Friday, 24 April 2015

Memilih Sepatu Untuk Kesehatan Kaki





Berbicara mengenai fashion dan style perempuan seakan tidak ada habisnya. Dari ke waktu terus berkembang seiring perkembangan jaman. Sepatu salah satunya, sepatu merupakan hal yang penting buat perempuan, karena akan menunjang penampilannya. Sepertihalnya tas, pakaian atau accessories. Bahkan ada ahli fashion yang mengatakan bahwa sepatu merupakan penentu  style seorang perempuan, perempuan itu akan terlihat berbeda, lebih menawan, lebih modis dilihat dari sepatunya. Perempuan juga selalu melakukan mix and match penampilannya mulai dari kerudung atau rambut, pakaian, tas dan sepatunya. Menurut beberapa ahli perempuan juga bisa terlihat karakter dan kepribadiannya dengan kebiasaanya menggunakan model sepatu.

Berbicara tentang sepatu, kita juga harus ingat  dengan kesehatan kaki juga. Karena beberapa model sepatu tidak baik jika digunakan dalam penggunaan lama., akan berpengaruh terhadap kesehatan kaki. Ketika memilih dan  menggunakan sepatu ada baiknya kita memperhatikan kesehatan kaki kita juga. Alih – alih ingin telihat cantik dan menarik dengan memakai sepatu yang harganya selangit tapi kaki kita malah jadi korban. Karena  sepatu yang salah malah dapat membuat bentuk kaki kita menjadi tidak bagus. Berikut ini adalah tips dan hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu yang tepat dan sehat: 

1. Tinggi hak sepatu
  Sepatu dengan hak tinggi atau high hills sering menjadi pilihan banyak perempuan. Dengan pertimbangan karena sepatu berhak tinggi ini akan menambah menarik penampilan dan menambah percaya diri. Namun sebaiknya kita hati – hati untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi ini, pada penggunaan waktu lama sepatu hak tinggi ini lain dapat menyebabkan kaki lecet dan bengkak pada bagian belakang tumit dan juga nyeri pada kaki. Pada saat kita berjalan dengan sepatu berhak tinggi, lutut akan sedikit menekuk sehingga menambah beban pada lutut. Sebaiknya menggunakan sepatu dengan hak tinggi tidak lebih dari 2,5 cm. Jika kita ingin menggunakan sepatu dengan hak tinggi, pilihlah sepatu dengan hak yang agak lebar, tidak terlalu runcing ini. Hal ini karena akan  membantu  kita memiliki keseimbagan pada saat berjalan, sehingga akan terhindar dari  terjatuh dan terkilir. 

2. Bentuk dasar sepatu
  Ketika memilih sepatu, perhatikanlah  bentuk dasar dari sepatu,  apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik atau tidak. Dengan kita memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki kita berada dalam posisi yang nyaman sehingga hal ini mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut. Flat sheos sekarang banyak menjadi favorite sebagian perempuan, karena dirasa lebih simple dan enak digunakan. Sebaiknya pilihlah flat shoes yang bagian dasarnya mendukung lengkungan telapak kaki.  Dalam hal ini sepertinya sandal yang lebih tebal dapat menjadi pilihan untuk bentuk alas kaki yang lebih sesuai dengan lengkungan telapak kaki, ketimbang sandal jepit. Karena sandal jepit ini sama halnya dengan sepatu datar, sandal jepit tidak memberikan sokongan yang baik terhadap lengkungan telapak kaki. Selain itu, minimnya perlindungan terhadap kaki, menyebabkan penggunaan sandal jepit dapat membuat kaki pemakainya mudah terluka.  Jika diperlukan kita dapat menambahkan produk alas kaki tambahan yang ergonomis, yang sudah banyak hadir di pasaran secara terpisah dari sepatu. Dengan demikian, potensi cedera kaki dapat terhindari, dan kesehatan kaki pun terjaga.
 
