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap.

Nunk Arif said...

bikin sendiri ajh mba :)

Nunk Arif said...

iya dirumah sy juga jarang masak kalo di rumah :)

Nunk Arif said...

Dulu sy juga sama di rumah jarang bikin, ternyata anak2 sekarang suka sama kangkung jadi sekarang kadang2 suka bikin juga :)

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...