Tuesday, 7 July 2015

Pap Smear



Pap smear sebetulnya mungkin tidak aneh lagi bagi kita perempuan. Karena ini merupakan pemeriksaan yang hanya dilakukan untuk perempuan. Namun terkadang karena suatu dan lain hal perempuan merasa takut dan masih belum siap untuk melakukan pap smear. Sebetulnya perlukah seorang perempuan pap smear? Apa tujuan dilakukannya pap smear? Inilah penjelasan singkat tentang pap smear.

Apa itu pap smear?

Pap smear adalah suatu pemeriksaan pada perempuan dengan mengambil contoh atau sample dari sel – sel leher rahim untuk bahan pemeriksaannya, kemudian di analisa di laboratorium. Atau bisa dikatakan juga Pap smear merupakan alat skrining untuk mendeteksi kanker serviks. Adapun wilayah kewanitaan yang diperiksa meliputi sel-sel dari leher rahim hingga panggul.

Serviks atau leher rahim merupakan organ pada perempuan yang paling rawan terkena penyakit. Dan  yang paling berbahaya adalah infeksi dari virus yang bisa menyebabkan kanker serviks, yaitu HPV (human papillomavirus). Pap smear merupakan metode paling efektif untuk mencegah kanker serviks dengan deteksi dini.

Perlukah perempuan pap smear?

Inilah yang sering muncul dalam benak kita perempuan. Perlukah pap smear buat kita perempuan? Pap smear dianjurkan untuk perempuan yang sudah menikah, sudah pernah melahirkan atau sudah aktif berhubungan seksual, karena biasanya pada usia tersebut alat reproduksi pada wanita telah berkembang sempurna.

Apa tujuan dari Pap Smear?

Pap smear ini merupakan langkah awal dari pemeriksaan leher rahim (serviks). Dimana pemeriksaannya dilakukan oleh bidan ataupun dokter spesialis Kandungan. Pap smear ini bertujuan untuk mengetahui adanya HPV (Human Pappiloma Virus) ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim. Selain itu, dengan tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan.

Kapan sebaiknya dilakukan pap smear?

Pemeriksaan ini dapat dilakukan kapan saja dalam arti tidak  sedang dalam masa menstruasi (haid) atau sesuai dengan petunjuk dokter. Pap smear sebaiknya dilakukan 1 kali setahun oleh setiap wanita yang sudah melakukan hubungan seksual.

Adapun saran dari dokter tentang kapan tepatnya perempuan harus melakukan tes pap smear yaitu:

1.      Perempuan telah menikah
Pap smear hanya boleh dilakukan pada perempuan yang sudah menikah. Atau perempuan           yang  aktif melakukan hubungan seksual. Pap smear tidak boleh dilakukan pada gadis yang masih perawan, dikarenakan hal ini terkait prosedur pemeriksaannya, dimana pap smear ini dilakukan dengan cara memasukkan alat pemeriksaan ke rongga vagina.
2.      Perempuan di atas 30 tahun
Hal ini karena dokter meyakini pada usia di atas 30 tahun perempuan lebih beresiko terkena kanker serviks, jadi sebaiknya perlu dilakukan tes pap smear secara teratur. Biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan dilakukan minimal setahun sekali.

Sedangkan waktu  yang tepat dianjurkan untuk melakukan pap smear agar hasilnya optimal diantaranya :
1.  Pap smear sebaiknya dilakukan sekitar 5 hari setelah haid, hal ini agar leher rahim bersih dari sisa-sisa darah haid. 
2.  Pada saat dua hari sebelum melakukan Pap smear, sebaiknya menghindari: membersihkan vagina dengan krim atau sabun jenis apa pun, penyemprotan obat  atau larutan tertentu ke arah liang vagina, menggunakan tampon atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagina, misalnya jeli untuk KB.
3.   Menghindari hubungan intim suami istri.
4.  Sebaiknya tidak mandi berendam dalam bath tub ketika menjelang dilakukan Pap smear, hal ini menghindari ada sisa-sisa sabun yang tertinggal atau masuk ke vagina selama berendam.
5.  Pap smear tidak dianjurkan pada wanita yang sedang hamil

Itulah informasi seputar pap smear, bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati, mengobati secara dini lebih baik daripada terlambat, semoga bermanfaat.


(Sumber gambar : www.meetdoctor.com)


Sumber Referensi :

www.tanyadok.com

www.ayahbunda.co.id

www.meetdoctor.com


1 comments:

nunk arif said...

hehe iya mba,,, harga relative murah sebenarnya m, tapi tergantung dimana kita periksanya suka beda - beda :)

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...