Monday, 26 May 2014

Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Dewasa ini kepemilikan kartu kredit relative mudah. Orang dengan mudah bisa mendapatkan fasilitas kartu kredit. Untuk hidup di kota besar dan terlebih bagi yang sering melakukan transaksi cecara on line memang diperlukan katu kredit. Hal ini untuk memudahkan transaksi dan menghindari membawa uang tunai untuk menghindari terjadinya kejahatan.
Tapi menggunakan kartu kredit haruslah berhati-hati dan menghindari pemakaian yang berlebihan. Kita harus pintar dan jeli dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai kita keenakan menggunakan kartu kredit. Berikut sedikit tips dari saya dalam menggunakan kartu kredit :
1. Gunakan sesuai kebutuhan
Gunakan kartu kredit hanya untuk keperluan yang memang sangat diperlukan dan ketika keuangan kita memang sedang kurang. Misalnya untuk yang bekerja diinstansi dimana pertengahan bulan kadang-kadang keuangan sudah tipis. Pada saat inilah kita memerlukan kartu kredit untuk mencukupi kebutuhan. Hindari penggunaan untuk barang-barang yang memang tidak diperlukan. Hal ini untuk menghindari pada saat pembayaran.
2. Gunakan jika ada promosi
Pada saat- saat tertentu ada program promosi dari kartu kredit. Misalnya ada discon atapun program lain dari kartu kredit tersebut. Kita bisa memanfaatkannya jika memang memerlukan dan mau memanfaatkannya.
3. Ketahui tanggal cetak dan jatuh tempo
Mengetahui tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo kartu kredit sangatlah penting. Kita bisa mengetahui kapan pembayaran harus dilakukan agar tidak terlambat sehingga bisa bebas dari denda keterlambatan. Selain itu dengan mengetahui tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo, kita bisa mengatur penggunaannya.
4. Ketahui bunga charge saat transaksi
Mengetahui bunga charge pada saat akan melakukan transaksi sangatlah penting, hal ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam melakuan transaksi. Bila memang bunga charge terlalu tinggi apakah kita akan tetap melaksanakan transaksi atau tidak. Terlebih jika limit kartu sudah terlalu besar pemakaiannya, dan saldo sedikit lagi, dan jika kita melakukan transaksi tersebut dengan bunga yang cukup tinggi akan mengakibatkan over limit pemakaian kartu, hal itu bisa dihindari. Karena over imit akan dikenakan biaya juga.
5. Ketahui jumlah dan kapan iuran tahunannya
Setiap kartu kredit akan dikenakan iuran tahunan yang besarnya tergantung dari jenis kartu dan pihak yang mengeluarkannya. Penting untuk diketahui sebagai gambaran kapan kita harus membayar iuran tahunan yang tentunya bisa menjadi persiapan untuk pembayarannya.
6. Jika tidak memerlukan, sebaiknya hindari penggunaannya
Jika merasa tidak memerlukan kartu kredit, sebaiknya memang dihindari, pemakain dengan menggunakan debit ataupun uang tunai akan lebih baik. Kalau memang dana mencukupi sebaiknya gunakan transakasi tunai ataupun debit. Hal ini untuk menekan pemakaian kartu kredit dan menghindari menghutang. Bagaimanapun juga pemakaian kartu kredit sama saja dengan berhutang.

0 comments:

Post a Comment

Berbeda namun Tetap Sehati

Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi sua...