Hijab Fest Sebagai Sarana Indonesia Menjadi Kiblat Fashion Muslim Dunia

Mengenakan busana tertutup untuk muslimah adalah wajib. Tapi dalam hal ini tertutup tidak hanya menutupi saja, tetapi tidak membentuk lekuk tubuh dan juga tidak tembus pandang. Dalam beberapa tahun terakhir ini di Indonesia hijab sudah mulai memasyarakt. Kesadaran dari muslimah sendiri untuk menutup aurat yang sesua'i. Ditambah lagi dengan trend mode busana muslimah yang sekarang lebih mengedepankan syar'i dan tentunya tetap terlihat anggun, cantik dan menarik.

Hijab itu berati, bila dalam bahasa arab, penghalang. Dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas dengan tuntutan agama. Dalam Al-Quran ada dua surat yang berisi kewajiban wanita muslim menggunakan hijab yaitu : “Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan istei-isteri orang mukmin : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (al-Ahzab :59). Kemudain dalam surat An-Nur ayat 31 : “…dan hendaklah mereka menutup kain kudung kedadanya…” (sumber: Wikipedia)

Maka jelas sudah bahwa menutup aurat sesuai syari adalah kewajiban bagi muslimah. Kini banyak kalangan yang peduli terhadap perkembangan Hijab di Indonesia. Salah satunya Hijab Fest , dimana Hijab Fest itu merupakan acara atau event yang menjadi tempat pertemuan antara produsen, pengusaha mode, supplier dan konsumen hijab di Indonesia. Hijab Fest ini acara yang sangat positif, bisa lebih mengggiatkan muslimah dalam berpakaina sesuai syari. Dan menunjukkan pada Indonesia khususnya, dan untuk seluruh dunia bahwa kini Hijab merupakan salah satu trend fashion, yang sudah tidak ketinggalan zaman, dan sudah malu lagi jika menggunakannya. Karena kini sudah banyak model dan juga accessories nya. Hal ini tentunya akan semakin membuat muslimah percaya diri dalam menggunakan hijab. Hijab Fest ini merupakan acara yang akan meyakinkan muslimah bahwa muslimah juga bisa tampil modis dengan menggunakan hijab. Yang tentunya aurat tertutup tapi juga modis dan juga percaya diri.

Indonesia Hijab Fest "The BIGGEST Hijab Gathering & Expo"

Owner Kaminari Production, Sheena Krisnawati, sebagai penyelenggara Indonesia Hijab Fest, mengatakan event tahunan yang rutin digelar di Bandung, Surabaya serta paviliun-paviliun Hijab Festival di Jakarta dan luar negeri itu kini mengangkat tema “Hijab Bridal”. Dia mengungkapkan, acara “The 4th Indonesian Hijab Fest 2014” bertujuan kembali menggeliatkan semangat industri fashion hijab untuk turut andil mengembangkan potensi di bidang bridal (gaun pernikahan), khususnya bridal hijab.

Mengenai IHF sendiri, Sheena mengaku, agar busana muslimah Indonesia lebih terdengar lagi di kancah Internasional. Dengan hal itu, dia berharap, Muslimah Indonesia menjadi kiblat hijab dunia di era 2020.
Menurut Owner Kaos Kaki My Hayra, Rizky Joko Satria, mengatakan, sebagai peserta Indonesia Hijab Festival 2014 bukan sekedar memasarkan atau menjual produk saja melainkan untuk memperluas syiar Islam khususnya bagi wanita Muslimah.
“Acara Hijab Fest kali ini harus lebih mengutamakan syiar Islam dengan menampilkan produk yang dapat memberikan kenyamanan bagi para muslimah dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan juga aktivitas ibadahnya,” kata Rizky.

