Serunya Mudik



Semenjak saya tinggal di Bandung, tradisi mudik sudah merupakan satu keharusan buat saya. Karena keluarga besar saya berada di kota kecil jauh disana, ya kota Ciamis. Selain merupakan kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga besar, juga untuk silaturahmi. Karena kapan lagi bisa berkumpul seru dengan keluarga besar selain pada saat lebaran. Meskipun ibu sudah tidak ada, masih ada bapak, kakak dan keluarga besar lainnya disana. Saya juga tiap pulang kesana selalu ke makam ibu saya untuk berziarah inilah saat yang selalu membuat saya tidak bisa menahan air mata pada pada saat ziarah. Mudik memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dibanding dengan perjalanan lainnya. Salah satu yang menjadi ciri khas mudik adalah macet. Meskipun macet sangat melelahkan dan menyita waktu, namun itu merupakan keseruan pada saat mudik, kata sebagian orang mudik ga seru kalau ga macet :) 


Rumah keluarga besar saya khususnya orang tua saya berada di Ciamis. Kota Ciamis dikenal dengan sebutan kota manis, merupakan bagian dari wilayah Jawa Barat. Merupakan kota persinggahan untuk istirahat sejenak dalam perjalanan menuju pulau Jawa bagian tengah dan timur. Berbatasan dengan kota Tasikmalaya dan kota Banjar. Penduduk Ciamis adalah orang sunda asli, ada juga yang merantau atau bukan orang ciamis namun lahir dan besar disana. Dengan mayoritas matapencaharian penduduknya adalah petani, ada juga yang mengadu nasib ke kota kembang ataupun ke wilayah Jabodetabek. Tidak sedikit juga yang membuka usaha sendiri disana ataupun dinas di Instansi pemerintah dan swasta.

Taman Raflesia di alun - alun Ciamis

Dari Bandung menuju Ciamis jika tidak terkendala oleh macet yang panjang karena mudik lebaran, sebetulnya bisa cepat hanya dalam waktu 4 jam sudah sampai. Namun jika saat – saat mudik bisa memakan waktu hingga 8 atau 10 jam untuk sampai kesana. Karena terdapat beberapa titik area macet pada saat mudik, yang paling terkenal adalah Nagreg. Nagreg adalah area yang selalu dipenuhi dengan antrian kendaraan. Terlebih pada saat mudik, antrian ini bisa sangat panjang dan terkadang  berhenti total. Pada saat kondisi macet seperti ini sebaiknya kita menggunakan kendaraan yang tidak terlalu lebar untuk mempermudah menyesuaikan pada kondisi jalan yang sedang dipadati dengan kendaraan.   Dalam hal ini Agya bisa menjadi pilihan yang tepat dan juga rekomendasi untuk nanti yang akan melakukan perjalanan mudik saat lebaran tiba.

Kemacetan di Nagreg saat mudik lebaran
(sumber : www.tribunnews.com)
Jika dari arah yang berlawanan sudah ada Lingkar Nagreg, Nagreg ini merupakan jalur penghubung antara Bandung dengan kota - kota Priangan Timur seperti Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis. Lingkar Nagreg ini  setidaknya bisa mengurangi kemacetan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung. Lingkar Nagreg ini jalan baru yang dibangun pada tahun 2006 dengan membelah bukit Leuweung Tiis atau Citiis menjadi 2 bagian, dan jadilah sebuah jalan alternatif yang sangat indah dan menarik. Kita bisa merasakan sensasi yang berbeda pada saat melewati terowongan dan juga jalan sepanjang lingkar Nagreg. Tidak jarang disepanjang terowongan banyak yang berfoto – foto bahkan ada juga yang melakukan sesi foto prawedding disana. 

Lingkar Nagreg


 Lingkar Nagreg

Ciamis yang dulunya identik dengan Pantai Pangandaran yang sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara,  setelah ada pemekaran pantai ini terpisah dari Ciamis dan menjadi bagian dari kabupaten Pangandaran. Begitu juga dengan tempat wisata Green Canyon yang berada di Cijulang.  Kedua tempat wisata itu kini sudah bukan merupakan bagian dari Ciamis lagi, tapi sudah masuk ke bagian kabupaten Pangandaran. Inilah sebagian dari keindahan Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran - Jawa Barat

