Monday, 22 June 2015

Cermat Memilih Tabungan



Berbicara masalah keuangan seakan tidak ada habisnya. Uang memang bukan segalanya tapi untuk semua kebutuhan kita memerlukan uang sebagai alat transaksi. Meskipun dengan seiringnya kemajuan jaman dan teknologi pembayaran tidak harus dengan uang tunai, bisa menggunakan credit card ataupun debit, tapi tetap saja hal itu diselesaikannya dengan uang. 

Uang jika kita tidak bisa mengaturnya akan menjadi bumereng pada kita sendiri. Berapapun uang yang kita pegang akan habis jika digunakan untuk gaya hidup, bukan untuk kebutuhan hidup. Memiliki tabungan adalah salah satu usaha untuk menyisihkan uang kita dengan cara yang aman, yang tentunya kita juga harus pintar – pintar memilih Bank untuk tempat menabungnya. Karena sekarang banyak sekali Bank yang menawarkan produk mereka dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Nah daripada pusing – pusing cari referensi buat jadi pilihan, sekarang mudah banget ada yang menyediakan berbagai jenis tabungan dari berbagai Bank yang ada di Indonesia. Kita bisa bebas mencari informasinya secara detail disana tanpa harus merasa malu oleh siapapun. Ada banyak program tabungan yang bisa menjadi pilihan di cermati




Adapun jenis tabungan yang ada di cermati diantaranya : tabungan biasa, bisnis bisnis, tabungan anak, tabungan pensiun, tabungan pegawai dan juga tabungan haji. Tabungan biasa adalah tabungan sebagaimana halnya kita menabung, bisa di ambil kapan saja kita mau. Tabungan bisnis itu untuk lebih memantau bisnis kita, setiap transaksi ke rekening kita ada laporannya atau notifikasi. Tabungan anak sekarang hampir semua Bank ada, ditabungan tertulis nama anak kita sendiri, seperti halnya tabunag di sekolah mereka. Tabungan pensiun itu untuk persiapan kita nanti dihari tua. Biasanya ada kontrak dan perjanjian tertentu dengan pihak Bank. Tabungan pensiun ini seperti halnya kita pegawai negeri sipil yang mendapat pensiun, namun untuk teknis dan lain – lainnya ada perjanjian dan juga aturannya pada masing – masing Bank. Tabungan pegawai ini, bila suatu perusahaan memberikan gajinya melalui Bank tertentu sehingga ketika pada waktunya gajian karyawan tinggal ambil di Bank tersebut, apakah melalui ATM ataupun secara manual. Sedangkan tabungan haji adalah persiapan untuk berangkat haji, ada aturan dan juga mekanisme tersendiri untuk tabungan haji ini.   


Diantara jenis tabungan yang ada di cermati, yang sudah saya miliki selain tabungan sendiri, juga tabungan anak – anak dari salah satu Bank. Melatih dan mengajarkan menabung pada anak adalah cara yang baik dan bijak yang bisa diterapkan dari kecil. Anak akan terbiasa menyisihkan uangnya untuk menabung dan juga mereka terlatih untuk tidak hidup boros. Dengan menabung dan membawa bekal dari rumah mereka akan terbiasa hidup hemat dan juga hidup sehat.Mereka di sekolah akan terbiasa tidak jajan sembarangan yang akan berdampak pada kesehatan mereka. Menabung banyak sekali manfaatnya selain untuk menyimpan uang kita ditempat yang aman, juga suatu saat bisa di ambil untuk keperluan yang mendesak atau memang untuk keperluan yang telah direncanakan. Menyisihkan dana untuk kesehatan juga adalah hal yang tidak kalah penting. Karena yang namanya musibah berupa terganggunya kesehatan itu adalah hal yang tidak bisa di duga. Tidak ada salahnya untuk berjaga – jaga.
post signature

8 comments:

noniq said...

Saya juga suka menabung nih hihihih... Mbak Nununkk yuk saling follow hahaha... ^^

Mutia Nurul Rahmah said...

kadang bingung mau milih apa..hehe

btw follbek ya maak.. http://mutheas.blogpsot.com

Nindya Prayastika said...

follback blog saya ya mak http://republiknindy.blogspot.com/ #KEB

nunk arif said...

siapp :)

nunk arif said...

ok maak :)

nunk arif said...

ok makkk :)

Lahiya said...

bahkan menabung di bang manapun perlu cermat ya...

kayanya saya jd mau pelajari lbh lanjut ini ke web cermati

Bang Tohir said...

Kalau buat mahasiswa tabuangan buat wisuda sama rencana nikah yang bagus apa ya? ...

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...