Kini, industri fesyen Muslim semakin berkembang dengan adanya penyelenggaraan festival ini. Memang dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan busana muslim di Indonesia ini mengalami peningkatan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran muslimah akan kewajibannya menutup aurat yang sesuai syar'i. Ditambah dengan bermunculan para desainer muslim muda yang berbakat dan mempunyai talenta yang sangat luar biasa dalam merancang fashion muslim. Mereka menghadirkan fashion muslim  yang lebih bervariasi dan lebih inovatif. Sehingga fashion muslim dari Indonesia sangat menarik, modis dan tentunya tetap sayr'i. Dan hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi muslimah  seluruh dunia. Karena sepertinya kini  dunia mulai melirik desain fashion  muslim indonesia.  Terbukti dengan beberapa desainer muslim muda sudah terkenal di mancanegara. Dan mereka pun para perancang mode fashion muslim mengharapkan agar Indonesia menjadi kiblat fashoin muslim dunia.



[caption id="attachment_294" align="aligncenter" width="300"] (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Indonesia Hijab Fest diselenggarakan pertama kalinya pada tahun 2012 di kota yang sama. Di tahun berikutnya, Indonesia Hijab Fest diselenggarakan di tiga kota sekaligus, yakni Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Acara Hijab Fest 2014 sebenarnya sudah dibuka secara resmi sejak tanggal 28 mei 2014, ditandai dengan pelepasan 1000 balon ke udara oleh Sheena Krisnawati founder Indonesia Hijab Fest.

Hijab Fest yang baru-baru ini di adakan bertempat di Sasana Budaya Ganesa Bandung yang terletak di dekat kampus Institut Teknologi Bandung, dan merupakan acara rutin diadakan, kali ini sudah menginjak yang ke empat. Hijab Fest di Bandung berlangsung dari tanggal 29 Mei hinggga 1 Juni 2014. Bandung yang merupakan pusat kota mode, maka tak heran bila pengunjung Hijab Fest sangat antusias.



[caption id="attachment_282" align="aligncenter" width="300"]hijabfest1 antusiasme penonton Hijab Fest (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Hijab Fest kali ini banyak program menarik yang di adakan, mulai dari kompetisi-kompetisi terkait fesyen hijab hingga pagelaran fesyen. Dimana banyak menghadirkan koleksi-koleksi terbaru dari berbagai desainer papan atas Indonesia, diantaranya Ria Miranda, Dian Pelangi, Gahida Tsuraya.



[caption id="attachment_288" align="aligncenter" width="300"]hijab fest ria miranda peragaan busana rancangan Ria Miranda (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Selain acara hiburan, Special di Indonesia Hijab Fest ke empat kali ini, menghadirkan acara Parade Ustad di Indonesia Hijab Fest 2014, dengan Tausiyah yang menentramkan hati dari Aagym & Ustad Hanan Ataqi dan silahturahim Majelis Talim yang ada di Kota Bandung. Diselenggarakan hari Jum'at, 30 mei 2014 pukul 13.00-15.00 WIB



[caption id="attachment_302" align="aligncenter" width="300"]parade ustad (sumber : official twitter @Hijab_Fest) parade ustad (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Penyelenggaraan Hijab Fest ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah kota Bandung. Konsep yang dihadirkan pun lebih inovatif dan unik. Berbagai macam perlombaan diadakan untuk berbagai kalangan, mulai dari lomba adzan untuk anak-anak usia 4 – 12 tahun hingga lomba pemilihan model hijab remaja. Selain itu, perhelatan fashion muslimah ini juga menyuguhkan tutorial hijab, talkshow hijab.



[caption id="attachment_289" align="aligncenter" width="300"]hijab fest lomba model (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]

[caption id="attachment_287" align="aligncenter" width="300"]hijab fest lomba model (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Bukan hanya acara peragaan seputar fesyen yang diadakan, tapi pada acara ini juga diselenggarakan ajang jogging bersama bertema Fun Run sejauh 2 km bersama Dewi Sandra.