Sumber : Shopious
3. Ukuran sepatu
  Ukuran sepatu sepertinya bukan hal yang perlu dibahas karena semua orang tentunya akan membeli sepatu sesuai dengan ukuran kakinya masing – masing. Namun terkadang ada perempuan ketika memilih  sepatu justru memilih memilih ukuran sepatu yang satu ukuran lebih kecil dengan tujuan agar kakinya terlihat indah. Hal ini dapat menyebabkan kaki pemakainya menjadi tidak indah setelah melepas sepatunya. Dimana kaki bisa lecet, terjadi kapalan, mata ikan, bagian-bagian kaki dengan kulit yang mengeras dan bersisik, dan lain – lain yang sangat tidak diharapkan. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kaki, tidak kekecilan dan juga tidak terlalu pas di kaki sehingga masih ada ruang untuk kaki.

4. Bahan sepatu
   Ketika memilih sepatu hendaknya memperhatikan bahan dari sepatu yang akan kita gunakan. Pilihlah sepatu dengan bahan yang lentur dan tidak kaku. Karena bahan sepatu yang kaku akan menyebabkan kaki mudah pegal dan kaki menjadi lecet. Hal ini disebabkan kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa. 

5. Bagian depan sepatu
  Bagian depan sepatu juga menjadi hal yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu. Bagian sepatu dengan ujung lancip sepertinya menjadi banyak pilihan perempuan karena kaki akan terlihat lebih indah dan menarik. Namun sepertinya pemilihan sepatu yang berujung lancip ini harus diperhatikan terutama untuk kaki yang berjari besar , karena dapat menyebabkan tidak adanya ruang yang leluasa untuk ujung-ujung jari. Dimana ujung-ujung jari terhimpit di bagian depan. Ujung sepatu yang sempit hingga menekan kuku jari kaki, membuat pertumbuhannya mengarah ke dalam. Akibatnya dapat menimbulkan luka pada ujung jari karena tekanan dari kuku.

Itulah beberapa tips dalam memilih  sepatu, ketika memilih sepatu pastikan kita memilih sepatu yang tepat.  Pilihlah sepatu dengan tenang, jangan terburu-buru. Pilihlah barang yang berkualitas dan nyaman digunakan, mahal belum tentu bagus dan murah juga belum tentu tidak berkualitas. Dewasa ini membeli barang - barang termasuk sepatu secara online  sepertinya menjadi pilihan banyak perempuan. Karena kita tinggal duduk cantik dirumah, buka internet, kita tinggal lihat - lihat dengan bebas kemudian menentukan pilihan. Dan untuk tempat belanja online yang lengkap dan terpercaya ya di Shopious, toko online terpercaya yang ada di Indonesia. Kita bisa menemukan macam - macam sepatu dan semua keperluan disana. Tunggu apa lagi mari kita ke Shopious berburu barang - barang buat lebaran, eh masih lama ya, ga apa - apa nyicil beli dari sekarang :)   

Sumber Refferensi : 
Gambar : www.shopious.com
Materi   : www.klikdokter.com


post signature

13 comments:

Sri Wahyuni said...

Wah perlu juga nih memperhatikan tips-tips diatas supaya nyaman bersepatu ya mak. Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat

nunk arif's site said...

sama2 mak, mksh ya udh mampir :)

unbridgedstyle said...

aku kalau beli sepatu tuh tidak hanya melihat model saja, dipakai dicoba, dibawa jalan...enak ngga...aku paling tidak tahan pake sepatu kece tapi nyiksa :)

nunk arif's site said...

betul mba, mksh ya udh mampir :)

Fenny Ferawati said...

Fenny nyaman pakai yang teplek teplek aja meski tinggi minimalis :D

prana ningrum said...

bagus juga mak tips tipsnya.....mksh sudah share

Nunk Arif said...

Hihi sama mba aku jg nyaman pake teplek :)

Nunk Arif said...

Iya sama2 mba, mksh jg udh mampir yaa :)

Nchie Hanie said...

bener banget tuh tipsnya maak

beliin atulah sepatu bootsnya

Nunk Arif said...

jiahhh kebalik kali maak eyke yg minta dibeliin :D

Indah Primadona said...

Aku paling suka pake flat shoes atau sepatu kets, lebih nyaman, soalnya suka jalan-jalan :D

Nunk Arif said...

iya sama mba aku juga lebih nyaman trs ga pegel juga ya :)

Rian said...

Terkadang ane sering baca - baca kalau penyakit yang sering menyerang badan kita ada kaitannya dengan telapak kaki, jadi bener kalau salah memilih sendal bisa - bisa penyakit datang.

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...