Pantai Pangandaran - Jawa Barat

Pantai Pangandaran - Jawa Barat


Tapi hal itu tak mengurangi indah dan nyamannya kota Ciamis. Di Ciamis kini ada tempat wisata yang bisa dikatakan masih baru karena operasionalnya masih belum begitu lama, masih hitungan tahun. Namun tempat ini langsung ramai dan meriah. Terlebih pada saat liburan dan juga lebaran. Tempat wisata ini adalah Icakan, tempat wisata yang berdiri ditengah – tengah alam pegunungan. Didirikan oleh seorang putra daerah, asli  Ciamis yang ingin memajukan daerahnya sendiri. Disana kita bisa menikmati indahnya pemandangan dan juga arena wisata yang bermacam – macam. Meski belum begitu lama, tapi kemajuannya terhitung cepat. Icakan merupakan wahana rekreasi yang awalnya adalah hutan, disulap  menjadi tempat rekreasi, Mega Wisata Icakan Waterpark Ciamis. Di sana juga disediakan tempat mancing, ada pula yang penyewaan kuda, kita bisa mengitari daerah Icakan dengan kuda. Selain kuda ada mobil atau kereta yang bisa digunakan untuk keliling icakan. Untuk yang suka berenang ada wahana untuk berenang, ada water boom dan kolam ombak  disana kita bisa tiduran santai di ban dengan menikmati guncangan ombak.


Mega Wisata Icakan Waterpark Ciamis - Jawa barat 
(sumber : www.icakan.co.id)


Mega Wisata Icakan Waterpark Ciamis - Jawa Barat
(sumber : www.icakan.co.id)

Selain itu ada Kolam Renang Cipangalun, ini juga sama didirikan oleh seorang pengusaha asal Ciamis. Kalau tempat ini dekat dengan lokasi rumah saya. Bahkan anak – anak saya kalau liburan kesana selalu minta untuk berenang kesana. Kolam renang dengan air asli pegunungan. Airnya bukanlah air panas.  Namun walaupun demikian airnya tidak terasa dingin banget, karena berada langsung dibawah sinar matahari. Apalagi jika berenangnya belum terlalu siang bisa sekalian berjemur tuh :) 

Kolam Renang Cipangalun Ciamis - Jawa Barat


Kolam Renang Cipangalun Ciamis - Jawa Barat


Kolam Renang Cipangalun Ciamis - Jawa Barat
 
Kolam renang Cipangalun ini terdiri dari macam – macam kolam dari mulai untuk anak – anak yang masih balita dengan desain yang waran – warni yang menambah anak – anak betah dan senang berenang. Begitu juga untuk anak – anak yang sudah bisa berenang sendiri hinga yang dewasa dengan berbagai macam variasi kolamnya. Kolam ini seakan menjadi solusi untuk kebutuhan olah raga renang bagi anak – anak sekolah disana, dan juga tempat rekreasi. Dimana renang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan. Dan itu lebih lagi jika sudah diperkenalkan pada anak sejak usia dini. Renang juga merupakan salah satu olah raga yang bisa memepercepat pertumbuhan tinggi badan pada saat masa pertumbuhan. Disana juga ada tempat untuk futsal dan juga masjid untuk sholat. 

Itulah cerita seru saya jika mudik ke Ciamis, meskipun sekarang saya tinggal di Bandung, namun tetap saya selalu merindukan kota kecil itu. Ciamis buat saya sangat bermakna, ada banyak story dan history disana yang tidak mungkin saya lupakan. Pada saat akan mudik, jauh – jauh hari kita harus mempersiapkan kendaraannya. Dan untuk mudik ke Ciamis ataupun kota lainnya, tentunya kita perlu mobil yang benar – benar efektif dan efesien, artinya selain hemat bahan bakar, juga harus nyaman di bawa kemana-mana, selain itu tampilannya juga harus keren dan modis, dan menurut saya Agya cocok nih sebagai pilihan kendaraan yang digunakan untuk mudik, karena Agya sudah LCGC yang tentunya hemat bahan bakar tepat banget kan saat perjalanan mudik yang jauh kita perlu kendaraan yang hemat bahan bakar apalagi sekarang harga bahan bakar yang terus naik. 



Selain itu fiturnya pun lengkap banget dan tampilannya keren, cocok banget buat kita yang sedang mencari mobil yang cocok buat menemani aktivitas sehari-hari dan juga untuk digunakan mudik. Di dalam interiornya terpasang sistem hiburan 1 DIN Integral Audio yang akan memutar media seperti CD/MP3/USB/AUX cocok banget neh sama saya yang suka  mendengarkan musik, meskipun suara saya bicara ajah ga enak didengar :) , tapi saya suka banget sama musik. Sepertinya ga enak juga kan kalau  perjalanan tanpa musik. Selain itu Agya ini dilengkapi dengan seatbelt dikursi belakang pas banget buat yang memiliki anak yang masih kecil. Buat yang mau mudik lebran jangan bingung - bingung pilih kendaraan untuk mudik jadikan Agya sebagai pilihan yang tepat.

post signature

Comments

  1. seru mudiknya... ternyata asyik juga ya wisata sambil mudik...

    ReplyDelete

Post a Comment