[caption id="attachment_285" align="aligncenter" width="298"]hibah fest fun run family run with Dewi Sandra (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Mukena charity merupakan acara yang cukup unik dimana  yang hadir pada acara Hijab Fest bagi yang diperkenankan untuk membawa mukena bekas yang masih layak pakai atau mukena baru untuk disumbangkan, yang tentunya memalui Indonesia Hijab fest yang bekerjasama dengan Yayasan Mesdij Nusantara. Cara ini bertajuk Tebar 10.000 mukena untuk mesjid di seluruh Indonesia. Acara yang sangat bagus dan terhitung langka tapi betul-betul sangat bermanfaat.



[caption id="attachment_283" align="aligncenter" width="300"]hijabfest2 mukene charity (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Dipenghujung acara ada mini konser Tulus sebagai penutup acara the 4th Indonesia Hijab Fest 2014,  dan ada special Appareance from One of Wardah Brand Ambasador, Dewi Sandra.



[caption id="attachment_295" align="aligncenter" width="300"]mini konser Tulus (sumber : official twitter @Hijab_Fest) mini konser Tulus (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Dan dimana ada fesyen tentunya ada mike up sebagai pelengkap, dan sudah barang pasti produk kosmetik halal yang menjadi sponsor acara Hijab Fest adalah Wardah. Wardah menjadi salah satu partner acara Hijab Fest yang di adakan di Bandung. Wardah yang menjadi primadona dikalangan hijaber indonesia.

wardah banner

Dan sudah selayaknya muslimah menggunakan produk kosmetik halal yaitu Wardah. Karena sebagai muslimah harus hati-hati dalam memilih kosmetik, sekarang banyak berbagai jenis kosmetik dan perawatan tubuh yang banyak dijual dipasaran, mulai dari yang harga pasaran hingga yang pantastis. Namun sebagai muslimah harus jeli dalam membeli dan menggunkannya, jangan sampai produk kosmetik yang kita gunakan tidak halal.



[caption id="attachment_284" align="aligncenter" width="225"]hijabfest wardah wardah kosmetik halal sebagai partner Hijab Fest (sumber : official twitter @Hijab_Fest)[/caption]
Wardah adalah salah satu kosmetik asli Indonesia yang halal, tidak mengandaung bahan berbahaya, aman, dan tentunya bersertifikasi halal. Wardah diciptakan khusus untuk muslimah dan untuk semua kalangan pada umumnya. Buat perempuan Indonesia khususnya muslimah jangan khawatir karena kualitas Wardah tidak kalah dengan produk kosmetik dan perawatan dari luar negeri. Dan saya pun sudah cukup lama menggunakan kosmetik halal dari wardah, ada beberapa produk wardah yang sering saya gunakan.



[caption id="attachment_299" align="aligncenter" width="300"]picmix-1152014-233556 (sumber Wardah Beauty Cosmetics) edit foto menggunkan picmix[/caption]

[caption id="attachment_300" align="aligncenter" width="300"]Bojongloa Kaler-20140612-00900 (dok pribadi)[/caption]
Itulah mengenai acara Hijab Fest yang sangat positif yang bisa menjadi salah satu syiar agama Islam untuk fasion muslim yang syari dan juga dapat memotivasi muslimah untuk berjilbab tanpa harus mengurangi tampilan modisnya. Dengan mengelar acara Hijab fest yang rutin di adakan tiap tahunnya merupakan  dukungan kepada para desainer muslim muda agar mendapat ruang promosi memperkenalkan produk fashion mereka. Dan tentunya bisa diharapkan bisa lebih membuka peluang kerjasama kepada negara-negara tetangga untuk memperkenalkan tren fashion muslim di indonesia.Yang tentunya acara ini sukses berkat kerjasama dari berbagai pihak, dimana salah satunya wardah kosmetik halal yang menjadi salah satu partner Hijab Fest ini. Semoga acara ini terus rutin di adakan karena dengan begitu hijab tak akan pernah dilupakan dan ditinggalkan bhakan akan terus memasyarakat, amin.

Berikut adalah acara Hijab Fest yang sangat meriah

[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=eRawPe1pqWc]

Tulisan ini di ikut sertakan dalam lomba blog Hijab Fest yang bekerjasama dengan Wardah kosmetik halal .


Sumber Referensi :




Comments